TikTok Dikabarkan Segera Gabung dengan Tokopedia, Prediksi Transaksi Capai Rp 610 Triliun

TikTok Dikabarkan Segera Gabung dengan Tokopedia, Prediksi Transaksi Capai Rp 610 Triliun (Sumber : Infosemarang.com)

INFOSEMARANG.COM -- TikTok saat ini masih mencari cara dan jalan untuk dapat membuka kembali TikTok Shop di Indonesia usai pemerintah menerbitkan larangan kepada sosial media untuk melakukan transaksi jual beli sekaligus dalam satu aplikasi.

Hal tersebut tercantum dalam Permendag 31 Tahun 2023 sebagai penyempurnaan Permendag 50 Tahun 2020 pada 26 September lalu.

Kini TikTok pun dikabarkan tengah membertimbangkan untuk melakukan investasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam bentuk perusahaan patungan atau joint venture.

Baca Juga: Tiko Aryawardhana Dikabarkan Segera Nikahi BCL, Akun Medsosnya Kena Serbu Warganet: Tolong Setia!

Jika kabar tersebut benar, maka diperkirakan keduanya akan bisa mencapai nilai transaksi sebesar Rp 610 triliun di Asia Tenggara.

Di sisi lain, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki menyampaikan pula bahwa TikTok memang mendekati lima e-commerce yang ada di Indonesia ini termasuk Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan milik CT Corp. Hal tersebut dilakukan Sebagai upaya perusahaan Cina itu kembali ke Indonesia.

"Saya tahu ada tiga e-commerce yang sudah dihubungi TikTok. Saya tahu bukan dari TikTok, tapi dari mereka yang dihubungi," ujar Teten di Jakarta, Kamis (24/11/2023).

Baca Juga: Viral Momen Hotel Bintang 3 di Malang Banjir Bandang Diduga Gegara Tanggul Jebol, Warganet: Iki Hotel Opo Arung Jeram?

Selain itu, melalui akun @Strategi_Bisnis mengungkapkan bahwa jika terjadi kolaborasi Tokopedia dengan TikTok ini akan sangat menjanjikan bagi masa depan kedua belah pihak.

Pasalnya, mengutip dari unggahan yang sama disebutkan pula bahwa selama ini Tokopedia tampak kewalahan untuk bersaing menghadapi Shopee yang terbilang telah menguasai pasar fashion, skincare hingga customer wanita di Indonesia.

Selain itu, data GMV atau nilai transaksi antara e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan bahwa Shopee mampu menyentuh angka Rp 280 triliun, di mana angka tersebut bersaing ketat dengan tokopedia senilai Rp 278 triliun.

Sedangkan Lazada sendiri di angka Rp 75 triliun, Bukalapak Rp 75 triliun dan Blibli Rp 30 triliun.

Baca Juga: Pelaku Tabrakan di Ungaran Sempat Kabur, Akhirnya Kini Muncul Bayar Ganti Rugi ke Korban

Meski demikian, TikTok Shop yang notabene baru mulai beroperasi tahun 2021 mampu bersaing dan dalam satu tahun langsung dapat menembus hingga Rp 40 triliun mengungguli omset Blibli.

Tentu jika memang TikTok nantinya akan bergabung dengan Tokopedia maka diperkirakan nilai transaksi Tokopedia dapat melambung hingga dua kali lipat hanya dalam tiga tahun.

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut tentang kepastian bergabungya TikTok dengan Tokopedia ini. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI