Arti Memimpikan Keluarga atau Pasangan Meninggal, Jangan Cemas! Bukan Petanda Buruk

Ilustrasi | Arti memimpikan seseorang meninggal. (Sumber : Pexels/Jasmine Pang)

INFOSEMARANG.COM -- Kamu mungkin menghabiskan sekitar dua jam setiap malam untuk bermimpi, dan mimpi biasanya terjadi dalam tahap REM dari siklus tidur kita.

Dilansir dari verywellmind pada Sabtu, 22 Juli 2023, meskipun tujuan dan makna di balik mimpi kita belum sepenuhnya dipahami, teori dasarnya adalah bahwa mimpi membantu kita memproses dan memahami emosi kita.

Oleh karena itu, jika kamu bermimpi tentang seseorang meninggal, kemungkinan mencerminkan keadaan emosional dan kesehatan mental yang kamu alami.

"Mimpi tentang seseorang meninggal bisa memiliki berbagai makna, tergantung pada situasi hidupmu," kata Carolina Estevez, PsyD, seorang psikolog klinis di Infinite Recovery.

"Mimpi-mimpi ini mungkin mengganggu, tetapi pada akhirnya mewakili perubahan positif dalam arah dan potensi pertumbuhan di masa depan."

Di sini, kita akan mengulas lebih detail apa arti dari mimpi tentang seseorang meninggal, termasuk versi-versi berbeda dari jenis mimpi ini, dan bantuan apa yang tersedia jika kamu merasa terganggu karena mengalaminya.

Mengapa Kamu Bermimpi Tentang Seseorang Meninggal?

Dalam memahami makna dari mimpi kita, tidak ada cara definitif untuk mengartikan mimpi, dan ada beberapa teori untuk menjelaskan apa arti mimpi kita.

Penafsiran mimpi telah ada sejak zaman kuno, dengan tokoh seperti Hippocrates yang menyatakan bahwa mimpi mengindikasikan adanya penyakit yang mendasari yang mungkin kita alami.

Sigmund Freud, pendiri psikoanalisis, percaya bahwa mimpi melambangkan dorongan-dorongan bawah sadar dan konflik emosional kita.

Carl Jung meyakini bahwa mimpi mewakili simbol-simbol arketipal tertentu dan dapat membantu kita memahami diri lebih baik serta menawarkan solusi untuk beberapa konflik pribadi kita.

Ketika datang ke mimpi tentang kematian, secara khusus, Dr. Estevez mengatakan bahwa makna di balik mimpi ini tergantung pada konteks dan akan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya.

Baca Juga: DPR Komentari Gugatan Rp5 Miliar Panji Gumilang kepada Mahfud MD Layak untuk Ditolak

"Mimpi tersebut bisa menjadi simbol berakhirnya hubungan penting atau fase dalam hidupmu, seperti lulus, pindah, atau putus dengan seseorang," kata Carolina Estevez, PSYD.

"Ini juga bisa mewakili tindakan melepaskan sesuatu seperti sistem kepercayaan lama atau kebiasaan."

"Terkadang, mimpi tentang kematian terkait dengan ketakutan akan kematian itu sendiri," tambah Dr. Estevez.

Tzivia Gover, seorang profesional pekerjaan mimpi bersertifikat dan penulis tiga buku tentang tidur dan mimpi, mengatakan bahwa mimpi tentang kematian biasanya memiliki metafora tersembunyi di dalamnya.

Mimpi tentang kematian seringkali menjadi metafora untuk beberapa jenis akhir atau penyelesaian.

"Misalnya, kamu mungkin bermimpi tentang kematian pada saat transisi dalam hidupmu, ketika pekerjaan, hubungan, atau cara berperilaku lama kamu berakhir dan kamu berada di ambang sesuatu yang baru," katanya.

Kami telah meminta para ahli mimpi ini untuk membantu kami menganalisis berbagai jenis mimpi tentang kematian. Berikut adalah komentar mereka tentang beberapa jenis mimpi tentang kematian yang umum.

Apa Artinya Ketika Kamu Bermimpi tentang Kematian Anggota Keluarga?

"Tidak mengherankan jika ketika kita bermimpi tentang kematian, mimpi tersebut biasanya berpusat pada seseorang yang dekat dengan kita, seperti anggota keluarga atau teman dekat," kata Gover.

"Itu karena sebagian besar kekhawatiran kita tentang kehilangan berasal dari hubungan terdekat kita, dan orang-orang inilah yang ada di pikiran kita dan tentang siapa kita memiliki perasaan kuat."

Makna dari mimpi ini tergantung pada hubungan yang kamu miliki dengan orang yang kamu mimpikan, kata Dr. Estevez.

"Mimpi ini mungkin melambangkan masalah yang belum terselesaikan dengan orang tersebut, atau keinginan untuk lebih dekat dan memahami satu sama lain," jelasnya.

Baca Juga: Profil Marlo Ernesto, Anak Andy F Noya yang Dipuji Sabar saat Hadapi Keisya Levronka

Terkadang, mimpi ini menunjukkan ketakutan akan ditinggalkan atau ditolak oleh orang tersebut. Juga mungkin mengekspresikan keinginan untuk melindungi mereka dari bahaya, tambah Dr. Estevez.

Apa Artinya Jika Kamu Bermimpi Tentang Pasangan Meninggal?

Ada banyak cara untuk mengartikan mimpi tentang pasanganmu yang meninggal. Lagi-lagi, semuanya tergantung pada hubungan khususmu dan isi dari mimpimu.

"Mimpi ini bisa menunjukkan bahwa ada perubahan yang akan terjadi dalam hubunganmu - baik atau buruk - dan bahwa kamu perlu mempersiapkan diri secara emosional untuk apa yang akan terjadi," ujar Dr. Estevez.

Gover setuju bahwa seringkali mimpi tentang pasangan intim yang meninggal berarti bahwa beberapa jenis perubahan akan terjadi di depan mata.

"Mimpi tentang kematian pasangan mungkin menunjukkan bahwa kamu sedang melepaskan - atau siap untuk melepaskan - beberapa aspek pernikahanmu atau bahwa pernikahanmu memasuki fase baru," kata Tzivia Gover, Professional Terapis.

Apa Artinya Jika Kamu Melihat Mayat Seseorang?

Bermimpi tentang mayat bisa menakutkan dan cukup menyeramkan.

"Melihat mayat dalam mimpimu mungkin melambangkan ketakutan akan kematian, serta ketakutan terkait dengan mortalitas seperti penuaan dan kehilangan," kata Dr. Estevez.

Sebagai alternatif, itu bisa mewakili berakhirnya sesuatu yang penting bagimu, seperti hubungan atau karier.

Apa Artinya Jika Kamu Menghadiri Pemakaman Seseorang?

"Menemukan dirimu menghadiri pemakaman seseorang dalam mimpi juga bisa mengganggu. Seringkali, tipe mimpi ini mewakili jenis upacara peralihan," kata Gover.

Cara mengucapkan selamat tinggal yang terakhir mungkin tidak selalu terkait langsung dengan orang yang pemakamannya kamu mimpikan.

"Tanyakan pada dirimu sendiri, apa yang sedang kamu ucapkan selamat tinggal dalam hidupmu?" saran Gover.

"Apakah ada hubungan, fase hidup, atau pekerjaan yang berakhir dan kamu meratapinya?"

Baca Juga: Panji Gumilang Diduga Korupsi Dana BOS dan Zakat, Polisi bentuk Tim Investigasi

Apa Artinya Jika Kamu Menyaksikan Kematian Seseorang?

Menyaksikan seseorang mati adalah salah satu mimpi yang paling menakutkan bagi banyak orang, terutama jika itu adalah seseorang yang sangat kamu cintai atau yang mencoba kamu lindungi.

Ada banyak cara untuk mengartikan mimpi-mimpi ini, dan tidak selalu berkaitan dengan orang yang meninggal dalam mimpi.

Kamu bisa mendapatkan petunjuk tentang makna mimpi berdasarkan cara orang tersebut meninggal dalam mimpi.

Gover menjelaskan, "Misalnya: jika mereka mati karena kehabisan nafas, tanyakan bagaimana kamu mungkin merasa seperti 'tidak bisa bernafas' dalam situasi atau hubungan."

"Jika seseorang diserang, tanyakan di bagian kehidupanmu mana kamu merasa diserang."

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Bermimpi Tentang Seseorang Meninggal?

Bagi beberapa orang, bermimpi tentang seseorang meninggal bisa mengganggu, tetapi mereka bisa melupakan mimpi tersebut setelah bangun dan menjalani hari mereka.

Tetapi bagi orang lain, bermimpi tentang seseorang meninggal bisa menyebabkan keresahan.

"Hal pertama yang harus dilakukan jika kamu memiliki mimpi yang mengganggu tentang seseorang meninggal adalah bernafas dalam-dalam dan ingat bahwa semengerikan apapun mimpi itu terasa, kamu juga bisa melihatnya dari sisi positif, sebagai pesan yang membantu bagimu," kata Gover.

Juga bermanfaat untuk melihatnya dari perspektif: ini tidak berarti bahwa seseorang benar-benar akan meninggal.

"Mimpi kamu kemungkinan besar berbicara dalam metafora - bukan meramalkan kematian mendadak dirimu atau orang yang kamu cintai," jamin Gover.

Baca Juga: FANTASTIS! Nominal Gaji PNS 3 Level Jabatan Ini Capai Dua Digit Bila Agustus Jadi Terapkan Sistem Single Salary

Dia menyarankan untuk menulis mimpi itu dalam jurnal atau berbicara tentangnya dengan seorang teman sebagai cara untuk memprosesnya dan memahami maknanya.

Tetapi terkadang, jika mimpi-mimpi itu berulang, atau jika mereka sangat mengganggu, kamu mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut.

Dalam kasus-kasus seperti itu, berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental dapat membantu.

"Seorang psikolog yang berkualifikasi dapat membantu kamu memahami makna dari mimpi tersebut dan mendapatkan wawasan lebih tentang pikiran dan bawah sadarmu," kata Dr. Estevez.

"Mereka juga dapat membantu kamu mengatasi ketakutan atau masalah yang belum terselesaikan yang muncul dalam mimpi tersebut, serta mengembangkan strategi koping baru untuk menghadapinya."***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI