3 Dampak Buruk Kurangnya Komunikasi dalam Pernikahan, Perhatikan Cara Memperbaikinya!

Galuh Prakasa
Selasa 11 Juli 2023, 13:10 WIB
3 dampak serius jika perjalanan pernikahanmu kurang komunikasi. (Sumber : Pexels/Alex Green)

3 dampak serius jika perjalanan pernikahanmu kurang komunikasi. (Sumber : Pexels/Alex Green)

INFOSEMARANG.COM -- Apakah kurangnya komunikasi dalam pernikahan merusak kebahagiaan pernikahanmu?

Ketika kamu sudah menikah dalam waktu yang lama, kamu mungkin berpikir bahwa kurangnya komunikasi dalam pernikahan adalah hal yang umum.

Kamu masuk ke dalam rutinitas dan beraksi untuk menyelesaikan segala sesuatu.

Meskipun kamu menikah satu sama lain, mudah untuk menganggapnya sebagai hal yang biasa dan seiring berjalannya waktu, komunikasi tampak menghilang.

Percakapan yang dulu menyenangkan satu sama lain berubah menjadi percakapan fungsional di lorong.

Mungkin kamu bisa melewati satu hari penuh tanpa saling berbicara, dan mungkin kamu berpikir bahwa ini adalah hal yang normal.

Meskipun percakapan pasti berubah seiring waktu, kenyataannya adalah ketika kamu tidak benar-benar saling berbicara, hal itu dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dalam pernikahanmu.

Pernikahan tanpa komunikasi, tanpa pertukaran pikiran, perasaan, dan emosi adalah tidak dapat dipertahankan.

Kamu mungkin menemukan bahwa kamu tidak benar-benar memperhatikan pasangan dan tidak lagi saling menjadikan satu sama lain sebagai prioritas.

Baca Juga: Pergoki Teman Selingkuh, Jangan Langsung Adukan ke Istri atau Suaminya tapi Lakukan Hal Ini

Ketika komunikasi mulai menurun, pernikahan bisa masuk ke zona bahaya.

Ini tidak berarti bahwa kamu tidak bisa memperbaikinya, tetapi kamu harus lebih dahulu menganggap komunikasi yang baik dapat mempererat hubungan.

Ada beberapa masalah serius yang dapat timbul ketika komunikasi mulai terganggu, dan jika kamu menyadari hal-hal ini dan memastikan agar segalanya tetap berjalan ke arah yang benar, maka cinta akan mengatasi segalanya.

Studi menunjukkan bahwa "pasangan yang lebih puas dalam pernikahannya menunjukkan komunikasi yang lebih positif, kurang negatif, dan lebih efektif."

Berikut adalah alasan mengapa kurangnya komunikasi dalam pernikahan dapat menjadi masalah yang serius.

1. Kamu Tidak Saling Mendukung

Mungkin terdengar bukan masalah besar, tetapi sebenarnya sangat penting. Ketika kamu menikah, kamu seharusnya menjadi orang pertama yang memberi dukungan, bantuan, dan saling menghormati.

Ketika hal itu tidak ada, kamu mungkin mencari bantuan dari orang lain karena kebutuhanmu, dan hal ini jarang berakhir dengan baik.

Ketika kamu tidak benar-benar berbicara atau merasa bahwa kamu tidak dapat berbicara satu sama lain, maka dukungan akan hilang dan kamu akan menjadi seperti teman sekamar.

Baca Juga: Wali Kota Semarang Gelar Lomba Masak Nasi Goreng khas Mbak Ita, Cek Syaratnya agar Lolos Tingkat Kota

Bagaimana cara mengetahui apakah kamu tidak mendukung pasanganmu?

- Kamu mengabaikan kekhawatiran mereka
- Kamu tidak menawarkan bantuan ketika mereka membuat keputusan
- Kamu terlalu sering mengkritik mereka secara tidak perlu
- Kamu tidak memotivasi mereka untuk mencapai impian
- Kamu tidak saling memberi dukungan

2. Kamu Mungkin Merasa Seperti Hidup dengan Orang Asing

Jika kamu sudah beberapa hari atau beberapa minggu tanpa benar-benar berbicara, bisa terasa seperti kamu hidup dengan orang asing.

Meskipun mungkin tidak disengaja, kurangnya komunikasi dalam pernikahan dapat membuatmu merasa seperti kamu kehilangan satu sama lain.

Jika hal ini berlanjut seiring berjalannya waktu, maka kedekatan secara perlahan akan berkurang, hubungan melemah, dan kamu sulit menemukan titik temu.

Kurangnya komunikasi dalam pernikahan kadang-kadang dapat menyebabkan perceraian ketika tidak ada lagi yang dapat dibagikan atau dibicarakan antara dua pasangan.

Waspadai tanda-tanda berikut yang menunjukkan bahwa kamu dan pasanganmu telah menjadi orang asing.

- Pasanganmu tidak dapat memahami emosimu.
- Kehidupan seksmu menurun. Selain itu, bentuk lain dari hubungan fisik seperti pelukan dan ciuman menjadi jarang.
- Kamu tidak berdandan dan pergi berkencan dalam waktu yang lama.
- Komunikasi kamu terbatas hanya pada membicarakan tugas rumah tangga dan keuangan.
- Mungkin kamu akan merasa bahwa kamu semakin sering bertengkar dan semakin sedikit waktu yang dihabiskan bersama.

Meskipun kurangnya komunikasi atau tidak adanya komunikasi pada beberapa hari mungkin bukan masalah, jika ini terus berlanjut seiring berjalannya waktu, maka kamu akan berada dalam situasi yang tidak diinginkan dan benar-benar merindukan koneksi itu.

Sadari hal ini dan jangan biarkan percakapan berhenti terlalu lama jika kamu ingin tetap terhubung dan tetap saling mencintai.

Baca Juga: Selain Virgoun dan Rendy Kjearnett, Ternyata Ini Deretan Pasangan Artis yang Cerai Usai Pasangannya Diduga Selingkuh

3. Kurang Komunikasi Merampasmu dari Hubungan Seiring Berjalannya Waktu

Ketika kurangnya komunikasi dalam pernikahan mencuat di antara pasangan, individu dalam hubungan mungkin bertanya-tanya apakah itu normal atau apakah kurangnya komunikasi dalam pernikahan merupakan masalah.

Bayangkan skenario ini terjadi setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Ketika kamu tidak berbicara, kamu mungkin akan mencari seseorang yang lain.

Karena kurangnya komunikasi dalam hubungan, kamu mungkin kehilangan koneksi, cinta, gairah, atau percikan yang pernah kamu bagikan.

Komunikasi yang buruk dalam pernikahan dapat membuatmu tergoda untuk berselingkuh. Hal ini dapat membuatmu merasa bahwa pernikahan tidak seperti yang dulu lagi.

Setiap pasangan mengalami masa-masa sulit, tetapi jika kamu menyadarinya dan menjadikan komunikasi yang baik sebagai prioritas dalam pernikahanmu, maka kamu akan tetap terhubung dan memastikan bahwa kamu tidak akan terjerumus ke jalan yang salah dengan saling kehilangan.

Dampak kurangnya komunikasi dalam pernikahan dapat menghancurkan hubunganmu. Penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki semua masalah komunikasi dalam pernikahanmu sebelum semuanya berantakan antara kamu dan pasanganmu.

Bagaimana cara memperbaiki komunikasi dalam hubungan

Tidak adanya komunikasi dalam sebuah hubungan dapat menjadi tanda bencana bagi kepuasan dan kebahagiaan dalam pernikahan.

Apakah kamu mencari jawaban pasti untuk pertanyaan-pertanyaan, "bagaimana memperbaiki kurangnya komunikasi dalam hubungan", atau "bagaimana meningkatkan komunikasi dengan pasangan"?

Baca Juga: Kronologi Napi Kasus Narkoba Tewas Gantung Diri di Lapas Kedungpane Semarang, Baru Jalani Hukuman 1,5 Tahun

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk mengatasi kurangnya komunikasi dan memperbaiki semua masalah komunikasi dalam pernikahan.

  • Luangkan 15 menit setiap hari untuk berbicara tentang hari mu dengan pasanganmu. Pernikahan dan komunikasi saling terkait untuk kepuasan hubungan.
  • Komunikasi antara pasangan memupuk ikatan cinta, sedangkan kurangnya komunikasi dalam pernikahan menimbulkan ketidakpuasan dan jarak antara suami istri.

  • Salah satu tips komunikasi terbaik untuk pasangan adalah memperhatikan ekspresi tubuh pasanganmu. Ini akan membantumu memahami suasana hati pasanganmu dan meningkatkan komunikasi pernikahan.

  • Pernikahan tanpa komunikasi menjadi rapuh dan rentan terhadap berbagai masalah hubungan lainnya. Dengarkan pasanganmu dengan penuh perhatian ketika mereka berbicara.

  • Hal ini akan mendorong mereka untuk memiliki lebih banyak percakapan seperti itu denganmu dan mencegah terjadinya kehancuran komunikasi total dalam pernikahan.

  • Temui ahli atau konselor pernikahan yang dapat membantumu memahami apa yang menyebabkan kurangnya komunikasi dalam pernikahan.

  • Jika masalah komunikasi dalam pernikahan sangat dalam, campur tangan yang tidak memihak dan obyektif dari seorang konselor pernikahan dapat menyelamatkan pernikahanmu.

Baca Juga: Tampil Lebih Segar dan Sporty! Yamaha MX King 150 2023 Masih Jadi Favorit Pecinta Motor Bebek

Mengikuti tips-tips ini seharusnya membantu kamu mengatasi masalah komunikasi dalam pernikahan.

Kurangnya komunikasi dalam hubungan hanyalah salah satu dari banyak masalah yang dihadapi pasangan.

Dengan mengikuti tips ini, kamu juga akan dapat melepaskan segala bentuk komunikasi buruk dalam pernikahan dan melakukan komunikasi yang sehat, diikuti oleh percakapan bermakna dan hubungan yang lebih dalam antara kamu dan pasanganmu.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)