Apa Hukumnya Bagi Umat Muslim Terlambat Membayar Zakat Fitrah, Bisa Menyusul?

Ilustrasi zakat fitrah Ramadhan (Sumber : pixabay)

INFOSEMARANG.COM -- Melaksanakan Zakat Fitrah adalah hal yang wajib dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan, sebelum hari raya Idul Fitri tiba.

Untuk itu disarankan umat muslim yang mampu membayar Zakat Fitrah segera melakukannya di awal waktu bulan Ramadhan atau palin telat pada malam takbir supaya tidak terlambat.

Baca Juga: Siwon Super Junior Curhat Pakai Bahasa Indonesia, Ngaku Kesepian dan Butuh Pacar

Zakat Fitrah sendiri mempunyai berbagai manfaat kebaikan, terutama bagi saudara-saudara muslim lainnya yang tidak mampu.

Sehingga saudara muslim lainnya yang menerima Zakat Fitrah ikut bersuka cita di hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Tayang 20 April Di Bioskop, Film Buya Hamka Bakal Hibur Masyarakat Indonesia Jelang Idul Fitri

Kewajiban melaksanakan Zakat Fitrah tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 188 yang artinya:

"Dan janganlah kamu memakan harta di antara kamu dengan cara yang batil, dan janganlah kamu membawa harta tersebut kepada hakim supaya kamu dapat memakan sebahagian dari harta orang lain dengan cara yang dosa, padahal kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 188)

Sementara, hadis tentang kewajiban Zakat Fitrah juga dengan jelas diterangkan.

Baca Juga: Ditolak Banding Pengadilan,Ferdy Sambo Tetap Dihukum Mati.Bagaimana Nasib Putri Chandrawathi?

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai penyucian puasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan sebagai makanan bagi orang miskin. (HR. Abu Daud)

Lantas bagaimana hukumnya jika seorang muslim melewatkan Zakat Fitrah, apakah bisa menyusul?

Baca Juga: Hukum Tukar Uang Baru untuk Lebaran Memakai Jasa Calo, Buya Yahya Ingatkan Hal ini

Dilansir NU Online, hal demikian ini sebagaimana dikatakan Ibnu Ruslan yang termaktub dalam kitab al-Azhim Abadi, ‘Aun al-Ma’bud Syarh Sunani Abi Dawud, juz, 5 sebagai berikut:

وَأَمَّا تَأْخِيرُهَا عَنْ يَوْمِ الْعِيدِ فَقَالَ بْنُ رُسْلَانَ إِنَّهُ حَرَامٌ بِالْاِتِّفَاقِ لِأَنَّهَا زَكَاةٌ فَوَجَبَ أَنْ يَكُونَ فَي تَأْخِيرِهَا إِثْمٌ كَمَا فِي إِخْرَاجِ الصَّلَاةِ عَنْ وَقْتِهَا

Artinya: “Adapun mengakhirkan zakat fitrah sampai melewati hari raya Idul Fitri maka menurut Ibnu Ruslan adalah haram sebagaimana kesepakatan para ulama karena merupakan zakat. Karenanya, pengakhiran zakat fitrah sampai melewati hari raya Idul Fitri mengharuskan adanya dosa sebagaimana mengeluarkan (meninggalkan) shalat sampai melewati waktunya”.

Baca Juga: 5 Keuntungan Mudik Lebaran Pakai Kereta Api, Salah Satunya Soal Efisiensi Waktu

Dalam kitab Nihayatul Muhtaj juz 3,disebutkan hal yang sama, bahwa orang yang belum menunaikan zakat fitrah sampai waktunya terlewat harus segera mengqadhanya. Berikut keterangannya:

فَمَنْ أَخَّرَهَا عَنْهُ أَثِمَ وَقَضَى وُجُوبًا فَوْرًا إنْ أَخَّرَهَا بِلَا عُذْرٍ خِلَافًا لِلزَّرْكَشِيِّ كَالْأَذْرَعِيِّ حَيْثُ اعْتَمَدَا وُجُوبَ الْفَوْرِيَّةِ مُطْلَقًا نَظَرًا إلَى تَعَلُّقِ حَقِّ الْآدَمِيِّ

Artinya: “Siapa saja yang menunda pembayaran zakat fitrah hingga hari Id selesai, maka ia berdosa dan wajib menunaikannya segera bila ia menundanya tanpa uzur. Lain halnya dengan Imam Zarkasyi yang berpandangan serupa Al-Adzrai di mana keduanya mewajibkan qadha zakat fitrah segera secara mutlak (karena uzur atau tanpa uzur) dengan memandang pada kaitan zakat fitrah dan hak adami.”

Baca Juga: Keutamaan Salat Tarawih Malam ke-22: Selamat dari Kesusahan dan Kebingungan di Hari Kiamat

Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pemecah puasa orang berpuasa dan sebagai makanan bagi orang miskin.

"Barangsiapa membayar zakat fitrah sebelum sholat Idul Fitri, itu akan diterima sebagai zakat, dan barangsiapa membayarnya setelah sholat Idul Fitri, itu dianggap sebagai sedekah biasa." (HR. Abu Daud)

Wallahualam.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI