Kapan Awal Puasa Ramadhan 2024 Dimulai? Jadwal Versi Pemerintah, NU dan Muhammadiyah

Ilustrasi. penanggalan awal puasa ramadhan (Sumber: null | Foto: Pixabay/Ekrem)

INFOSEMARANG.COM - Saat ini, kita sudah memasuki pertengahan bulan Sya'ban, yang berarti bahwa bulan Ramadhan akan segera tiba.

Namun, mungkin Anda bertanya-tanya kapan tepatnya puasa Ramadhan akan dimulai.

Setiap tahunnya, penentuan awal puasa memiliki metode tersendiri dari berbagai pihak.

Baca Juga: Bolehkah Puasa Setelah Nisfu Syaban? Begini Penjelasan Buya Yahya

Namun, Anda masih bisa merujuk pada kalender Hijriah 2024 yang telah tersedia.

Kapan Puasa Ramadhan Dimulai Menurut Pemerintah?

Biasanya, penentuan awal puasa ini dilakukan oleh Kementerian Agama berdasarkan hasil sidang isbat. Kegiatan ini menentukan tanggal awal puasa Ramadhan 2024.

Menurut informasi dari situs resmi kemenag.go.id, Kementerian Agama akan melakukan pemantauan Hilal (rukyatulhilal) awal Ramadhan pada tanggal 10 Maret 2024, yang bersamaan dengan 29 Sya'ban 1445 H.

Pemantauan ini akan dilakukan di 134 lokasi di seluruh Indonesia dan hasilnya akan menentukan kapan puasa Ramadhan dimulai.

Baca Juga: Link Nonton University War Sub Indo, Variety Show Viral Tampilkan Mahasiswa Cerdas Korea Selatan

Pemantauan Hilal akan dilakukan oleh kantor wilayah Kementerian Agama serta cabang-cabangnya dan bekerja sama dengan Pengadilan Agama, organisasi Islam, serta instansi lain di daerah masing-masing, seperti yang diumumkan oleh Adib pada tanggal 19 Februari 2024 di situs Kementerian Agama RI.

1 Ramadhan Menurut Muhammadiyah

Muhammadiyah menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal. Hal ini diatur dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti pada tanggal 12 Januari 2024.

Baca Juga: Kronologi Perselingkuhan Guru Olahraga dan Murid SMA di Subang, Ternyata Sempat Lakukan Hal Ini Saat Study Tour

Maklumat tersebut menyatakan bahwa puasa akan dimulai pada hari Senin, 11 Maret 2024. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri menurut Muhammadiyah jatuh pada tanggal 1 Syawal 1445 H, yaitu pada hari Rabu Pahing, 10 April 2024, yang dapat dilihat di situs Muhammadiyah.or.id.

Awal Puasa Ramadhan Menurut NU

Berbeda dengan Muhammadiyah, NU juga menentukan awal Ramadhan melalui sidang isbat seperti pemerintah. Namun, belum ada informasi resmi mengenai tanggal awal Puasa Ramadhan 2024 dari NU.

Baca Juga: Info Pengalihan Arus Kota Semarang, Ada Pawai Drum Corps Akpol Minggu 25 Februari 2024

Anda bisa melihat tanggal awal puasa di Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang telah dipublikasikan di situs resmi Kementerian Agama RI. Berdasarkan kalender tersebut, 1 Ramadhan 1445 H atau 12 Maret 2024 dimulai pada hari Selasa.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI