8 Langkah Meningkatkan Produktivitas dan Menghindari Gangguan yang Umum Dijumpai

Galuh Prakasa
Kamis 20 Juli 2023, 20:15 WIB
Ilustrasi | Langkah tepat meningkatkan produktivitas, ketahui semua faktor pendorong dan penghambatnya. (Sumber : Pexels/PNW Production)

Ilustrasi | Langkah tepat meningkatkan produktivitas, ketahui semua faktor pendorong dan penghambatnya. (Sumber : Pexels/PNW Production)

INFOSEMARANG.COM -- Merasa tidak produktif bisa menimbulkan stres dan frustrasi.

Jika kamu telah menghadapi kesulitan dalam meningkatkan produktivitas, ada langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan tingkat produktivitasmu.

Dilansir dari verywellmind pada Kamis, 20 Juli 2023, ada empat faktor penting yang mendukung produktivitas seseorang. Kekurangan satu sari empat faktor ini bisa menyebabkan produktivitas rendah.

  1. Fokus: Kamu perlu bisa fokus pada tugas yang sedang dihadapi dan menghindari segala gangguan.
  2. Energi: Kamu memerlukan energi mental dan fisik yang cukup untuk menyelesaikan tugas.
  3. Manajemen waktu: Kamu harus bisa memprioritaskan tugas secara strategis dan mengelola waktu dengan efektif.
  4. Konsistensi: Kamu perlu mampu mempertahankan fokus dan energi untuk bekerja dengan konsisten.

Penyebab Produktivitas Rendah

Berikut adalah beberapa penyebab potensial dari produktivitas rendah:

1. Gangguan Media Sosial: Gangguan seperti media sosial, misalnya, dapat mengalihkan perhatianmu dari tugas yang sedang dihadapi dan menurunkan produktivitasmu.

2. Gangguan Pemberitahuan Kantor: Gangguan yang sering, seperti panggilan, pemberitahuan email, atau rapat, dapat mengganggu fokusmu dan membuat sulit untuk menyelesaikan suatu tugas.

3. Kelelahan: Kurang tidur atau terlalu banyak bekerja dapat membuatmu merasa lelah dan kurang bertenaga, yang dapat mempengaruhi kemampuanmu dalam berproduktivitas.

4. Stres: Meskipun stres dalam jangka pendek bisa membantu menyelesaikan proyek besar atau memenuhi batas waktu penting, tingkat stres kronis yang tinggi dapat merusak tingkat produktivitasmu dan bahkan menyebabkan kelelahan fisik dan mental.

Baca Juga: Buat Kulit Mulus Lagi, Tapi Begini Efek Samping Hapus Tato Pakai Laser

5. Rasa bosan: Jika tugas-tugas yang sedang kamu kerjakan tidak menarik atau tidak memacu semangatmu, kamu mungkin merasa bosan, yang dapat mempengaruhi produktivitasmu.

6. Kondisi kesehatan: Penelitian menunjukkan bahwa masalah kesehatan dapat berpengaruh signifikan terhadap produktivitas.

Suatu penelitian pada tahun 2021 mencatat bahwa selain kondisi serius seperti kanker atau osteoporosis yang dapat mengurangi produktivitas, masalah kesehatan minor seperti sakit kepala atau pilek biasa pun dapat menurunkan produktivitas.

7. Lingkungan toksik: Lingkungan toksik di rumah atau tempat kerja dapat mempengaruhi produktivitasmu dan merugikan kesehatan mentalmu.

Mengapa Beberapa Orang Lebih Produktif dari yang Lain?

Kombinasi faktor individu dan lingkungan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menjadi produktif, sehingga membuat mereka lebih atau kurang produktif dibandingkan yang lainnya.

Faktor-faktor tersebut dapat meliputi:

1. Sifat kepribadian: Beberapa sifat kepribadian membantu orang menjadi lebih produktif dibandingkan yang lainnya.

Misalnya, sebuah penelitian pada tahun 2022 mencatat bahwa orang yang memiliki sifat seperti antusiasme, ketekunan, dan keterbukaan cenderung lebih produktif daripada mereka yang memiliki tingkat neurotisisme yang tinggi.

