Seruan Boikot Zara Membara di Berbagai Belahan Dunia, Ini Profil Amancio Ortega sang Founder

Amancio Ortega, Boz Zara yang kini tengah disorot usai kampanyenya dinilai hina Palestina (Sumber : Instagram/@amancioortega)

INFOSEMARANG.COM - Amancio Ortega Gaona adalah seorang pebisnis Spanyol yang merupakan pendiri dan mantan ketua grup fesyen Inditex. Inditex adalah perusahaan induk dari merek-merek fesyen terkenal seperti Zara, Bershka, dan Pull & Bear.

Ortega lahir di Busdongo de Arbás, León, Spanyol, pada tahun 1936. Ia adalah anak termuda dari lima bersaudara. Ortega menghabiskan masa kecilnya di León, dan kemudian pindah ke La Coruña, Galicia, pada usia 14 tahun.

Di La Coruña, Ortega bekerja di toko pakaian setempat bernama Gala. Di sini, ia mulai belajar menjahit dan mengembangkan keterampilannya dalam industri fesyen.

Baca Juga: Akhirnya Gibran Kena Tegur KPU Usai Tunjukkan Gestur Bersorak Dalam Debat Capres Perdana

Pada tahun 1972, Ortega mendirikan perusahaan pertamanya, Confecciones Goa. Toko tersebut menjual jubah mandi tenun yang diproduksi oleh ribuan wanita setempat yang tergabung dalam beberapa koperasi jahit.

Pada tahun 1975, Ortega membuka toko Zara pertamanya di La Coruña. Toko tersebut menjual pakaian kasual bergaya dan terjangkau. Zara dengan cepat menjadi populer, dan Ortega mulai membuka toko-toko baru di seluruh Spanyol.

Pada tahun 1985, Ortega mendirikan Inditex, perusahaan induk dari Zara dan merek-merek fesyen lainnya. Inditex berkembang pesat selama bertahun-tahun, dan Ortega menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Baca Juga: Alasan Seseorang Sulit Berhenti Kecanduan Narkoba Seperti Ammar Zoni

Ortega pensiun dari Inditex pada tahun 2011, tetapi ia tetap menjadi pemegang saham terbesar perusahaan. Ortega juga aktif dalam kegiatan amal dan filantropi. Ia mendirikan Fundación Amancio Ortega, yang memberikan dukungan keuangan kepada berbagai proyek sosial di Spanyol.

Berikut adalah beberapa pencapaian Amancio Ortega:

  • Pendiri dan mantan ketua Inditex, perusahaan fesyen terbesar di dunia
  • Orang terkaya di Spanyol
  • Orang terkaya ke-14 di dunia
  • Penerima berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Kerajaan untuk Kewirausahaan

Baca Juga: Kepribadian Guru SD yang Bunuh Diri Ajak Keluarga di Malang Terkuak, Begini Pengakuan Tetangga

Amancio Ortega adalah salah satu pengusaha paling sukses di dunia. Ia telah mengubah cara orang berbelanja pakaian, dan ia telah menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha lainnya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI