Properti Semarang Tumbuh Pesat, Wilayah Barat Menarik untuk Tinggal dan Investasi

Sakti Setiawan
Sabtu 16 September 2023, 07:21 WIB
Wilayah perumahan yang mengalami pertumbuhan cukup pesat, salah satunya di Semarang Barat karena dekat pusat kota.

Wilayah perumahan yang mengalami pertumbuhan cukup pesat, salah satunya di Semarang Barat karena dekat pusat kota.

 

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM – Pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan cukup tinggi. Pada tahun 2022 lalu Badan Pusat Statistik mencatatkan pertumbuhan ekonomi di Semarang mencapai 5,73 persen. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2021 yang tercatat sebesar 5,12 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kota Semarang ini lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat sebesar 5,3 persen. Lapangan Usaha Industri Pengolahan menjadi penyumbang terbesar dengan 28,85 persen, diikuti oleh Konstruksi sebesar 26,30 persen, Perdagangan Besar-Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 13,18 persen, dan Informasi dan Komunikasi sebesar 8,61 persen.

Pertumbuhan ekonomi di Semarang yang cukup tinggi ini juga berdampak pada sektor properti yang sejauh ini memberikan kontribusi sebesar 5,14 persen pada pertumbuhan Kota Semarang.

Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Dibya K. Hidayat mengatakan, salah satu wilayah dengan pertumbuhan cukup pesat di sektor properti yakni di wilayah Semarang Barat. Hal ini karena wilayah itu terdapat banyak kawasan industri yang merupakan salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi Kota Semarang.

“Semarang Barat memiliki banyak kawasan Industri seperti BSB, Wijayakusuma, Candi Gatot Subroto, dan lainnya, ditambah kawasan industri di pelabuhan. Semua itu mempengaruhi perekonomian termasuk sektor properti,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Religi Makam Wali Penyebar Islam di Semarang, Salah Satunya Paling Terkenal..

Pertumbuhan ini juga ditopang dengan infrastruktur yang juga memadai seperti akses ke bandara, stasiun kereta api, dan pelabuhan yang merupakan sarana mobilitas antara daerah.

“Tentu saja kemudahan akses ini menjadi nilai tambah untuk properti yang ada di wilayah Semarang barat, sehingga harganya secara investasi juga akan sangat menguntungkan,” ungkap Dibya.

Dalam pemilihan hunian atau properti, masyarakat harus memperhatikan legalitas developer yang membangun residensial. Hal itu bisa dilihat apakah pengembang tersebut tergabung dalam organisasi resmi seperti REI.

“Pastikan pengembangnya jelas, karena banyak sekali pengembang yang mengalami masalah finansial. Legalitasnya harus jelas, kalau ragu bisa tanyakan ke organisasi pengembang,” ungkapnya.

Menurut Dibya, bila pengembang memiliki legalitas yang jelas, maka pemilihan lokasi residensial juga akan terjamin dari aspek perizinannya.

“Pengembang yang baik pastinya akan memperhitungkan aspek legalitasnya, karena ini akan mempengaruhi bisnis mereka tentunya,” tanda Dibya.

Salah satu yang menarik untuk dilirik adalah Paramount Village Semarang, kawasan hunian dan komersial yang prominent dan strategis di Semarang Barat. Dengan produk unggulan seperti hunian New Potala dan area komersial Paramount Square, Paramount Village Semarang menawarkan pilihan untuk tinggal, berbisnis, dan berinvestasi khususnya bagi masyarakat Semarang dan kota-kota besar lainnya di Jawa Tengah.

M. Nawawi, Presiden Direktur Paramount Land, menyampaikan, Kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah memiliki peran strategis terhadap roda perekonomian nasional dalam menopang pertumbuhan ekonomi regional khususnya di Jawa Tengah.

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia mengindikasikan bahwa perkembangan harga properti residensial di pasar primer secara tahunan meningkat pada triwulan I 2023, di mana Kota Semarang mengalami kenaikan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I 2023 sebesar 0,18% (yoy) dibandingkan Q4 2022. Hal ini menjadi indikator positif bagi konsumen properti dalam mencari hunian di Kota Semarang, juga dengan mempertimbangkan promo menarik dari pengembang.

“Paramount Village Semarang hadir menjawab kebutuhan masyarakat akan hunian dan komersial khususnya di Kota Semarang, di mana saat ini kawasan tersebut sudah hidup dan terhuni oleh lebih dari 300 kepala keluarga. Hunian New Potala yang diluncurkan pada tahun 2022 juga mendapatkan respons positif dari masyarakat dan terserap pasar dengan sangat baik,” ungkapnya.

Sementara itu Henry Napitupulu, Direktur Planning & Design Paramount Land, menambahkan, dengan mengusung tagline ‘Lovable Homes’, New Potala menjadi salah satu pilihan hunian premium di Paramount Village Semarang yang kini telah hidup dan berkembang pesat, terintegrasi dengan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota yang dinamis. Hadir sebagai penyempurnaan dari pengembangan sebelumnya, New Potala dikembangkan dengan desain yang modern dan tata layout yang luas, dilengkapi fitur-fitur seperti smart door lock, solar water heater, canopy, dan AC di setiap ruangan.

Baca Juga: 4 Makanan Sumber Kolagen Alami, Dijamin Bikin Kulit Makin Cantik!

“Kawasan Paramount Village Semarang dilengkapi utilitas berkonsep underground, dari jaringan listrik, air bersih, saluran resapan, hingga pembuangan air hujan. Hunian New Potala dilengkapi fasilitas istimewa, yaitu club house seluas 1.700 m2 dengan fasilitas seperti, swimming pool, gym station, function hall, dan children playground. Hunian ini juga berkonsep one gate system, dengan akses jalan utama ROW 20 meter dan jalan hunian ROW 9 meter, serta dikelilingi pepohonan rindang sebagai green belt-nya. Dalam mempermudah penghuni dan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan harian, Paramount Village Semarang juga telah dilengkapi area komersial Paramount Square.” ujarnya.

Paramount Land menghadirkan total sebanyak 250 unit hunian di New Potala @ Paramount Village, dengan harga mulai Rp 1,4 miliaran untuk berbagai tipe hunian. Kami menyediakan beberapa pilihan tipe yang dapat dipilih sesuai kebutuhan yaitu, L6x12 m (LB 83 m2/LT 72 m2), L7x12 m (LB 99 m2/LT 84 m2) dan L8x12 m (LB 119 m2/ LT 96/128 m2). Tersedia juga tipe hoek dengan pilihan LB 120 m2/LT Var, LB 101 m2/LT Var, dan LB 85 m2/LT Var. Setiap unit New Potala memiliki kamar tidur dan kamar mandi 3-4, di mana kamar tidur di lantai 1 lebih luas dan kamar mandi 1 level (flat bathroom) dan carport yang dilengkapi oleh canopy.

Saat ini terdapat program pembelian yang sangat menarik, meliputi free biaya AJB, BPHTB dan SHM serta program cashback sampai dengan 25 juta rupiah (berlaku hingga Oktober 2023). ***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)