Filosofi Topi Ti'i Langga Ganjar Pranowo, Debat Cawapres Serasa Red Carpet Met Gala

Ganjar Pranowo mengenakan topi Ti'i Langga asal Pulau Rote, NTT, saat menemani Mahfud MD ke debat cawapres. Penampilannya disebut serasa di red carpet Met Gala. (Sumber : Instagram @ganjar_pranowo - InfoSemarang.com)

Ganjar Pranowo mengenakan topi Ti'i Langga asal Pulau Rote, NTT, saat menemani Mahfud MD ke debat cawapres. Penampilannya disebut serasa di red carpet Met Gala.

INFOSEMARANG.COM - Penampilan Ganjar Pranowo yang turut datang ke acara debat cawapres, Jumat 22 Desember 2023 malam, turut menuai perhatian. Hal ini karena topi yang ia kenakan terlihat mencolok.

Topi anyaman dengan warna putih layaknya memiliki cula tersebut ternyata merupakan topi tradisional milik Pulau Rote di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Topi dengan tepi lebar dan tinggi 40-60 sentimeter ini bernama Ti'i Langga, dibuat dengan daun lontar muda yang pohonnya biasa ditemui di NTT.

Siapa sangka Ti'i Langga ini memiliki filosofi hidup bagi masyarakat Rote Ndao, tak sekadar sebagai ikon. Jambul atau antena atau cula ini menjadi ciri khas Ti'i Langga.

Biasanya terdiri dari 9 tingkat dengan 2 lekukan di setiap tingkatnya. Total 18 lekukan bermakna jumlah kerajaan atau nusak yang ada di Pulau Rote.

Pada setiap pinggir Ti'i Langga terdapat ujung daun yang rapi disatukan 3 lingkaran, menggambarkan masyarakat Rote yang disatukan ke dalam struktur pemerintahan yang kuat.

Pada dasarnya, topi Ti'i Langga ini merupakan topi kehormatan warga Pulau Rote, memiliki makna keperkasaan dan kehormatan seorang laki-laki Rote.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI