Hasil Penelitian: Ternyata Stres Bisa Menular, Hati-hati Jika Kamu Menjadi Tempat Curhat!

Menurut hasil penelitian, stres bisa menular. Perhatikan hal berikut jika kamu menjadi tempat curhat. (Sumber : Pexels/Andrea Piacquadio)

INFOSEMARANG.COM -- Bukan hanya menguap yang bisa menular, tetapi ternyata stres bisa menular!

Baru-baru ini, penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres orang lain bisa memengaruhimu secara fisik.

Dilansir dari Time pada Senin, 17 Juli 2023, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Max Planck Institute for Cognitive and Brain Sciences dan Technische Universität Dresden menemukan bahwa ketika kamu berada di sekitar orang yang stres, baik itu orang yang kamu cintai maupun orang asing, kamu juga bisa merasakan stres secara fisik yang bisa diukur.

"Kami sangat terkejut bahwa kami bisa benar-benar mengukur stres empatik ini melalui pelepasan hormon yang signifikan," kata Veronika Engert, salah satu penulis studi ini.

Hasil Penelitian: Stres Itu Menular!

Dalam penelitian ini, subjek uji dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi pertanyaan matematika yang menantang dan diwawancarai untuk menyebabkan stres secara langsung.

Sementara itu, kelompok 211 pengamat hanya mengamati ujian dan wawancara melalui cermin satu arah dan melalui transmisi video.

Baca Juga: Kebangetan! Pria Selingkuhan Suami Meylisa Zaara Ogah Minta Maaf, Malah Suruh Sang Selebgram Lakukan Ini

Seperti yang diharapkan, 95% orang yang mengalami stres langsung menunjukkan tanda-tanda stres. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa 26% pengamat juga mengalami peningkatan hormon kortisol akibat stres empatik.

Dampak stres empatik ini terutama tinggi ketika pengamat mengamati pasangan romantisnya dalam situasi stres (40%), tetapi hal ini juga berlaku untuk orang asing (10%).

Bagaimana Cara Menghindari Stres yang Menular?

Ketika kamu mengamati peristiwa stres melalui cermin satu arah, sekitar 30% dari kamu mungkin akan merasakan respons stres. Sementara itu, sekitar 24% pengamat merasakan stres ketika mereka menyaksikan peristiwa tersebut melalui video.

Ini menunjukkan bahwa bahkan menonton acara televisi yang menggambarkan penderitaan orang lain dapat menularkan stres kepada penonton.

Jadi, bagaimana cara menghindari stres yang menular? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

Baca Juga: Tabrak Lari oleh Remaja Baru Lulus SMP di Tlogosari Semarang: Orangtua Pelaku Minta Maaf dan Akui Lalai

1. Ciptakan Lingkungan yang Positif

Pastikan lingkungan di sekitarmu positif dan mendukung. Hindari berada di tempat-tempat yang penuh dengan stres dan carilah kegiatan yang membuatmu senang dan rileks.

2. Jaga Keseimbangan Emosional

Beri dirimu waktu untuk istirahat dan melakukan kegiatan yang mengurangi stres, seperti meditasi, olahraga, atau hobi yang menyenangkan.

Jangan lupa untuk menjaga keseimbangan emosionalmu agar lebih kuat dalam menghadapi stres sehari-hari.

3. Komunikasi yang Baik

Bicaralah dengan orang terdekatmu tentang apa yang kamu rasakan. Berbagi perasaan dan pengalamanmu dapat membantu mengurangi beban stres yang kamu rasakan.

4. Batasi Paparan Stresor

Jika kamu tahu ada situasi atau orang yang sering membuatmu stres, cobalah untuk menghindarinya atau mengurangi paparannya.

Fokuslah pada hal-hal yang lebih positif dan membawa kebahagiaan dalam hidupmu.

Baca Juga: Enggak Lagi Galau! PPPK Bisa Dikontrak Hingga Batas Usia Pensiun, Simak Syaratnya

5. Jaga Kesehatan Fisik

Jangan lupakan pentingnya menjaga kesehatan fisikmu. Makanlah makanan sehat, tidurlah yang cukup, dan lakukan olahraga secara teratur.

Dengan tubuh yang sehat, kamu akan lebih kuat dalam menghadapi stres sehari-hari.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menghindari stres yang menular dan menjaga keseimbangan emosionalmu.

Jangan sampai stres orang lain memengaruhimu secara negatif. Tetaplah bahagia dan jaga kesehatan mentalmu!***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI