Tiba-Tiba Nyeri Dada Saat Stres, Serangan Panik atau Tanda-Tanda Serangan Jantung? Ketahui Penyebabnya!

Galuh Prakasa
Sabtu 22 Juli 2023, 20:43 WIB
Ilustrasi | Mengetahui penyebab tiba-tiba nyeri dada saat merasakan stres. (Sumber : Pexels/Puwadon Sang-ngern)

Ilustrasi | Mengetahui penyebab tiba-tiba nyeri dada saat merasakan stres. (Sumber : Pexels/Puwadon Sang-ngern)

INFOSEMARANG.COM -- Tekanan dada dan nyeri adalah gejala yang erat kaitannya dengan stres, kecemasan, atau serangan panik.

Saat kamu merasa stres atau panik, tubuhmu melepaskan hormon stres yang dapat menyebabkan berbagai gejala fisik, termasuk tekanan atau nyeri dada.

Namun, ini tidak berarti kamu harus mengabaikan tekanan dada tersebut. Jika kamu adalah orang dewasa yang sehat dan mengalami stres, kemungkinan tekanan dada ini disebabkan oleh keadaan stres tersebut.

Berita baiknya adalah ada cara untuk mengelola stres dan gejala kecemasan, yang dapat mengurangi sensasi fisik yang tidak nyaman.

Mari kita lihat hubungan antara tekanan dada dan stres, termasuk penyebabnya, cara mendapatkan diagnosis yang tepat, potensi komplikasi, serta cara mengobati tekanan dada yang disebabkan oleh stres.

Hubungan antara Stres dan Tekanan Dada

Saat kamu mengalami stres atau kecemasan, tubuhmu masuk ke dalam mode "bertarung atau melarikan diri," yang menghasilkan berbagai gejala fisik, emosional, dan perilaku.

Ini adalah respons otomatis yang mungkin tidak kamu sadari, dan dapat terjadi baik saat bahaya nyata maupun ketika kamu merasa bahaya itu nyata bagimu.

Dalam kondisi stres, tubuh melepaskan hormon seperti adrenalin dan kortisol, yang memiliki efek kuat pada tubuh dan pikiranmu. Setiap orang merespons stres dengan cara yang berbeda dan mengalaminya dengan cara yang unik.

Namun, salah satu respons tersebut adalah kamu dapat merasakan tekanan atau nyeri dada yang intens.

Baca Juga: Resep Spicy Chewy Potato yang Viral di TikTok, Mudah Cuma Butuh 3 Bahan Ini

Selain tekanan dada, respons terkait stres lainnya mungkin termasuk:

- Perasaan berat di dada
- Rahang yang terkatup
- Merasa tegang
- Merasa terputus atau emosi mati rasa
- Jantung berdebar dan tangan berkeringat
- Kesulitan bernapas
- Mual atau diare
- Gemetar
- Kesulitan berkonsentrasi
- Merasa marah atau mudah tersinggung
- Pikiran atau gambaran mental yang menakutkan
- Kesulitan berkonsentrasi
- Merasa seolah-olah "gila"

Mengalami dada yang terasa ketat atau tertekan adalah hal yang sangat umum terjadi saat mengalami stres atau kecemasan.

Bahkan, sebuah tinjauan pada tahun 2018 menemukan bahwa kecemasan menjadi faktor dalam 30% hingga 40% kunjungan ke unit gawat darurat dengan gejala utama nyeri dada tertentu.

Faktor Risiko

Siapa pun bisa mengalami tekanan dada akibat stres. Namun, hal ini lebih umum terjadi pada orang yang menderita gangguan kecemasan, dan paling umum terjadi pada orang yang mengalami serangan panik.

Sebenarnya, nyeri atau ketidaknyamanan dada adalah salah satu gejala resmi dari serangan panik.

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa 28% dari orang yang dirawat di rumah sakit karena nyeri dada dengan hasil angiografi normal (tidak ada tanda-tanda penyakit jantung) akhirnya didiagnosis menderita serangan panik.

Baca Juga: DPR Komentari Gugatan Rp5 Miliar Panji Gumilang kepada Mahfud MD Layak untuk Ditolak

Komplikasi Stres dan Tekanan Dada

Stres tidak hanya terasa tidak nyaman, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatanmu, terutama jika stres tersebut bersifat kronis.

Stres dapat mempengaruhi sistem otot, sistem pernapasan, hormon, saluran pencernaan, sistem saraf, dan bahkan sistem reproduksi.

Stres juga terkait dengan melemahkan sistem kekebalan tubuh, serta kondisi seperti diabetes, obesitas, depresi, dan kelelahan kronis.

Meskipun tekanan dada tidak selalu menjadi tanda penyakit jantung, stres dapat memperburuk kondisi jantung, dan stres kronis dapat menjadi faktor dalam perkembangan masalah kardiovaskular.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis

Jika kamu mengalami stres dan tekanan dada, memang mungkin tekanan dada tersebut disebabkan oleh stresmu.

Namun, kamu tidak bisa melakukan diagnosis sendiri; terkadang, kondisi medis serius dapat menyebabkan tekanan dan nyeri dada.

Jika kamu memiliki kondisi jantung yang mendasari dan mengalami tekanan dada, segera cari perawatan medis darurat, terlepas dari apa yang kamu pikirkan penyebabnya.

Jika ini adalah episode pertama kamu mengalami tekanan atau nyeri dada, sebaiknya kamu mencari evaluasi medis untuk mengeliminasi kemungkinan penyebab kardiovaskular.

Baca Juga: Panji Gumilang Diduga Korupsi Dana BOS dan Zakat, Polisi bentuk Tim Investigasi

Biasanya, gejala serangan jantung terjadi setelah aktivitas fisik, bukan saat kamu sedang istirahat.

Gejala serangan jantung juga biasanya semakin parah seiring berjalannya waktu, bukan menghilang dengan sendirinya.

Berikut adalah gejala tipikal serangan jantung. Jika kamu mengalaminya, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.

- Nyeri di tengah atau sisi kiri dada yang berlangsung selama beberapa menit; nyeri mungkin hilang dan kemudian kembali lagi
- Merasa pusing, lemah, atau seperti akan pingsan
- Mengeluarkan keringat dingin
- Nyeri punggung, leher, atau rahang yang terkait
- Kesulitan bernapas

Diagnosis Stres dan Tekanan Dada

Selain penyakit jantung, beberapa kondisi medis menyebabkan tekanan dada sebagai gejala, termasuk refluks asam, pneumonia, emboli paru, dan penyakit kantong empedu.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan pemeriksaan oleh penyedia layanan kesehatan jika kamu mengalami nyeri dada, meskipun kamu percaya bahwa penyebabnya adalah stres.

Untuk menentukan penyebab nyeri dada atau tekanan dada, penyedia layanan kesehatan biasanya akan bertanya serangkaian pertanyaan diagnostik, memeriksa tanda-tanda vitalmu, dan mencatat riwayat kesehatanmu.

Mereka mungkin juga akan melakukan beberapa tes medis atau tes darah berdasarkan gejala yang kamu alami.

Jika mereka yakin bahwa tekanan dada kamu disebabkan oleh stres, mereka mungkin akan merujukmu ke seorang terapis atau membahas metode untuk mengurangi stres dalam kehidupanmu.

Baca Juga: FANTASTIS! Nominal Gaji PNS 3 Level Jabatan Ini Capai Dua Digit Bila Agustus Jadi Terapkan Sistem Single Salary

Pengobatan Stres dan Tekanan Dada

Stres sering dikelola dengan teknik manajemen stres, dan mungkin membutuhkan terapi atau jarang, pengobatan.

Gangguan kecemasan dan serangan panik, yang juga dapat menyebabkan tekanan dada, biasanya diobati dengan kombinasi terapi dan pengobatan.

Pengobatan

Stres lebih sedikit diobati dengan obat daripada gangguan kecemasan atau serangan panik. Namun, episode stres akut dapat diatasi dengan obat penenang.

Terapi

Terapi adalah cara yang baik untuk mengelola stres dan kecemasan, dan mungkin juga membantu mengatasi tekanan dada terkait. Beberapa pendekatan psikoterapi yang mungkin membantu meliputi:

- Terapi perilaku kognitif (CBT), yang membantu mengidentifikasi pola pikir negatif dan perilaku yang dapat berkontribusi pada stresmu.

- Terapi penerimaan dan komitmen (ACT), yang membantu kamu menerima pikiran dan perasaan tanpa penilaian dan mengelola stres sesuai dengan nilai-nilaimu.

- Pendekatan berbasis kesadaran untuk mengurangi stres, yang membantu mengembangkan kemampuan untuk sepenuhnya sadar dan hadir di saat ini.

Baca Juga: Jika Gaji PNS 11 Juta dengan Sistem Single Salary, Berapa Tunjangan Kinerja yang Diterima?

Cara Menghadapi Stres dan Tekanan Dada

Mengalami tekanan dada dapat menjadi hal yang menekan. Mungkin dapat menenangkan hati jika kamu mengetahui bahwa gejala tersebut disebabkan oleh stres dan bukan kondisi medis.

Namun, kamu tetap harus mengatasi stres yang sedang kamu hadapi dalam hidupmu.

Pemicu stres: seperti stres di tempat kerja, stres hubungan, stres keuangan, atau stres tentang keadaan dunia, tidak selalu dapat dihindari.

Namun, kamu memiliki kontrol dalam cara mengelola stres tersebut. Mengadopsi beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu mengelola stres yang akan kamu hadapi.

Perubahan Gaya Hidup

Cobalah hal berikut ini untuk membantu mengelola tingkat stresmu selama waktu yang sulit:

- Sisipkan olahraga dalam hari-harimu setiap hari
- Pastikan untuk cukup tidur
- Makan secara teratur; jangan lewatkan waktu makan
- Batasi konsumsi kafein dan alkohol
- Luangkan waktu setiap hari untuk berbaring diam dan bernapas dalam-dalam
- Ungkapkan perasaanmu kepada seseorang yang kamu percayai
- Tambahkan meditasi dalam hari-harimu, bahkan hanya beberapa menit saja

Ringkasan

Tekanan dada adalah gejala umum yang sering disebabkan oleh respons fisiologis tubuh terhadap stres. Meskipun tekanan dada umum terjadi saat mengalami stres, namun juga terkait dengan kondisi medis serius seperti penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan evaluasi dari profesional medis jika tekanan dada adalah gejala baru bagimu, atau jika disertai dengan gejala lain yang mencemaskan.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)