8 Tanda Kamu Jadi Korban Ghosting, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Galuh Prakasa
Sabtu 29 Juli 2023, 19:27 WIB
Ilustrasi | 8 tanda kamu diabaikan atau jadi korban ghosting. (Sumber : Pexels/Keira Burton)

Ilustrasi | 8 tanda kamu diabaikan atau jadi korban ghosting. (Sumber : Pexels/Keira Burton)

INFOSEMARANG.COM -- Tentu saja, sangat menyakitkan ketika seseorang mulai mengabaikanmu atau memutuskan hubungan tanpa penjelasan apa pun.

Apakah ada cara untuk meredakan rasa sakit itu? Tentu saja ada. Untuk itu, kamu harus waspada terhadap tanda-tanda ini agar tidak terlambat ketika seseorang mulai menghindarimu.

Di sini, kami akan membahas beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan ketika seseorang menghilang dari hidupmu, biasanya teman atau pasangan kencan.

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Seseorang Mencoba Menghindarimu?

Tidak mungkin temanmu akan mengatakan bahwa mereka telah berpindah.

Begitu juga orang yang kamu pacari tidak akan menjelaskan mengapa kalian tidak cocok atau mengapa hubungan ini tidak berhasil. Sebaliknya, mereka memilih untuk menghindarimu.

Semuanya dimulai dengan mengabaikan panggilanmu dan pesanmu, serta menghindari pertemuan atau kencan.

Kadang-kadang, mereka bahkan memutuskan hubungan tanpa penjelasan. Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa orang menghilangkan diri dari kehidupan orang lain.

Itu tergantung pada bagaimana mereka terhubung, harapan mereka, dan pilihan mereka. Terkadang, 'waktu' juga berperan dalam hal ini.

Baca Juga: Resep Laksa Singapura dengan Kuah Pedas yang Menggugah Selera

Namun, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari orang lain:

  1. Menghilang adalah hal yang normal di tengah perubahan suasana hati dan perasaan yang cepat.
  2. Tidak terasa adanya 'chemistry' dalam hubungan itu atau memang tidak pernah ada dari awal.
  3. Masalah kepercayaan diri atau emosi yang tidak stabil.
  4. Rasa tidak aman dan kehilangan rasa saling menghargai.
  5. Hanya mementingkan diri sendiri dan terlalu bangga.
  6. Memutuskan untuk mengakhiri hubungan atau persahabatan tanpa memberi tahu orang lain.
  7. Hanya untuk menghindari menyakiti perasaan orang lain dengan jujur.

Bisa jadi ini atau alasan lain, dan terkadang kamu mungkin tidak tahu mengapa mereka menghindarimu.

Namun, ada beberapa tanda yang bisa memberikan petunjuk bahwa seorang gadis atau pria sedang menghindarimu atau akan melakukannya.

Terkadang, tanda-tanda itu sudah ada, tetapi kamu gagal mengenali mereka. Kenali tanda-tandanya saat mereka muncul agar kamu tidak bingung, terjebak, atau terluka.

Baca Juga: Nekat Bawa Durian ke Kamar Hotel, Wisatawan Ini Nyaris Kena Denda Senilai Jutaan

8 Tanda Seseorang Menghindarimu (Mungkin Teman atau Pasanganmu)

Apakah ada perubahan mendadak dalam koneksi atau cara dia memperlakukanmu? Jika kamu merasa bahwa seorang teman atau pacar sedang menghindarimu, kamu perlu memperhatikan tanda-tanda menghilangnya seseorang.

Mungkin hal itu akan terjadi padamu.

Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat melepaskan rasa sakit daripada berharap untuk berhubungan kembali suatu hari dengan orang yang sama.

1. Ketika seseorang menjadi sangat tertutup hanya di sekitarmu.

Merasa curiga tentang perilaku salah satu temanmu? Perubahan ini hanya terjadi di sekitarmu, tidak kepada orang lain.

Ketika kamu tidak ada, mereka bersenang-senang dengan teman-teman atau rekan mereka. Namun begitu kamu muncul, mereka berhenti tersenyum atau terus menurunkanmu.

Atau mungkin mereka telah banyak bertanya tentang hal-hal pribadimu. Namun ketika kamu bertanya kepada mereka, mereka menghindar atau mengubah topik pembicaraan.

Perilaku seperti ini bisa menjadi tanda bahwa mereka menghindarimu karena iri atau tidak percaya diri terhadapmu.

2. Ketika mereka membatasi interaksi online atau sosial.

Sebelumnya, kamu memiliki hubungan yang menyenangkan satu sama lain. Tetapi tidak lagi.

Tiba-tiba mereka membatasi setiap bentuk interaksi denganmu dan kamu tidak tahu mengapa. Mulai dari unfollow di media sosial atau tidak mencocokkan di situs kencan.

Ketika bertemu secara langsung, mereka juga mulai mengabaikanmu atau mencoba menjauh darimu.

Blokir di (semua) media sosial, tidak pernah menjawab panggilanmu, atau membatalkan kencan adalah tanda-tanda utama seseorang menghilang yang menunjukkan bahwa mereka tidak lagi ingin berhubungan denganmu.

Baca Juga: Apa Arti Hukum Adat Pati Nyawa Suku Dayak? Bakal Ditempuh Keluarga Bripda Ignatius, Korban Polisi tembak Polisi

3. Ketika seseorang tidak menunjukkan perhatian untukmu.

Beberapa hari terakhir, mereka tidak hanya tidak tertarik lagi, tetapi juga tidak menunjukkan perhatian sedikit pun padamu.

Mungkin mereka sedang mengalami masalah dalam hidup mereka atau menghadapi masa-masa sulit. Biarkan waktu menyembuhkan luka mereka.

Tetapi, itu tidak terjadi. Sebaliknya, semuanya semakin buruk, terutama dalam hidupmu. Setiap hal kecil yang mereka nikmati tentangmu, sekarang mereka anggap mengganggu.

Sekarang, mereka tidak memberimu tanda perhatian khusus, menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki rasa hormat atau perhatian padamu, yang merupakan tanda-tanda seseorang sedang menghindarimu, mungkin perasaan mereka telah berubah.

4. Ketika seseorang terus-menerus mengabaikanmu.

Itu jelas dilakukan dengan tujuan. Itu saja yang mereka miliki untukmu. Mungkin kamu pernah memiliki kencan pertama yang menyenangkan, dan semuanya berjalan baik.

Namun kemudian, perilaku mereka berubah. Tidak lagi menarik atau menarik seperti beberapa hari sebelumnya.

Mungkin mereka bosan atau merasa tidak ada gunanya melanjutkan hubungan.

Dari tidak memberi balasan yang menyenangkan hingga menghindari kontak mata ketika bertemu secara langsung adalah tanda-tanda bahwa seseorang sedang menghindarimu.

Baca Juga: Bupati Banyumas Pilih Jalur Diskresi Tutup Permanen Tambang Emas Ilegal di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang

5. Ketika seseorang masih marah padamu.

Mungkin kamu terlalu jujur atau tidak menerima kesalahanmu. Mereka menghindarimu karena marah dan merasa "tidak dalam mood".

Padahal sebelumnya, mereka lebih suka menghubungimu ketika mereka sedang marah atau bosan. Sekarang, ada sesuatu tentang dirimu yang membuat mereka kesal.

Baik teman atau anggota keluarga marah karena sesuatu karena mereka mencoba meyakinkanmu, tetapi kamu tidak mengerti.

Dalam banyak kasus, mereka berhenti berbicara dan mengabaikan segala bentuk interaksi denganmu sementara kamu terus mengirim pesan kepada mereka terlalu sering.

Ini bisa menjadi tanda perlakuan dingin karena kamu tidak menurunkan ego.

Permasalahan ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan meminta maaf secara sederhana, tetapi kamu tidak mengambil inisiatif untuk melakukannya.

6. Ketika seseorang selalu membatalkan atau menghindari pertemuan atau kencan.

Mungkin teman yang selalu membatalkan pada menit terakhir. Atau pacar yang menghindari pertemuan lebih lanjut.

Tidak masalah sibuk dan memiliki prioritas lain dalam hidup. Seseorang yang peduli dan mencintaimu akan tetap menyempatkan waktu untuk bersamamu.

Tidak ada kegembiraan dan jelas mengabaikan pembicaraan tentang kencan di masa depan, menunjukkan bahwa tidak akan ada kencan kedua atau ketiga.

Ketika mereka hanya menunjukkan alasan tapi tidak pernah meminta maaf atas kencan atau pertemuan yang dibatalkan, itu adalah tanda-tanda di ghosting, mereka sama sekali tidak tertarik padamu.

Baca Juga: Kronologi Polisi Tembak Polisi di Rusun Polri Cikeas Disebut Akibat Kelalaian, Densus 88: Senjata dari Tas

7. Ketika percakapan tidak lagi sama.

Seiring berjalannya waktu, hubungan dan koneksi menjadi lebih dalam, tetapi tidak selalu begitu.

Terkadang, semuanya menjadi lebih jelas seiring berjalannya waktu, dan seseorang menyadari bahwa tidak ada harapan untuk masa depan.

Bukan hanya perasaanmu, tetapi juga cara kamu terhubung yang berubah. Dulu, koneksi kalian sangat positif dan menarik dari kedua belah pihak. Sekarang, rasanya lebih sepihak dan terpaksa.

Lebih dari itu, ketika kamu menyadari bahwa hanya kamu yang memulai percakapan dan mereka yang mengakhiri setiap kali, itu adalah tanda bahwa dia sedang menghindarimu.

8. Ketika balasan seseorang datar dan tidak menarik.

Ketika kamu sibuk, di kantor, atau harus menjaga formalitas, satu pesan teks atau emoji sudah cukup. Seseorang yang benar-benar tertarik padamu akan menunjukkan energi dan getaran yang sama seperti yang kamu tunjukkan.

Dengan bertanya pertanyaan yang tepat dan menunjukkan antusiasme, mereka memberikan kontribusi nyata pada percakapan. Namun, di sini, terlihat bahwa mereka tidak memprioritaskanmu di atas segala hal.

Tidak peduli seberapa panjang atau penting pesan yang kamu kirim, balasannya akan selalu berupa emoji atau satu kata seperti... 'keren', 'baik', 'oke', atau hanya 'k'.

Bahkan balasan itu kamu dapatkan empat atau lima jam kemudian, yang merupakan tanda-tanda jelas bahwa seseorang sedang menghindarimu dan tidak memiliki minat nyata pada percakapanmu.

Baca Juga: Basarnas Terjunkan Tim Elit Evakuasi Penambang Emas di Banyumas, Evakuasi Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Seseorang Menghindarimu?

Dihantui seseorang dan ditolak- keduanya menyakitkan. Dalam beberapa kasus, bahkan yang menghilang pun merasa tidak enak karena harus keras pada seseorang yang pernah mereka habiskan waktu bersama.

Namun, mereka melakukannya karena situasi, masa depan, atau standar mereka.

Dalam semua kasus, jika kamu dapat mengaitkan sebagian besar tanda-tanda yang dibahas dengan hubungan atau koneksimu saat ini, itu berarti kamu sedang dihantui.

Hal baiknya, kamu tahu hal ini sebelum kamu bingung atau merasa terluka oleh mereka. Ketika seseorang menghindarimu dan kamu mengetahui alasannya, lakukan beberapa hal yang tepat untuk dirimu sendiri.

Jangan panik, jangan bingung. Lakukan hal berikut:

  1. Pertimbangkan apakah baru-baru ini kamu melakukan sesuatu yang salah. Jika ya, maka mintalah maaf atau sampaikan penyesalanmu pada mereka.

  2. Coba hubungi mereka satu kali terakhir dan ketahui apa yang terjadi.

  3. Jangan menghubungi mereka lagi jika mereka terus menghindarimu.

  4. Saatnya merenungkan hidupmu dan melangkah maju.

  5. Fokuslah pada dirimu sendiri, kembangkan keterampilanmu, dan pelajari sesuatu ketika punya waktu luang.

  6. Ambil pelajaran penting dari pengalaman itu.

  7. Jangan menyalahkan dirimu sendiri atas siapa dirimu.

  8. Istirahatlah dari setiap hubungan dan luangkan waktu untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: Ikut Lomba Masak Nasi Goreng Khas Mbak Ita? Perhatikan Panduan 'Isi Piringku' dan 'Urban Farming' Biar Menang

Apakah itu teman terbaikmu, seorang gadis/pria yang kamu sukai, atau seseorang yang baru saja kamu mulai berkencan. Ketika seseorang menghilang dari kehidupanmu, sulit untuk melewatinya.

Namun, ketika seseorang mengabaikanmu dan tidak menunjukkan minat untuk menghubungi kamu, terimalah itu sebagai kenyataan.

Tidak semuanya harus sesuai dengan keinginanmu. Terkadang kamu perlu berubah sesuai situasi dan orang-orang di sekitarmu.

Jangan membebani dirimu sendiri, jangan menyalahkan dirimu sendiri. Kamu baik-baik saja.

Ketika kamu melihat tanda-tanda awal bahwa seseorang sedang menghindarimu, mintalah maaf jika kamu pernah menyakiti perasaan mereka.

Tapi, jika itu tidak ada hubungannya denganmu, dan jika mereka tidak menunjukkanmu rasa hormat dan perhatian yang sama, mungkin saatnya untuk melangkah maju.

Karena pada akhirnya, lebih baik berada di sekitar seseorang yang tepat. 'Seseorang' yang membuatmu merasa percaya diri daripada membuatmu bingung.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)