Mantan Produser Bocorkan 'Rahasia' Masterchef Indonesia, Juri dan Peserta Semuanya Settingan?

Noorchasanah Anastasia
Selasa 28 November 2023, 12:46 WIB
Ketiga juri Masterchef Indonesa: Juna Rorimpandey, Renatta Moeloek dan Arnold Poernomo. Benarkah semuanya settingan? (Sumber : Instagram @masterchefina)

Ketiga juri Masterchef Indonesa: Juna Rorimpandey, Renatta Moeloek dan Arnold Poernomo. Benarkah semuanya settingan? (Sumber : Instagram @masterchefina)

Pria yang mengaku mantan produser sebuah ajang pencarian bakat membocorkan rahasia di balik tayangan reality show di televisi, termasuk Masterchef Indonesia.

INFOSEMARANG.COM - Di tengah ramainya pembahasan Masterchef Indonesia season 11, seorang pria bernama Oca Rozano muncul mengaku sebagai mantan produser di Fremantle Media.

Fremantle Media merupakan perusahaan yang menaungi sejumlah acara hiburan di Indonesia termasuk Masterchef Indonesia yang kini sudah masuk ke season 11.

Pemberian gelar juara untuk Belinda Christina di Masterchef Indonesia season 11 cukup menuai kontroversi dari warganet karena Kiki atau Rizkysyah Putra Singarimbun dianggap lebih layak menjadi juaranya.

Menyikapi kisruh warganet, Oca menjelaskan jika acara pencarian bakat termasuk Masterchef Indonesia penuh dengan settingan. Ia bahkan meminta warganet untuk tak lagi ribut karena justru akan semakin menaikkan popularitas program acara.

Baca Juga: 3 Kejanggalan Final MasterChef Indonesia: Sindiran Renatta hingga Kiki Bantu Belinda Potong Daging

Simak cuitan lengkap dari Oca Rozano:

Sebagai mantan Producer Fremantle Media, saya bocorkan sedikit ya. baik Master Chef, maupun yg lain (Indonesian Idol, X Factor, dll) itu bkn lah kompetisi sungguhan. Itu semua hanya program TV yg tergolong REALITY SHOW. SEMUANYA SETINGAN SESUAI PESANAN. Jadi gak perlu diributin.

Di setiap program reality shownya FM itu ada 3-5 Story Producer. Jadi cerita, drama, intrik, gimik, mehek2 mampu kapanpun & di manapun dirubah, bahakn di babak final sekalipun. Semakin emosi penonton mampu digoyangkan, semakin bnyk pundi2 iklan terundang masuk.

Siapa yg bintang tamu (capres sekalipun), siapa tereliminasi, siapa yg di-recall dr eliminasi, siapa yg berantem, dll; itu jadi mainan yg penuh pertimbangan dari eksternal (share, rating, sponsor), tdk ada hubungannya dg skill peserta.
Tdk bisa diinterfensi sama emosi penonton.

Good looking pasti jd pemenangnya? Tidak harus!.
Bad looking, asalkan eksentrik bisa jg jd pemenangnya.
Cacat fisik (maaf) pun bisa jd pemenang kalau ada cerita menarik yg bs bikin penonton ngomongin terus2an. Skill? Bullshit!

Knp begitu?? Ini drama berminggu2 & berbulan2. Yang pemenangnya akan jadi Brand Ambasador-nya Sponsor Utama. Sampai sini sudah paham?

JADI, klo kalian nonton sambil percaya yg dibilang juri masakan siapa yg enak di setiap episodenya, percayalah, kalian sudah TERTIPU MENTAH2.

DAN, klo sampai skr masih ributin siapa yg menang, artinya tayangan itu berhasil, sponsor puas keluar uang bnyk, RCTI & FM bahagia.

Baca Juga: Warganet Minta Lisensi MasterChef Indonesia Dicabut, Imbas Tudingan Rasis dan Sarat Unsur Politik

Pada cuitannya di X, Senin 27 November 2023, ia juga mempertanyakan kredibilitas para juri yang masih terlibat di Masterchef Indonesia. Terlebih para juri di antaranya Arnold Poernomo, Renatta Moeloek dan Juna Rorimpandey yang memiliki latar belakang dunia kuliner.

"Dulu Juna sempat menghilang, gak mau karena tau seperti apa aslinya MCI. Entah knp skr mau lagi ya, pdhl dia tau tuhannya tv itu ya sponsor & iklan. Juna, maestro Dine Dinning yg menggadaikan harga dirinya demi MCI," tulisnya.

Jadi kalian tim percaya settingan atau bukan?

***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)