2. Faktor genetik: Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik dapat memainkan peran dalam menentukan seberapa produktif seseorang.

Baca Juga: Harga Tembus 100 Juta, Begini Spesifikasi Motor Bebek Legendaris Yamaha 125Z, Spesialis Motor Road Race Underbone Dua Tak

3. Tingkat motivasi: Tingkat motivasi seseorang dapat bervariasi berdasarkan faktor seperti kebutuhan fisiologis, konteks sosial, latar belakang budaya, dan faktor pribadi.

Cara Meningkatkan Produktivitas
Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan produktivitasmu:

1. Rapihkan tempat kerja: Merapikan tempat kerjamu dan menghilangkan kekacauan tidak hanya akan meningkatkan efisiensi ruang kerja tetapi juga dapat meningkatkan kemampuanmu dalam membuat keputusan, produktivitas, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

2. Buat daftar tugas: Membuat rencana tindakan yang tertulis telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas. Terutama, sangat membantu untuk mengorganisir daftar tugas berdasarkan prioritas, sehingga kamu tahu tugas mana yang harus diutamakan.

3. Fokus pada satu tugas pada satu waktu: Hindari mencoba melakukan beberapa hal sekaligus.

Otak manusia tidak dirancang untuk melakukan banyak hal sekaligus, jadi kamu akan lebih produktif jika fokus pada satu tugas pada satu waktu, daripada mencoba beralih antara beberapa tugas.

4. Blokir waktu dalam jadwalmu: Tentukan waktu untuk bekerja pada suatu tugas dengan memblokir waktu dalam jadwalmu.

Teknik ini dikenal sebagai time boxing. Kamu bisa menggunakan aplikasi kalender di telepon, komputer, atau email untuk memblokir sebagian waktu.

Teknik ini bisa digunakan untuk tugas-tugas terkait pekerjaan atau bahkan pekerjaan rumah tangga yang selama ini terbengkalai.

5. Cobalah Teknik Pomodoro: Teknik Pomodoro melibatkan membagi tugas menjadi interval-interval selama 25 menit, yang disebut pomodoro, dengan istirahat selama 5 menit di antara setiap interval.

Menetapkan timer untuk mengatur interval dapat membantu kamu tetap fokus, mengatur waktu dengan lebih baik, dan mencapai tujuanmu.

Baca Juga: Hindari Zonk! Perhatikan Tanda-Tanda Bakal Turun Mesin Ini Saat Beli Motor Dua Tak Bekas

6. Batasi gangguan: Ambil langkah-langkah untuk membatasi gangguan dan interupsi.

Ini bisa berarti mematikan pemberitahuan email saat kamu sedang bekerja atau keluar dari aplikasi media sosial agar tidak tergoda olehnya.

Kamu juga bisa menentukan satu atau dua hari dalam seminggu untuk bekerja tanpa gangguan dan menghindari menjadwalkan panggilan atau rapat di hari-hari tersebut.

7. Belajar untuk mengatakan tidak: Karena waktu dan daya tampungmu terbatas, penting untuk fokus pada tugas-tugas yang dapat membantu kamu mencapai tujuan.

Untuk meningkatkan produktivitasmu, belajarlah untuk mengatakan tidak pada permintaan lain yang membuang energi dan tidak berkontribusi terhadap tujuanmu.

Jika tidak, kamu akan merasa selalu sibuk tetapi tidak pernah dapat menyelesaikan apa pun yang perlu kamu lakukan.

8. Praktekkan meditasi: Meditasi dapat membantu meningkatkan produktivitasmu dengan meningkatkan konsentrasi, motivasi, kreativitas, daya ingat, dan kecerdasan emosionalmu.23

Semoga tips dan strategi di atas dapat membantu kamu meningkatkan produktivitasmu secara keseluruhan.

Dengan mengatasi tantangan dan mengoptimalkan faktor-faktor produktivitas, kamu akan menjadi lebih efisien dan berhasil mencapai tujuan-tujuanmu.

Tetap semangat dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya!***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)