Tak Perlu Banyak-banyak, 3 Orang Sahabat Saja Cukup untuk Hidup yang Lebih Baik!

Ilustrasi sahabat (Sumber : Pexels)

INFOSEMARANG.COM -- Seiring bertambahnya waktu, kita akan sadar bahwa orang-orang akan hadir dan pergi dari hidup kita, termasuk teman.

Bagi beberapa orang, memiliki banyak sahabat adalah hal yang menyenangkan. Namun, penelitian menunjukkan hal sebaliknya.

Menurut Antropolog dari Universitas Oxford, Robin Dunbar, mempunyai sahabat yang jumlahnya kurang dari lima justru lebih baik.

Orang-orang biasanya akan menjaga lingkaran pertemanannya 10 hingga 15 anggota. Namun, hanya 3 hingga 5 teman dekat yang dapat diandalkan dalam masa sulit.

Bahkan, penulis 'Friends Forever: How Girls and Women Forge Lasting Relationships', Profesor Suzanne Degges-White, PhD, mengatakan ada orang yang memilih untuk menginvestasikan waktu luangnya untuk satu atau dua sahabat saja.

Baca Juga: Rekaman Video Jokowi Berkunjung ke Rumah Teman Lama, Warganet Puji Kesederhanaannya

"Beberapa dari kita mungkin menemukan sejumlah teman yang benar-benar sepemikiran. Kita mulai mengandalkan mereka untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi kita," kata Degges-White, mengutip Men's Health.

Dunbar juga mengungkapkan bahwa terlalu banyak teman akan membuat perempuan lebih stres hingga berdampak pada kesuburan mereka.

Stres tersebut akan memengaruhi kestabilan sistem endokrin, yang berkaitan dengan infertilitas.

"Infertilitas pada wanita sangat didorong oleh tekanan sosial," tandas Dunbar.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI