7 Makanan Penambah Tenaga Saat Puasa Ramadhan

Ilustrasi makanan penambah tenaga saat puasa di bulan Ramadhan (Sumber: freepik | Foto: freepik)

INFOSEMARANG.COM - Makanan yang dapat memberikan dorongan energi saat menjalani puasa adalah yang kaya akan serat, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, seperti yang terdapat dalam sayuran.

Selain sayuran, ada banyak pilihan makanan penambah tenaga sepanjang hari di saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. Pisang

Pertama-tama, ada pisang. Buah ini mengandung karbohidrat, potassium, dan vitamin B6 yang tinggi, cocok dikonsumsi saat sahur untuk memberikan energi sepanjang hari.

Baca Juga: Didampingi Mbak Ita, Mendag Zulkifli Hasan Ikut Tinjau Stok dan Harga Beras di Kota Semarang

Selain itu, mengonsumsi pisang juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga perut tidak mudah lapar saat berpuasa.

  1. Ikan

Ikan kaya akan vitamin B12, protein, asam folat, dan zat besi, yang dapat meningkatkan aliran darah dan energi tubuh. Contoh ikan yang baik dikonsumsi saat sahur adalah tuna dan salmon.

  1. Nasi Merah

Anda bisa menggantikan nasi putih dengan nasi merah saat sahur. Nasi merah mengandung serat, vitamin, karbohidrat, dan mineral, yang dapat meningkatkan energi, mengontrol gula darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: BNPB Sebut 98 Persen Wilayah Banjir di Demak Surut

  1. Telur

Selanjutnya, ada telur. Telur merupakan bahan masakan serbaguna untuk sahur karena kandungan tinggi protein dan asam amino yang bisa menjadi sumber energi tubuh saat berpuasa.

  1. Apel

Selain pisang, Anda juga dapat mengonsumsi apel saat sahur. Buah ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat, yang dapat meningkatkan energi, menjaga tubuh terhidrasi, mengontrol kolesterol, dan mengurangi nafsu makan.

Baca Juga: Akun Instagram Guru Olahraga Subang Selingkuh dengan Murid SMA Diburu Warganet, Ditemukan?

  1. Oatmeal

Bagi yang peduli dengan diet, Anda tidak perlu khawatir kehilangan energi saat berpuasa. Anda dapat mengganti nasi dengan oatmeal yang dikonsumsi saat sahur.

Oatmeal kaya serat, yang dapat membuat perut kenyang lebih lama, menyerap glukosa dalam darah, dan meningkatkan pembentukan energi.

  1. Alpukat

Terakhir, ada alpukat. Buah ini kaya akan karbohidrat, serat, dan vitamin, yang dapat meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menunda rasa lapar.

Baca Juga: Diperiksa Polisi Kasus Dugaan Perundungan Sang Anak, Ekspresi Vincent Rompies Disorot

Dengan memasukkan makanan-makanan ini ke dalam menu sahur, Anda dapat meningkatkan energi dan kesehatan selama berpuasa.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI