Tips Sukses Berkebun Tanpa Perlu Lahan Luas, Bisa Memanfaatkan Barang Bekas Juga

Ilustrasi | Tips Sukses Berkebun Tanpa Perlu Lahan Luas (Sumber : Freepik/pressfoto)

INFOSEMARANG.COM -- Saat ini Anda sudah tidak perlu lagi memiliki lahan yang luas untuk mulai berkebun.

Kini Anda pun juga bisa memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah untuk bisa mulai berkebun.

Beberapa teknik berkebun yang dapat Anda mulai tanpa perlu memiliki lahan luas diantaranya dengan teknik hidroponik dan vertikultur.

Baca Juga: 4 Tanda Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan, Ikuti Langkah Positif Ini untuk Segera Move On!

Tentu dua teknik tersebut sudah tidak asing bagi Anda.

Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk teknik hidroponik ini antara lain tanaman dengan akar pendek seperti selada, bayam, atau daun bawang.

Sedangkan untuk teknik vertikultur sendiri, Anda bisa mulai menanam tanaman menjalar seperti kacang panjang, tomat ceri, atau bunga gantung.

Selain memilih teknik yang tepat, ada beberapa tips yang juga dapat Anda terapkan untuk sukses berkebun tanpa memerlukan lahan luas.

Baca Juga: 10 Ungkapan Romantis Dalam Bahasa Korea Selain 'Saranghae' yang Wajib Dikuasai, Dijamin Auto Bikin Baper!

Pilih tanaman yang cocok: Pertimbangkan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan atau lahan yang Anda miliki.

Tanaman yang tumbuh dengan baik dalam pot atau wadah kecil seperti tanaman hias, rempah-rempah, atau tanaman sayuran yang dapat ditanam dalam wadah akan menjadi pilihan yang baik.

Pilih wadah yang tepat: Manfaatkan bahan bekas seperti botol plastik, ember, kaleng, atau bahkan tas plastik sebagai wadah untuk menanam tanaman.

Pastikan wadah memiliki lubang drainase di bagian bawah agar air dapat mengalir dengan baik dan mencegah pembusukan akar.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Merakmati Bawen: Truk Ringsek, Sopir Tewas di Tempat

Perhatikan media tanam: Gunakan campuran tanah, kompos, dan bahan organik lainnya untuk menciptakan media tanam yang subur dan subur.

Anda dapat membuat kompos dari sisa-sisa dapur atau bahan organik lainnya untuk memberikan nutrisi pada tanaman.

Penyiraman dan pencahayaan: Pastikan tanaman Anda mendapatkan penyiraman yang cukup sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perhatikan juga kebutuhan cahaya tanaman yang Anda pilih. Letakkan tanaman di tempat yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup atau manfaatkan lampu tumbuh jika Anda berkebun dalam ruangan.

Baca Juga: Harga Terbaru Suzuki All New Satria F150, Motor Underbone 150cc Terbaik di Pasaran dengan Desain Sporty Futuristik

Pemupukan: Berikan pupuk yang sesuai untuk tanaman Anda secara teratur. Anda dapat menggunakan pupuk organik atau pupuk cair yang dapat dibuat dari bahan bekas seperti sisa-sisa makanan atau dedaunan yang telah diuraikan.

Perawatan rutin: Jaga kebersihan kebun Anda dengan membuang gulma, memangkas tanaman jika diperlukan, dan memeriksa adanya hama atau penyakit. Tanggapi masalah ini dengan segera untuk mencegah penyebaran yang lebih lanjut.

Kreativitas dalam penggunaan bahan bekas: Manfaatkan kreativitas Anda dengan menggunakan bahan bekas lainnya sebagai perlengkapan kebun.

Misalnya, gunakan botol bekas sebagai irigasi tetes, gunakan kaleng sebagai pot, atau gunakan rak buku bekas sebagai rak tanaman vertikal.

Baca Juga: Coba Sekarang! 3 Link Ujian Bucin Ini Bisa Ukur Tingkat Kebucinanmu Pada Pasangan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat berhasil berkebun meskipun dengan lahan yang terbatas.

Selain itu, dengan memanfaatkan bahan bekas, Anda juga dapat mengurangi limbah dan berkontribusi pada upaya daur ulang. Selamat berkebun!***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI