Inspiratif! 5 Film Tentang Perjuangan Buruh yang Wajib Ditonton Buat Isi Waktu Libur Hari Buruh

Norma Rae, film yang menceritakan perjuangan seorang buruh (Sumber : Twitter)

INFOSEMARANG.COM - Hari Buruh yang merupakan libur nasional di Indonesia, merupakan momen untuk menghargai jasa-jasa buruh atau para pekerja.

Di momen libur Hari Buruh ini, sangat cocok untuk mengisi waktu luang dengan menyaksikan kisah-kisah inspiratif tentang buruh.

Berikut adalah 5 film tentang buruh yang sangat inspiratif dan wajib Anda tonton di momen libur Hari Buruh ini.

Baca Juga: 10 Negara dengan Upah Buruh Tertinggi di Dunia, Indonesia Kapan Masuk Daftar Ini?

1. Norma Rae (1979)

film ini mengisahkan tentang seorang perempuan pekerja pabrik tekstil yang memimpin gerakan serikat pekerja untuk melawan kejamnya perlakuan pihak pengusaha dan memperjuangkan hak-hak pekerja.

2. The Grapes of Wrath (1940)

film yang diadaptasi dari novel karya John Steinbeck ini mengisahkan tentang keluarga buruh migran dari Oklahoma yang mencari kehidupan baru di California selama masa Depresi Besar.

Mereka menghadapi berbagai rintangan dan perlakuan diskriminatif selama perjalanan mereka.

3. Made in Dagenham (2010)

film ini diadaptasi dari kisah nyata para pekerja wanita pabrik mobil Ford di Dagenham, Inggris, yang melakukan mogok kerja pada tahun 1968 untuk memperjuangkan hak-hak mereka dan mengubah pandangan masyarakat tentang peran dan martabat perempuan dalam dunia kerja.

Baca Juga: Streaming Online Dr.Romatic 3 Episode 2 Sub Indo Pengganti Nodrakor,Telegram dan Kodramas

4. Matewan (1987)

film ini mengisahkan tentang perjuangan para buruh tambang batu bara di West Virginia pada tahun 1920-an untuk melawan eksploitasi dan kejamnya perlakuan majikan mereka.

Mereka berjuang bersama-sama dengan pekerja kulit hitam dan pekerja migran Eropa Timur dalam sebuah gerakan solidaritas.

5. Pride (2014)

film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang sebuah gerakan solidaritas antara para buruh tambang di Inggris pada tahun 1980-an.

Mereka bekerja bersama untuk melawan diskriminasi dan mengatasi perbedaan untuk mencapai tujuan bersama mereka.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI