Save Dulu! Ini Jenis Olahraga yang Tepat Saat Puasa Ramadhan

ilustrasi olahraga saat puasa (Sumber: freepik | Foto: freepik)

INFOSEMARANG.COM - Umumnya, waktu puasa berlangsung selama sekitar 13 jam, dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Dalam kondisi tanpa asupan makanan dan minuman, tubuh mungkin merasa kekurangan energi untuk melakukan aktivitas, termasuk olahraga. Namun, apakah olahraga saat puasa diperbolehkan?

Pada dasarnya, puasa tidak menghalangi seseorang untuk berolahraga.

Baca Juga: Didampingi Mbak Ita, Mendag Zulkifli Hasan Ikut Tinjau Stok dan Harga Beras di Kota Semarang

Bahkan, olahraga saat puasa dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, selama dilakukan pada waktu dan jenis olahraga yang sesuai.

Berikut adalah waktu yang tepat dan jenis olahraga yang disarankan saat berpuasa:

1. Yoga

Yoga adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah tanpa menguras banyak energi. Gerakan yoga difokuskan pada pernapasan dan meregangkan otot untuk merelaksasi pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: BNPB Sebut 98 Persen Wilayah Banjir di Demak Surut

2. Jalan Santai

Jalan santai merupakan aktivitas fisik ringan yang tidak memerlukan banyak energi dan tidak membuat tubuh berkeringat berlebihan. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan otot.

3. Pilates

Pilates adalah alternatif olahraga ringan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kemampuan individu. Ini membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kekuatan otot.

4. Bersepeda

Bersepeda dengan jarak dekat adalah pilihan lain yang tidak terlalu melelahkan. Ini membantu membakar kalori, menyehatkan jantung, dan mengencangkan otot.

Baca Juga: BNPB Sebut 98 Persen Wilayah Banjir di Demak Surut

5. Jogging

Jogging dengan intensitas ringan dapat dilakukan di pagi hari atau sore hari, tergantung pada tingkat energi individu. Lakukan selama 30 menit dan berhenti jika merasa lelah.

6. Tai Chi

Tai chi adalah olahraga ringan yang dapat meningkatkan kestabilan otot, fungsi kognitif, dan fleksibilitas tubuh.

Baca Juga: Akun Instagram Guru Olahraga Subang Selingkuh dengan Murid SMA Diburu Warganet, Ditemukan?

7. Sit Up dan Push Up

Sit up dan push up dapat dilakukan di rumah pada waktu senggang. Sit up membantu meningkatkan fleksibilitas dan membentuk otot perut, sedangkan push up dapat menjaga stabilitas tubuh dan menguatkan otot dada.

Demikian rekomendasi jenis olahraga saat puasa. Ingatlah untuk tetap memperhatikan kondisi tubuh dan memilih olahraga yang sesuai dengan tingkat kenyamanan dan kebugaran Anda.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI