3 Jenis Camilan Saat Sahur Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama Lho!

ilustrasi: camilan yang bikin kenyang lebih lama (Sumber: pexels.com | Foto: pexels.com)

INFOSEMARANG.COM - Umat Muslim akan segera melaksanakan puasa sekitar 14 jam setiap hari dalam bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari.

Bagi sebagian orang, menjalani aktivitas normal sambil perut kosong bisa menjadi tantangan yang berat.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi hal ini dengan mengonsumsi makanan atau camilan tertentu yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Pelaku Begal Payudara di Sekaran Gunungpati Terekam CCTV, Polisi Usut

Camilan ini dapat dinikmati saat berbuka puasa atau sebagai persiapan untuk menjalani puasa sepanjang hari.

Berikut adalah beberapa contoh camilan yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat menjadi alternatif saat sahur:

Kacang Polong

Menurut informasi dari Healthline, kacang polong kaya akan serat dan protein nabati, serta memiliki kepadatan energi yang relatif rendah, sehingga sangat mengenyangkan.

Selain kacang polong, kacang-kacangan secara umum mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan rasa kenyang, seperti protein, serat, dan lemak sehat.

Baca Juga: Tangis Mbak Ita Pecah, Bahas Alasan Ogah Nyalon Pilwalkot

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacang dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, sambil menjaga kadar glukosa darah dan insulin tetap stabil.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang dapat memberikan rasa kenyang dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti kandungan serat dalam jumlah besar, lemak sehat, serta vitamin dan mineral penting seperti magnesium.

Alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol "jahat" dan meningkatkan kadar kolesterol "baik", sehingga cocok dikonsumsi saat sahur.

Baca Juga: 5 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Ibadah Puasa Ramadhan

Telur

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang, serta kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan karotenoid yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

Berdasarkan berbagai sumber, satu butir telur besar mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk sembilan asam amino esensial.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi telur secara teratur dapat meningkatkan rasa kenyang dan secara signifikan mengurangi asupan makanan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI