Alasan Umum Mengapa orang yang Telah Menikah Bisa Selingkuh, Selingkuh Online Masuk dalam List!

Galuh Prakasa
Selasa 11 Juli 2023, 11:56 WIB
Alasan orang yang sudah menikah bisa berselingkuh. (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)

Alasan orang yang sudah menikah bisa berselingkuh. (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)

INFOSEMARANG.COM -- Setiap hubungan didasarkan pada saling cinta dan kasih sayang. Tidak perlu bersama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan mengawasi setiap aktivitas kecil yang dilakukan oleh pasangan kamu.

Namun, terkadang ada hal-hal yang menyebabkan perselingkuhan tanpa harus secara sadar memikirkannya.

Lebih lanjut dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi mengapa orang selingkuh dan seberapa umum perselingkuhan dalam pernikahan.

Dilansir dari marriage pada Selasa, 11 Juli 2023 ada banyak alasan mengapa orang yang sudah menikah melakukan perselingkuhan.

Namun, ketidakbahagiaan seksual, keterbatasan emosional, kebosanan, rendahnya rasa percaya diri, rasa memiliki yang berlebihan, dan ketidakpuasan dalam pernikahan adalah beberapa alasan umum untuk memulai.

Mungkin terdengar berlebihan, tetapi perselingkuhan dalam pernikahan dapat mengancam seluruh hidup kamu.

Kesalahan kecil dapat mengubah hidup kamu. Perceraian akan mengganggu anak-anak kamu dan itu mahal. Jika itu bukan risiko bagi kehidupan kamu, apa lagi?

Namun, banyak pasangan tetap berselingkuh. Jika kita melihat penyebab-penyebab dasar perselingkuhan, beberapa di antaranya dianggap layak untuk mempertaruhkan hidup dan pernikahan, menurut pakar.

Baca Juga: Kronologi Napi Kasus Narkoba Tewas Gantung Diri di Lapas Kedungpane Semarang, Baru Jalani Hukuman 1,5 Tahun

Apakah Selingkuh Umum Terjadi pada Pasangan yang Sudah Menikah?

Ketika berbicara tentang perselingkuhan, banyak orang setuju bahwa perselingkuhan adalah hal yang salah, namun banyak juga yang akhirnya melanggar hubungan mereka.

Ada banyak alasan mengapa orang yang sudah menikah berselingkuh, mulai dari masalah masa kecil, frustrasi, kurangnya cinta, hingga kurangnya hubungan fisik, dan lain sebagainya.

Pertama-tama, kita perlu memahami perbedaan gender dalam perselingkuhan.

Terdapat beberapa perbedaan gender. Menurut Inter Family Studies, pria cenderung lebih sering berselingkuh seiring bertambahnya usia.

Namun, statistik tersebut bisa menyesatkan, dan grafiknya meningkat seiring bertambahnya usia, itu tidak mungkin benar.

Kemungkinan besar hal itu hanya berarti orang-orang lebih jujur tentang aktivitas hubungan di luar pernikahan ketika mereka semakin tua.

Jika penelitian tersebut dapat dipercaya, semakin tua seseorang, semakin besar kemungkinan mereka menjadi pasangan yang selingkuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kemungkinan besar orang yang berselingkuh adalah suami yang berselingkuh dari istrinya.

Namun, jika kita melihat dengan seksama, statistik suami yang berselingkuh melonjak hanya setelah usia 50 tahun.

Itu adalah usia menopause, dan wanita kehilangan gairah seksualnya pada saat itu, yang dapat menjelaskan mengapa pria yang sudah menikah berselingkuh pada usia tersebut.

Sementara itu, Mel Magazine memiliki interpretasi yang berbeda tentang penelitian tersebut. Mereka percaya bahwa sebelum usia 30 tahun, istri lebih cenderung berselingkuh dari suaminya.

Artikel tersebut memberikan banyak contoh mengapa wanita berselingkuh dari suami mereka.

Trend perselingkuhan istri cenderung meningkat seiring banyaknya wanita yang semakin berdaya, mandiri, memiliki penghasilan lebih, dan menjauh dari peran gender tradisional.

Alasan mengapa orang yang sudah menikah berselingkuh tetap sama.

Namun, seiring bertambahnya jumlah wanita yang memiliki kesadaran diri dan menjauh dari peran gender "pekerjaan domestik rumah tangga" lebih banyak wanita menemukan alasan yang sama (atau lebih tepatnya, proses pemikiran yang sama) untuk melakukan perselingkuhan dalam pernikahan.

Baca Juga: Tampil Lebih Segar dan Sporty! Yamaha MX King 150 2023 Masih Jadi Favorit Pecinta Motor Bebek

5 Penyebab dan Risiko Mengapa Orang yang Sudah Menikah Berselingkuh

Tidak ada satu alasan tunggal mengapa orang yang sudah menikah terlibat dalam perselingkuhan. Namun, beberapa alasan mungkin meningkatkan kemungkinan perselingkuhan dalam hubungan pernikahan.

Biasanya, kedua pasangan bertanggung jawab atas kegagalan pernikahan mereka, tetapi beberapa penyebab dan risiko individu mengarah pada perselingkuhan dalam pernikahan.

1. Kecanduan

Jika pasangan memiliki kecanduan terhadap penyalahgunaan zat seperti alkohol, perjudian, obat-obatan, dll., itu meningkatkan peluang perselingkuhan dalam pernikahan.

Semua kecanduan ini dapat mempengaruhi penilaian seseorang, dan mereka bisa melanggar batasan yang seharusnya tidak mereka langgar.

2. Trauma Masa Kecil

Seseorang yang pernah mengalami kekerasan fisik, seksual, atau emosional, atau pengabaian dalam masa kecilnya mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk berselingkuh dari pasangannya.

Mengalami trauma masa kecil atau memiliki masalah yang belum terselesaikan dapat membuat seseorang berselingkuh.

3. Gangguan Mental

Orang yang memiliki kepribadian bipolar mungkin akhirnya berselingkuh.

Orang dengan gangguan kepribadian ambang batas memiliki kepribadian yang tidak berfungsi dan mungkin sangat egosentris sehingga bisa berselingkuh dari pasangan mereka.

4. Riwayat Perselingkuhan

Ada alasan mengapa orang mengatakan "sekali seorang berselingkuh, selalu akan berselingkuh."

Jika pasangan kamu memiliki riwayat perselingkuhan pada pasangan sebelumnya, kemungkinan besar mereka akan mengulangi sejarah itu.

5. Terpapar Perselingkuhan Saat Masa Kecil

Orang yang pernah menyaksikan perselingkuhan dalam masa kecil mereka memiliki peluang lebih besar untuk berselingkuh pada pasangan mereka.

Jika mereka telah melihat orang tua mereka berselingkuh, mereka kemungkinan besar akan mengulanginya dalam hidup mereka.

Baca Juga: Tak Cuma King the Land, 7 Drama Korea Ini Tuai Kontroversi Bahkan Ada yang Batal Tayang

15 Alasan Mengapa Orang yang Sudah Menikah Berselingkuh

Selingkuh adalah hal yang kotor. Namun, juga memberikan kepuasan dan kegembiraan, seperti bungee jumping atau skydiving.

Orang yang tengah berselingkuh menganggap hal tersebut kebahagiaan dan yang layak untuk mempertaruhkan seluruh hidup.

Berikut adalah alasan umum mengapa orang yang sudah menikah berselingkuh.

1. Eksistensi Diri

Setelah menikah beberapa saat, seseorang mulai merasa ada sesuatu yang lebih dalam hidup. Mereka mulai mencarinya di luar pernikahan mereka.

Keasyikan mengubah haluan baru mengaburkan penilaian orang, dan akhirnya membuat kesalahan seperti berselingkuh dari pasangan mereka.

2. Takut Menua

Pada suatu titik dalam hidup mereka, orang yang sudah menikah membandingkan diri mereka dengan orang-orang muda yang bugar (termasuk diri mereka yang lebih muda).

Mereka mungkin tergoda untuk melihat apakah masih ada daya tarik dalam diri mereka.

3. Kebosanan

Perasaan sudah pernah mengalami segala hal dengan pasangan dan kembali lagi. Segala sesuatu mulai terlihat membosankan ketika semuanya menjadi rutin dan bisa diprediksi.

Mereka mengatakan keragaman adalah bumbu kehidupan, dan berbagi hidup dengan satu orang saja bertentangan dengan hal itu.

Ketika seseorang mulai merindukan sesuatu yang baru, hal itu membuka pintu bagi perselingkuhan.

4. Kesenjangan Gairah Seksual

Pada masa remaja sudah jelas bahwa beberapa orang menginginkan seks lebih sering daripada yang lain.

Itu adalah perbedaan biologis yang dikenal sebagai libido atau gairah seksual. Ada sesuatu dalam tubuh manusia yang menginginkan seks lebih sering daripada yang lain.

Jika kamu menikahi seseorang yang memiliki gairah seksual yang lebih tinggi atau lebih rendah, kehidupan seks kamu tidak akan memuaskan bagi kedua belah pihak.

Seiring berjalannya waktu, pasangan dengan gairah seksual yang lebih tinggi akan mencari kepuasan seksual di tempat lain.

5. Pelarian Diri

Kehidupan sehari-hari yang diwarnai pekerjaan tanpa masa depan yang jelas, gaya hidup biasa-biasa saja, dan prospek yang tidak menarik memicu depresi, perasaan terputus emosi, dan kecemasan.

Hal ini bisa memicu abainya seseorang dengan pernikahan yang telah dijalani. Sama seperti alasan penemuan diri, orang mulai mencari "tempat" mereka di dunia di luar pernikahan.

Suatu delusi berdasarkan impian-impian yang hancur di masa lalu yang mereka tidak pernah memiliki keberanian atau tekad untuk mengejar.

Baca Juga: Yamaha Grand Filano Hybrid Connected: Spesifikasi, Fitur, dan Harga, Kenali Teknologi Hybrid yang Menambah Tenaga Mesin

6. Kekurangan Emosional

Kehidupan sehari-hari yang sibuk mengurus anak, karier, dan pekerjaan rumah meninggalkan sedikit waktu untuk asmara.

Pasangan mulai berpikir tentang apa yang terjadi pada orang yang menyenangkan yang mereka nikahi, orang yang selalu ada untuk mendukung mereka dan memiliki waktu untuk memenuhi keinginan mereka.

Mereka akhirnya mulai mencari keceriaan dan romansa yang hilang di tempat lain. Ini adalah alasan paling umum mengapa orang yang sudah menikah berselingkuh.

7. Balas Dendam

Mungkin mengejutkan, tetapi balas dendam adalah salah satu alasan yang lebih umum mengapa orang berselingkuh dari pasangan mereka.

Tidak dapat dihindari bahwa pasangan mengalami konflik dan perbedaan pendapat. Mencoba menyelesaikannya kadang-kadang hanya membuat semakin buruk.

Akhirnya, salah satu pasangan akan memutuskan untuk melampiaskan frustrasinya melalui perselingkuhan. Baik untuk melegakan diri mereka sendiri atau dengan sengaja membuat pasangan mereka kesal melalui perselingkuhan.

8. Egoisme

Ingat banyak pasangan berselingkuh karena mereka bisa melakukannya? Itu karena mereka adalah orang-orang yang egois yang ingin menikmati kesenangan mereka sendiri.

Mereka memiliki kepedulian yang sangat sedikit tentang rusaknya hubungan mereka, selama mereka bisa menikmati diri mereka sendiri.

Di dalam hati, sebagian besar orang merasa seperti itu tetapi cukup bertanggung jawab untuk menahan diri.

Orang-orang yang egois merasa bahwa kelompok yang bertanggung jawab hanyalah pengecut yang tidak mau menyerah pada keinginan sejati mereka.

9. Uang

Masalah uang dapat menyebabkan keputusasaan. Saya bahkan tidak bermaksud menjual diri mereka demi uang. Itu memang terjadi, tetapi tidak sering sehingga bisa termasuk dalam alasan "umum" berselingkuh.

Yang umum adalah masalah uang menyebabkan masalah-masalah lain yang disebutkan di atas. Itu menyebabkan pertengkaran, depresi, dan ketidaksesuaian emosi.

10. Rendahnya Percaya Diri

Ini berkaitan erat dengan ketakutan menua. kamu dapat menganggap alasan itu sebagai masalah rendahnya percaya diri itu sendiri.

Beberapa orang yang sudah menikah merasa terikat dengan komitmen mereka dan ingin bebas.

Mereka mungkin merasa bahwa mereka hanya menjalani hidup tanpa benar-benar hidup. Pasangan melihat orang lain menikmati hidup mereka dan ingin hal yang sama.

Baca Juga: Honda Bakal Rilis Honda Beat 150? HOAX! Simak Fakta Terbaru

11. Kecanduan Seks

Beberapa orang benar-benar kecanduan seks. Mereka memiliki dorongan seksual yang tinggi yang kadang-kadang tidak sesuai dengan pasangan mereka, dan mereka akhirnya mencari banyak pasangan untuk memuaskan diri mereka.

Segera setelah orang-orang ini merasa kehidupan seks mereka yang sudah menikah tidak memuaskan, mereka mulai mencarinya ke arah lain.

12. Batasan yang Buruk

Menetapkan batasan yang tepat dengan orang lain adalah penting. Kamu harus selalu tahu apa yang dapat diterima atau tidak dapat diterima bagi kamu.

Orang-orang dengan batasan yang buruk memiliki risiko tinggi terlibat dalam perselingkuhan. Orang-orang seperti itu mungkin memiliki masalah dengan mengatakan "tidak" atau punya keberanian "menolak orang lain".

13. Terpapar pada Banyak Konten Porno

Pornografi memiliki dampak negatif pada kesehatan mental kamu. Jika seseorang terpapar pada banyak konten porno, mereka akhirnya mengembangkan harapan-harapan yang tidak realistis dalam pikiran mereka.

Ketika harapan-harapan ini tidak terpenuhi dalam pernikahan, mereka mungkin berselingkuh untuk mencarinya di tempat lain. Namun, perselingkuhan online juga terjadi.

14. Internet

Peran internet dalam perselingkuhan sudah sering diabaikan. Internet menyediakan banyak kesempatan untuk melakukan perselingkuhan, terutama perselingkuhan emosional.

Lebih mudah untuk mengenal orang lain melalui platform media sosial.

Karena tidak membutuhkan banyak usaha, perselingkuhan online menjadi pelarian yang mudah karena orang percaya bahwa mereka tidak berselingkuh jika mereka belum bertemu dengan orang tersebut secara langsung.

15. Adanya Kesempatan

Ketika seseorang sering bepergian karena pekerjaan atau alasan lain dan sering berjauhan dengan pasangan mereka, mereka mungkin memandang perselingkuhan sebagai peluang yang sempurna.

Ketidakhadiran pasangan mereka mungkin membuat mereka percaya bahwa mereka dapat menyembunyikan perselingkuhan mereka.

Baca Juga: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies dalam Survei IPN, Erick Thohir Disebut Sebagai Cawapres Paling Cocok

Kesimpulan

Mengapa orang berselingkuh? Alasan-alasan di atas adalah alasan yang paling umum. Pernikahan memang rumit, namun tidak ada alasan yang tepat untuk membenarkan mengapa orang berselingkuh.

Cara terbaik untuk melindungi pernikahan kamu adalah bekerja keras pada pernikahan kamu secara teratur.

Jaga komunikasi yang jelas dan teratur, praktikkan pengampunan, ungkapkan kebutuhan fisik kamu, dll., untuk memastikan hubungan kamu tidak kehilangan pesonanya. Jadikan pernikahan kamu bahagia dan memuaskan.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)