Cara Memberikan Dukungan Emosional untuk Pasanganmu, Perhatikan: Niat Baik Tidak Selalu Diterima Baik

Galuh Prakasa
Sabtu 15 Juli 2023, 10:09 WIB
Cara memberikan dukungan emosional kepada pasangan. (Sumber : Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas)

Cara memberikan dukungan emosional kepada pasangan. (Sumber : Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas)

INFOSEMARANG.COM -- Memberikan dukungan emosional kepada pasanganmu adalah langkah penting dalam menjaga hubungan yang sehat, namun terkadang sulit untuk mengetahui cara dan kapan memberikan dukungan tersebut.

Berikut adalah beberapa strategi untuk memberikan dukungan emosional dengan cara yang sehat bagi kamu dan pasanganmu dilansir dari verywellmind pada Sabut, 15 Juli 2023:

1. Dengarkan Pasanganmu

Ketika pasanganmu membuka diri kepada kamu, penting untuk benar-benar mendengarkan dengan penuh perhatian. Jangan terlalu terdistraksi oleh kesibukan hidupmu, karena pasanganmu butuh perhatianmu sepenuhnya.

Aktif mendengarkan adalah praktik yang penuh perhatian dan peduli saat seseorang membuka diri kepadamu.

2. Tanyakan Apa yang Pasanganmu Butuhkan darimu

Jika pasanganmu membuka diri dan kamu tidak yakin apa yang mereka butuhkan, tanyakan apa yang mereka cari saat ini.

Tanyakan apakah mereka membutuhkan dukungan atau solusi. Terkadang, orang lebih ingin berbagi keluh kesah daripada menerima atau menghargai saran.

Tanyakan dengan penuh perhatian dan siap mendengarkan.

Baca Juga: Ternyata Harley Davidson Punya Sepeda Motor Dua Tak 'SS 125', Mirip Yamaha RX King, Intip Spesifikasinya!

3. Ulangi dan Parafrazkan Apa yang Dikatakan Pasanganmu

Dengan melakukan ini, kamu menunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan dan memahami apa yang pasanganmu sampaikan. Ini juga memvalidasi apa yang pasanganmu katakan.

Setelah pasanganmu selesai berbicara, kamu bisa merangkum kembali apa yang mereka sampaikan. Jika ada hal yang kurang jelas, jangan takut untuk meminta klarifikasi.

4. Serius Tanggapi Masalah Pasanganmu

Apapun yang sedang dialami atau diperjuangkan oleh pasanganmu, penting untuk serius menanggapinya dengan empati, perhatian, dan kasih sayang, meskipun itu mungkin tidak terlihat sebagai masalah besar bagi kamu.

Hal tersebut penting bagi pasanganmu. Jangan menganggap sepele atau meremehkan masalah mereka. Hargai perasaan mereka, karena perasaan mereka tetap valid meski ada orang yang mungkin mengalami masalah yang lebih buruk.

5. Tawarkan Kasih Sayang Fisik

Tergantung pada orang dan situasinya, kasih sayang fisik mungkin diinginkan atau membantu saat memberikan dukungan emosional kepada pasanganmu.

Hal ini bisa berupa menggenggam tangan mereka saat mereka berbicara, atau memeluk mereka ketika mereka sedang kesulitan.

Tanyakan apa yang pasanganmu nyaman terima secara fisik, dan berikan sesuai dengan keinginan mereka.

Baca Juga: Masalah Umum yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Yamaha F1ZR, Perhatikan Membran dan Piston Mesin!

6. Berikan Tindakan Bermakna

Ketika pasanganmu mengalami kesulitan, mereka mungkin kesulitan menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

Selain mendengarkan dengan penuh perhatian, beberapa orang juga menghargai tindakan konkret seperti membantu menyelesaikan tugas yang mereka tidak mampu melakukannya.

Kamu bisa menawarkan diri untuk melakukan tugas yang biasanya mereka lakukan, atau membelikan makanan favorit mereka agar mereka tidak perlu memikirkan masalah memasak.

Tindakan kecil seperti membeli bunga atau hadiah kecil lainnya juga bisa menunjukkan bahwa kamu memikirkan dan peduli pada mereka.

7. Tunjukkan Cinta Secara Sederhana

Hal yang bisa menenangkan pasanganmu adalah diingatkan bahwa kamu mencintai mereka dan berada di samping mereka dalam situasi sulit. Jelaskan dengan jelas bahwa kamu mencintai mereka, ada di samping mereka, dan peduli pada mereka.

Ini mungkin tidak memperbaiki atau menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, tetapi akan membantu mereka merasa lebih didukung dan tidak sendirian.

8. Tanyakan Kondisi Mereka di Kemudian Hari

Setelah kamu memberikan dukungan kepada pasanganmu, penting untuk mengikuti perkembangan mereka dengan secara rutin.

Memerlukan waktu bagi mereka untuk memproses dan menghadapi tantangan yang dihadapi, jadi pasanganmu mungkin masih membutuhkan dukungan lebih lanjut.

Mengikuti perkembangan mereka menunjukkan bahwa kamu memikirkan mereka dan peduli dengan apa yang mereka alami, meskipun mereka tidak secara langsung membicarakannya.

Baca Juga: Update Daftar Harga Lengkap Sepeda Motor Matic Honda 2023, dari BeAT hingga Forza, Pilih Sesuai Budget!

Hal yang Perlu Dihindari Saat Pasanganmu Butuh Dukungan Emosional

Jangan menjadikan dirimu sebagai terapis pasanganmu. Dukungan emosional adalah bagian penting dari hubungan yang bermakna, tetapi itu harus menjadi pengalaman bersama.

Jangan membuat dinamika hubungan terasa sepihak. Selain itu, hindari membandingkan dan meremehkan ketika pasanganmu membuka diri kepada kamu.

Hal ini tidak hanya tidak menghargai pasanganmu, tetapi juga menghilangkan validitas dan signifikansi pengalaman yang mereka bagikan.

Jika pasanganmu merasa bahwa berbagi kepada kamu hanya akan ditanggapi dengan perbandingan dan sikap meremehkan, itu akan menciptakan jarak dalam komunikasi.

Selain itu, jika kamu merasa memberikan dukungan dan perhatian kepada pasanganmu menguras energi dan menimbulkan kelelahan dan ketidakpuasan, itu pertanda bahwa kamu perlu mengutamakan kesejahteraanmu sendiri dan mendorong atau mendukung pasanganmu untuk mencari dukungan tambahan dari teman, anggota komunitas, atau seorang terapis.

Bagaimana Memberikan Dukungan Emosional Saat Kamu Juga Merasa Sedih

Walaupun kamu ingin memberikan dukungan emosional ketika kamu juga merasa sedih, itu bisa menjadi tantangan. Penting bagi kamu untuk menjaga diri sendiri dan merawat kesejahteraanmu.

Tidak masalah untuk berbagi emosimu sendiri saat seseorang membagikan perasaannya kepada kamu. Namun, hindari membandingkan atau ingin melebihi pengalaman mereka.

Hal ini bisa membantu memperkuat komunikasi antara pasangan jika kita saling berbagi emosi dan merasa aman dengan orang yang kita berbagi.

Jika kamu merasa sedih, tidak apa-apa untuk mengatakannya. Selain itu, memberikan dukungan tidak berarti sepenuhnya mengabaikan perasaanmu sendiri.

Penting untuk jujur dengan perasaanmu sendiri, dan juga penting untuk jujur jika ada hal yang terlalu berat.

Baca Juga: Duel Honda Vario 160 vs Yamaha All New Aerox 155, Mana yang Lebih Baik?

Jika kamu merasa terlalu terbebani sebagai pasangan, tidak ada salahnya untuk jujur tentang dukungan yang bisa kamu berikan dalam situasi tersebut dan menetapkan batasan yang menunjukkan bahwa kamu memiliki keterbatasan dalam memberikan bantuan.

Namun, berbagi perasaan dengan pasanganmu memiliki manfaatnya. Kamu mungkin memutuskan untuk saling berbagi perasaan secara bergantian, dan kamu mungkin merasa lebih baik jika pasanganmu juga merasakan hal yang sama.

Apa yang Harus Dikatakan Ketika Kamu Tidak Tahu Apa yang Harus Dikatakan

Tidak selalu mudah untuk menemukan kata-kata yang tepat ketika pasanganmu membuka diri kepadamu, terutama jika kamu tidak dapat merasakannya secara langsung.

Jangan takut untuk mengakui bahwa kamu tidak bisa merasakannya secara langsung, namun tetap tekankan bahwa kamu ada di samping pasanganmu dan mencintainya.

Mungkin saat ini cara dukungan non-verbal lebih tepat untuk menunjukkan perhatianmu.

Bahkan jika kamu tidak tahu apa yang harus dikatakan, sebuah ciuman, pelukan, atau genggaman tangan mungkin bisa mengungkapkan lebih dari apa yang kata-katamu bisa sampaikan.

Atau, kamu bisa menunjukkan perhatian dan kepedulianmu dengan membelikan hadiah, menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, atau mengajak anjing jalan-jalan agar pasanganmu tidak perlu khawatir.

Mungkin kamu tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan yang memadai untuk menangani semua masalah yang dibagikan oleh pasanganmu.

Pada titik ini, bantuan dari luar mungkin bermanfaat. Tawarkan dukunganmu dalam mencari terapis yang tepat.

Baca Juga: Menpan RB Spill Kenaikan Gaji PNS Mendatang, Ada Tambahan Penghasilan?

Kesimpulan

Memberikan dukungan emosional kepada pasanganmu akan membuat hubunganmu semakin kuat dalam jangka panjang, namun kamu perlu melakukannya dengan cara yang tepat.

Seperti yang disimpulkan oleh Cabarcas, "Memberikan dukungan emosional bukan berarti kita mengambil masalah pasangan kita atau memperbaikinya untuk mereka. Ini berarti kita duduk bersama orang yang kita cintai, berempati dengan mereka, dan membantu mereka merasa bahwa emosi mereka valid. Hal ini akan membantu membangun keamanan dan kenyamanan dalam setiap hubungan."

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda, dan apa yang bekerja untuk pasanganmu mungkin tidak bekerja untuk orang lain.

Usahakan untuk belajar apa yang dibutuhkan pasanganmu dan memberikan dukungan emosional melalui masa-masa sulit adalah tindakan kasih sayang dan perhatian yang mendukung proses penyembuhan, kenyamanan, dan kedekatan dalam hubunganmu.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)