Bun! Perhatikan Kesehatan Mental Ayah Meski Tidak Diminta, Dapat Mempengaruhi Anak-anak dalam Cara Negatif

Galuh Prakasa
Kamis 13 Juli 2023, 11:08 WIB
Ilustrasi | Kesehatan mental seorang ayah perlu diperhatikan meski mereka merasa tidak memerlukannya. (Sumber : Pexels/Andrew Neel)

Ilustrasi | Kesehatan mental seorang ayah perlu diperhatikan meski mereka merasa tidak memerlukannya. (Sumber : Pexels/Andrew Neel)

INFOSEMARANG.COM -- Setiap tahun, lebih dari enam juta pria menderita depresi. Mereka mengalami kehilangan minat dalam pekerjaan dan aktivitas lainnya, mudah marah, lelah, dan merasa tidak berharga.

Dilansir dari verywellmind pada Kamis, 13 Juli 2023, pengalaman kesehatan mental ayah memiliki perbedaan yang lebih khusus, dengan hingga 10% ayah mengalami depresi pada periode perinatal dan hingga 15% mengalami kecemasan perinatal.

Namun, pria memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk menerima diagnosis kesehatan mental dibandingkan dengan wanita.

"Yang penting untuk dipahami adalah bahwa pria tidak berbeda dengan wanita, anak-anak, kakek nenek, atau siapapun. Mereka juga mengalami masalah kesehatan mental; mereka hanya tidak membicarakannya sebanyak itu. Dan menurut saya, masyarakat tidak membicarakannya dan tidak ingin mengakui hal tersebut," ungkap Mayra Mendez, PhD, LMFT, psikoterapis dan koordinator program untuk cacat intelektual dan perkembangan anak serta layanan kesehatan mental di Providence Saint John's Child and Family Development Center.

"Terutama pada pria, terlebih lagi pada ayah, ada tanggung jawab yang sangat besar," tambahnya.

Tanggung jawab tersebut, bersama dengan ketidakmampuan untuk secara bebas membicarakan stres dan tekanan yang mereka rasakan, dapat membuat pria lebih enggan untuk berbagi kesulitan yang mereka hadapi.

Seringkali masyarakat melewatkan hal-hal penting dalam membantu pria, terutama para ayah, mengatasi masalah kesehatan mental.

Baca Juga: Pelajar SMK yang Meninggal di Konser JKT48 Summer Tour Semarang Ternyata Atlet Kempo dan Jago Gambar

Kesehatan Mental pada Pria

Di Amerika Serikat, hampir 16% pria melaporkan mengalami gangguan kesehatan mental pada tahun 2020. Penelitian menunjukkan bahwa kurang dari setengah dari mereka menerima perawatan Institut Kesehatan Mental Nasional.

Meskipun ada opsi untuk mendapatkan bantuan, bagian besar dari masalah ini adalah persepsi masyarakat terhadap pria yang sedang berjuang.

"Mereka sangat terbebani dengan harapan untuk tidak memiliki penyakit mental, masalah kesehatan mental, merasa lelah secara emosional, atau terpengaruh secara emosional," jelas Dr. Mendez.

Selain tekanan di luar rumah terkait pekerjaan dan kewajiban di komunitas, para ayah juga harus menjalankan tugas keluarga.

"Mereka sangat terbebani dengan harapan untuk tidak memiliki penyakit mental, masalah kesehatan mental, merasa lelah secara emosional, atau terpengaruh secara emosional," ujar Mayra Mendes, PHD, LMFT.

Secara historis, para pria yang sedang berjuang diharapkan untuk "bertindak seperti pria sejati". Hal ini membawa konotasi untuk tidak menunjukkan emosi dan menyembunyikan perasaan mereka.

Hal ini juga memperkuat anggapan bahwa seorang pria yang mengungkapkan rasa sakit adalah lemah.

Survei tahun 2023 yang dilakukan oleh Verywell Mind dan Parents menemukan bahwa hanya sedikit mayoritas ayah—57% dan 56%—merasa nyaman mengungkapkan dan mengekspresikan emosi mereka.

Masalahnya adalah jika pria tidak dapat berbicara tentang rasa sakit mereka, mereka tidak akan memiliki cara untuk memulai proses penyembuhan dan penanganannya atau mencari bantuan.

Bagi para ayah, hal ini tidak hanya memengaruhi kehidupan mereka sendiri, tetapi juga kehidupan anak-anak mereka.

Baca Juga: 1000 Istri Lebih Gugat Cerai Suami di Pengadilan Agama Bojonegoro, Terungkap Alasan di Balik Gugatan Tersebut

Dampak Kesehatan Mental Ayah

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak, terutama yang lebih kecil, meniru apa yang mereka lihat. Lihat Nielsen M, Mushin I, Tomaselli K, Whiten A. Where culture takes hold: “Overimitation” and its flexible deployment in western, aboriginal, and bushmen children.

Melihat gejala-gejala perjuangan kesehatan mental seorang ayah—baik itu cara mereka mengatasi kesedihan, frustrasi, kemarahan, atau isolasi—dapat berdampak pada anak dalam berbagai cara.

"Ketika seorang orang tua berjuang dengan masalah kesehatan mental dan mereka tidak mendapatkan bantuan untuk mengatasi masalah tersebut, itu akan tercermin pada anak-anak mereka," kata Dr. Mendez.

"Ini dapat berdampak pada perkembangan emosional anak, terutama dalam hal bagaimana mereka mengatur emosi mereka sendiri."

Jika seorang ayah tidak menangani masalahnya, ia dapat mengalami masalah kesehatan fisik, mengembangkan gangguan penggunaan alkohol atau zat, dan berjuang dengan tingkat stres yang tinggi.

Anak-anak mendapatkan tempat duduk terdepan dalam melihat apa yang terjadi, dan sebagai akibatnya, mereka bisa menganggap bahwa apa yang mereka lihat adalah cara yang tepat untuk mengatasi rasa sakit mereka.

Hal ini dapat menyebabkan masalah perilaku pada anak, kesulitan dalam mengendalikan kemarahan, dan penurunan kinerja di sekolah.

Namun, jika seorang ayah memilih untuk menjelaskan tantangan kesehatan mentalnya kepada anaknya dengan cara yang bisa dimengerti oleh anak tersebut, situasinya bisa menjadi kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan memperkuat hubungan keluarga.

Ini sesuai dengan hasil survei Verywell Mind dan Parents, yang menemukan bahwa meskipun ayah mungkin mengalami kesulitan dalam mengungkapkan diri, mereka bersemangat untuk melakukannya—termasuk kepada anak-anak mereka.

Para ayah menyadari pentingnya kesehatan mental dan bagaimana mencari bantuan serta berbicara tentang masalah mereka dapat bermanfaat, meskipun mereka tidak selalu melakukannya.

"Jika saya mengatasi kecemasan atau depresi sebagai seorang ayah, dan saya terbuka dengan anak saya tentang itu serta membicarakan tantangan kondisi saya, berbagi, dan membiarkan mereka mengetahui pengobatan saya, itu dapat membawa perubahan yang bermanfaat bagi pemuda tersebut," jelas Nathaan Demers, PsyD, Wakil Presiden Program Klinis dan Kemitraan Strategis di Grit Digital Health.

Keputusan orang tua tentang bagaimana menangani masalah pribadi mereka menentukan bagaimana hal tersebut akan berdampak pada anak.

"Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua orang dan saya pikir kita sebagai masyarakat berbudaya harus memastikan bahwa kita tidak membicarakannya seolah-olah demikian," catat Dr. Demers.

Baca Juga: Sekolah Ketar-ketir, Ganjar Pranowo Buka Nomor Aduan Pungli Berkedok Infak, Siapa Saja Bisa Melapor

Solusi dan Sumber Daya

Para ahli mengatakan bahwa persepsi masyarakat tentang kesehatan mental dan mendapatkan perawatan sedang berubah.

Pandemi telah meningkatkan kesadaran tentang berbagai masalah kesehatan mental, yang telah meningkatkan kesadaran tentang sumber daya yang tersedia.

Faktanya, ada sumber daya yang fokus pada pemahaman tentang apa yang dialami oleh para ayah dan menawarkan bantuan kepada mereka.

Fathers Mental Health, National Responsible Fatherhood Clearinghouse, Therapy for Black Men, dan Man Therapy adalah situs web yang penuh dengan informasi untuk membantu para ayah dalam perjalanan mereka menuju kesejahteraan mental.

"Salah satu solusi utama adalah memastikan bahwa pria dan orang dewasa yang merawat siapapun meluangkan waktu untuk merawat diri mereka sendiri," ujara Nathaan Demers, PSYD.

Lebih aktif di luar ruangan, menjelajahi lingkungan baru, menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai, dan menjalani terapi juga dapat membantu para ayah mengatasi masalah kesehatan mental.

Prioritas Perawatan Diri

"Salah satu solusi utama adalah memastikan bahwa pria dan orang dewasa yang merawat siapapun meluangkan waktu untuk merawat diri mereka sendiri," tegas Dr. Demers.

"Namun sayangnya, hal ini belum cukup diprioritaskan," ujarnya menambahkan.

Masyarakat perlu bekerja untuk memahami masalah kesehatan mental di kalangan para ayah dan menawarkan dukungan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kesehatan mental mereka.

"Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ini adalah bagian penting dan integral dari kesejahteraan. Ketika para ayah mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, keluarga mereka harus mendukung dan mendorong mereka. Ini akan bermanfaat tidak hanya bagi ayah, tetapi juga bagi keluarga secara keseluruhan," kata Dr. Demers.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)