Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga pada Anak, dari Trauma Hingga Minder, Begini Langkah Membantu dan Mendukungnya

Galuh Prakasa
Selasa 25 Juli 2023, 16:47 WIB
Langkah membantu dan mendukung anak yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. (Sumber : Pexels/Yan Krukau)

Langkah membantu dan mendukung anak yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. (Sumber : Pexels/Yan Krukau)

INFOSEMARANG.COM -- Kamu pasti tahu bahwa kekerasan dalam rumah tangga bisa berdampak luas dan serius bagi anak-anak, baik secara langsung maupun tidak.

Data dari Australian Institute of Health and Wellbeing menyebutkan bahwa satu dari enam perempuan dan satu dari sembilan laki-laki mengalami kekerasan fisik atau seksual sebelum usia 15 tahun.

Di Australia, satu dari empat anak terpapar kekerasan dalam rumah tangga, baik sebagai korban langsung atau menyaksikannya di rumah.

Dampak ini bisa bersifat fisik maupun emosional pada anak-anak. Mereka bisa mengalami trauma emosional dan fisik, baik ketika kekerasan diarahkan pada orang tua mereka, anggota keluarga lain, atau bahkan kepada diri mereka sendiri.

Kekerasan ini dapat mempengaruhi perkembangan otak mereka, hubungan dengan orang lain, persepsi mereka tentang dunia sebagai tempat yang aman, dan kemampuan mereka untuk percaya kepada orang-orang terdekat dalam hidup mereka selama seluruh hidupnya.

Anak-anak dari segala usia bisa mengalami trauma emosional dan fisik. Mereka merasakan perasaan dan kondisi emosional yang sama dengan orang tua mereka, dan mereka sangat peka terhadap rasa takut, ngeri, dan ketakutan.

Banyak anak juga terpapar pada sistem perlindungan anak ketika kekerasan dilaporkan atau polisi dipanggil ke rumah mereka.

Meskipun sistem bantuan ini dapat membantu pemulihan dari trauma, dalam beberapa kasus, hal ini dapat memperburuk keterpurukan dan rasa takut anak-anak.

Baca Juga: Hasil Japan Open 2023 Hari Pertama: The Daddies, Apriyani/Fadia dan Chico Melaju ke 16 Besar

Dampak Negatif Kekerasan dalam Rumah Tangga pada Anak-Anak

Terdapat beberapa cara di mana anak-anak dapat terdampak secara negatif oleh kekerasan dalam rumah tangga:

1. Paparan pada kekerasan: Anak-anak bisa mengalami trauma ketika mereka menyaksikan atau mendengar kekerasan, atau melihat akibat dari kekerasan tersebut seperti memar, kesedihan, atau kerusakan barang.

Mereka juga bisa terpengaruh oleh kesehatan yang menurun, kesejahteraan, dan kemampuan orang tua yang menjadi korban.

2. Inklusi dalam kekerasan: Anak-anak mungkin terlibat dalam kekerasan, seperti dipaksa untuk mengintai salah satu orang tua atau diperintah untuk menyerang.

3. Merasa bertanggung jawab atas kekerasan: Anak-anak bisa merasa atau dipaksa merasa bertanggung jawab atas kekerasan tersebut.

Hal ini bisa semakin diperparah ketika orang tua berpisah, dan mereka merasa bertanggung jawab atas konflik yang terus berlanjut di sekitar mereka.

4. Hidup dalam ketakutan: Anak-anak bisa hidup dalam ketakutan akan kekerasan, selalu waspada, mengamati orang tua mereka untuk merasakan suasana di rumah, meramalkan apakah situasi akan memburuk.

Atau apakah salah satu orang tua sedang minum – yang bisa menjadi pemicu tindakan kekerasan atau amarah yang berlangsung berjam-jam.

5. Hidup dalam rahasia dan rasa malu: Anak-anak mungkin merasa tidak aman untuk membawa teman ke rumah dari sekolah atau berbagi apa yang terjadi dengan orang di luar rumah.

Ini berarti bahwa mereka hidup dalam dua dunia: dunia luar, dan 'dunia nyata' yang penuh ketakutan dan kebingungan.

Baca Juga: Kronologi Pria Tewas Tenggelam di Sungai Banjir Kanal Barat Semarang, Mancing Sendirian Naik Perahu Rakit

Tanda-tanda Perilaku Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga pada Anak-Anak

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa anak-anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dapat menunjukkan berbagai masalah perilaku dan emosi dalam jangka pendek hingga menengah dibandingkan dengan anak-anak lain yang tidak mengalami kekerasan.

Mereka cenderung menunjukkan agresi yang lebih tinggi, impulsivitas, kecemasan, serta memiliki kontak yang lebih sedikit dengan teman sebaya dan orang di luar keluarga.

Kekhawatiran yang lebih serius dalam jangka panjang adalah dampak kekerasan terhadap perkembangan otak anak.

Trauma di masa kanak-kanak bisa sangat berbahaya karena menghambat perkembangan identitas diri anak dan mekanisme koping mereka.

Anak-anak yang hidup dalam keadaan ketakutan yang terus-menerus tidak mengembangkan semua jalur saraf seperti anak-anak lainnya, dan inilah sebabnya mengapa mengekspos anak-anak pada kekerasan merupakan bentuk kekerasan terhadap anak.

Beberapa anak mungkin menderita efek gangguan stres pascatrauma (PTSD). Jenis stres ini biasanya melebihi kemampuan anak untuk menghadapinya dan mungkin muncul sebagai rasa takut atau perasaan tidak berdaya.

Respon-trauma anak terhadap kekerasan dari atau terhadap orang tua mereka cenderung diperkuat jika pelaku kekerasannya adalah seseorang yang mereka kenal.

Baca Juga: Serempetan Berujung Adu Mulut, Dua Pengendara Saling Pukul di Jalan Ratan Cilik Genuk hingga Dilerai Warga

Tanda-tanda dalam Jangka Pendek:

  1. Tampak bingung atau kacau.
  2. Regresi, seperti kencing di tempat tidur atau menggigit jempol.
  3. Memiliki ketakutan atau ketidakamanan tertentu yang sebelumnya tidak ada.
  4. Terobsesi atau sering berbicara atau bermain tentang insiden tertentu.
  5. Perubahan emosi, seperti menjadi menarik diri, sedih, mudah marah, atau suasana hati yang fluktuatif.
  6. Peningkatan mencari kenyamanan atau perilaku yang menuntut perhatian.
  7. Khawatir akan berpisah.

Tanda-tanda dalam Jangka Menengah:

  1. Kebutuhan konstan akan perhatian.
  2. Sering bertengkar.
  3. Sifat posesif terhadap mainan atau barang-barang.
  4. Mencari rasa sakit.
  5. Penurunan kinerja sekolah.
  6. Hubungan yang kurang baik dengan teman sebaya.
  7. Mencuri atau berbohong.
  8. Depresi.

Daftar ini tidak lengkap, dan bahkan anak-anak dalam keluarga yang sama bisa merespons dengan cara yang berbeda.

Demikian juga, beberapa anak mungkin terlihat baik-baik saja meskipun telah mengalami kekerasan.

Hal yang paling penting adalah memahami bahwa bagaimanapun cara mereka menunjukkan dampaknya, anak-anak akan selalu terdampak dengan cara tertentu oleh kekerasan yang mereka alami di rumah.

Hal yang paling berarti bagi kemampuan mereka untuk berkembang adalah dukungan yang mereka miliki di sekitar mereka.

Baca Juga: Video Seorang Kakek Tertabrak Motor di Langensari Ungaran, Tergeletak Bersimbah Darah di Jalan

Mendukung Ketahanan Anak Menghadapi Kekerasan

Secara keseluruhan, anak-anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga lebih mungkin menghadapi tantangan emosional dan hubungan.

Namun, berita baiknya adalah bahwa sebagian besar anak-anak yang mengalami kekerasan dalam keluarga akan berkembang dengan baik saat dewasa.

Sementara atribut pribadi anak berperan dalam seberapa tangguh mereka menghadapi dampak kekerasan dalam rumah tangga, kita juga tahu bahwa memiliki seorang orang dewasa yang mendukung di dalam keluarga memainkan peran kunci.

Orang dewasa ini bisa menjadi orang tua yang melindungi (orang tua yang tidak menggunakan kekerasan), anggota keluarga lain seperti kakek nenek, bibi, atau paman, atau seseorang di jaringan sosial mereka di luar keluarga - terutama orang dewasa yang dapat diandalkan dan dekat dengan mereka.

Jika ada seorang anak yang kamu kenal mengalami kekerasan dalam rumah tangga, mungkin kamu tidak bisa menghentikan kekerasan itu, tetapi kamu bisa menjadi orang yang mendukung dan konsisten bagi mereka untuk berbicara.

Bagaimana Berbicara dengan Anak yang Terpengaruh oleh Kekerasan dalam Rumah Tangga

Sebagai orang dewasa, mungkin kita berusaha melindungi anak-anak dengan tidak membicarakan pengalaman mereka terkait kekerasan dalam rumah tangga.

Namun, apa yang kita ketahui adalah bahwa anak-anak ingin dan perlu berbicara tentang apa yang telah terjadi pada mereka.

Anak-anak yang mengalami kekerasan seringkali akan mengungkapkan bagian-bagian kecil dari kisah mereka dari waktu ke waktu, bukan langsung bercerita tentang semuanya sekaligus.

Dengan menjadi seseorang yang dapat diandalkan dan konsisten, kamu dapat menciptakan dasar bagi anak untuk berbicara denganmu ketika mereka merasa siap dan mampu melakukannya.

Baca Juga: Waspada Lowongan Bodong, Ketahui Ciri-cirinya Berikut, Biasanya Beri Tawaran Menggiurkan dan Hal-hal Ini

Cara berbicara dengan anak akan tergantung pada usia mereka dan hubunganmu dengan mereka, tetapi ada beberapa prinsip yang baik untuk diingat:

  1. Pastikan anak berada di tempat yang aman sebelum membicarakan kekhawatiran dengan mereka.
  2. Tetap tenang - mereka perlu tahu bahwa mereka bisa percaya kamu untuk tetap aman dan dapat diprediksi ketika mereka bercerita.
  3. Jangan terburu-buru agar mereka menceritakan lebih banyak, biarkan mereka berbicara dengan kecepatan mereka sendiri.
  4. Jika kamu perlu bertindak, beritahu mereka tentang rencanamu.
  5. Jangan membuat janji yang tidak dapat kamu tepati.

Tentu saja, ada batasan dalam berbicara terbuka tentang kekerasan dalam rumah tangga.

Pelaku kekerasan mungkin dengan sengaja mencegah orang tua atau anggota keluarga lain untuk membantu atau menggunakan kekerasan psikologis untuk membuat orang tua merasa tidak berdaya dalam situasi ini.

Pada akhirnya, pelaku kekerasan bertanggung jawab atas kerugian yang mereka sebabkan pada anak-anak.

Jika kamu adalah orang tua yang mengalami kekerasan dan dicegah untuk membantu anakmu, pertimbangkan apakah ada orang dewasa yang dapat memberikan dukungan bagi anak tersebut.

Ingatlah, mendukung anak-anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga adalah penting dan dapat membuat perbedaan besar dalam hidup mereka.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)