Tanda-tanda Kamu Terjebak dalam Pekerjaan atau Karier yang Salah

Ilustrasi | 11 tanda kamu terjebak dalam karier yang salah. (Sumber : Pexels/energepic.com)

INFOSEMARANG.COM -- Memilih pekerjaan yang salah mungkin saja terjadi. Tetapi terjebak dalam karier yang salah adalah keputusan yang buruk.

Bila suatu pekerjaan tidak lagi memberi kontribusi pada hidupmu atau tidak cocok dengan dirimu, tidak perlu bertahan di sana.

Seringkali, kamu menyadari bahwa pekerjaan, profesi, atau karier ini bukanlah yang tepat bagimu.

Namun, karena kamu sudah terlalu jauh dan telah menjadi bagian dari hidupmu, tidak ada cara bagi kamu untuk maju dalam pekerjaan atau profesi tersebut.

Tanda-tanda Kamu Terjebak dalam Karier yang Salah

1. Tak Ada Hal Baru yang Dapat Kamu Lakukan dalam Pekerjaan Ini

Pekerjaan ini mungkin merupakan profesi yang hebat dan benar-benar menantang. Karena sudah melakukannya dalam waktu yang lama, kamu sudah mencoba segalanya.

Tak ada hal baru lagi bagi kamu. Kamu sudah melakukan segalanya dalam karier ini. Merasa bosan adalah perasaan normal ketika kamu tidak memiliki hal ekstra dan menantang untuk dilakukan lagi.

Sepertinya kamu sudah menguasai sepenuhnya bidang ini. Kini, kamu mencari sesuatu yang baru, tetapi di luar bidang ini.

2. Kamu Melakukan Pekerjaan Ini Hanya untuk Gaji, Bukan Karena Passion

Ketika ada yang bertanya apa yang memotivasi kamu untuk melakukan pekerjaan ini, kamu menjawab; gaji. Satu-satunya hal yang kamu pikirkan adalah uang yang kamu dapatkan dari pekerjaan ini.

Itu sah-sah saja, tetapi meskipun kamu tahu bahwa ini hanya untuk sudut pandang penghasilan (tanpa passion atau minat), kamu membuang-buang waktu dalam pekerjaan yang salah.

Lebih tepatnya, mungkin bagi kamu untuk memulai secara perlahan di bidang yang menarik minatmu, karena ini hanya merupakan gangguan sementara.

Baca Juga: Maling HP di Stasiun Poncol Ditangkap, Ternyata Sempat Gelapkan Motor di Pati

3. Kamu Tidak Melakukan Hal yang Kamu Kuasai dengan Alami

Ini bukan jenis pekerjaan yang membuat kamu menjadi yang terbaik. Tentu saja, kamu tahu apa bakat dan keterampilanmu.

Profesi atau bidang ini tidak memungkinkan kamu untuk bekerja dalam bidang yang kamu minati.

Merasa seperti kamu membuang-buang waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak berarti bagimu. Namun, kamu tetap bertahan dalam pekerjaan yang salah ini.

4. Kamu Tidak Termotivasi untuk Mencapai Prestasi Hebat dalam Bidang Ini

Passion dan semangat adalah yang membuat kamu berusaha untuk menjadi luar biasa dalam pekerjaanmu. Tetapi kamu tidak tertarik untuk membuktikan apa pun.

Yang kamu inginkan hanyalah melakukan apa yang selalu kamu lakukan, sekadar cukup. Mungkin kamu merasa santai untuk melakukan pekerjaan di mana kamu tidak harus melakukan banyak hal.

Kamu juga seharusnya memeriksa bahwa kamu bisa melakukan lebih banyak, tetapi tidak bisa, artinya kamu berada dalam karier yang salah dan tidak menggunakan kemampuanmu untuk tujuan yang tepat.

5. Kamu Tidak Mendapatkan Pengakuan atau Promosi atas Usahamu

Setelah cukup bekerja keras untuk perusahaan, kamu tidak mendapatkan promosi.

Mungkin kamu berada di perusahaan yang salah atau memiliki manajemen buruk yang tidak tahu bagaimana menghargai karyawan mereka.

Di sisi lain, jika kamu bekerja dalam profesi, usahamu tidak menghasilkan cukup hasil. Mungkin kamu mengarahkan usahamu ke arah yang salah atau strategimu memerlukan perbaikan.

Baca Juga: Lomba Masak Nasi Goreng khas Mbak Ita Sempat Tuai Cibiran, Begini Pesan Wali Kota Semarang

6. Lingkungan Kerjamu Tidak Menarik atau Penuh Semangat Seperti Passionmu

Tidak peduli seberapa bersemangat atau antusias kamu terhadap profesi ini, jika lingkungan tidak mendukungmu, kamu akan menjadi seperti mereka.

Entah bosmu tidak mendukungmu atau rekan kerjamu cenderung menghindari pekerjaan, kamu tidak akan belajar hal yang benar dari mereka.

Justru mereka yang mengejek passion-mu dan menahanmu untuk bekerja terlalu keras. Ini sudah cukup menjadi tanda bahwa kamu terjebak dalam pekerjaan yang salah, meskipun dalam bidang yang tepat.

7. Kamu Tidak Berkembang Secara Profesional dengan Pekerjaan Ini

Setelah bekerja dalam bidang ini selama begitu banyak tahun, seharusnya ini menjadi keahlianmu sekarang. Entah ini masih pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapa pun atau bidangmu tidak berkembang.

Kamu mungkin juga menyadari bahwa keterampilan dan gaji kamu tidak meningkat sebanyak yang seharusnya. Dibandingkan dengan tren pasar, skala pembayaranmu saat ini masih kurang.

Kamu sekarang terlalu nyaman dengan peran ini, kamu menghindari melakukan lebih banyak, dan kamu terjebak di sini.

8. Kamu Tidak Menganggap Pekerjaanmu Serius

Karena ini bukanlah passion-mu dan bidang ini tidak menarik minatmu, kamu tidak peduli dengan pekerjaanmu. Dalam karier yang tepat, kamu ingin memberi dampak, dan karena itu, kamu memperhatikan detail-detail penting.

Tetapi ketika kamu berada dalam karier yang salah, kamu cenderung kurang peduli apakah pekerjaanmu memberikan dampak atau tidak. Kamu hanya melakukannya semata-mata untuk tujuanmu sendiri.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Pasar Projo Ambarawa: 1 Orang Tewas Terlindas Truk, 1 Orang Luka di Kaki

9. Kamu Ingin Mengganti Pekerjaan Tetapi Tidak Bisa

Ketika bekerja, tiba-tiba kamu mempertimbangkan untuk mengganti pekerjaan, tetapi saat melihat sejauh mana kamu telah mencapai, kamu meninggalkan ide tersebut.

Rasanya tidak nyaman untuk memulai dari awal.

Mungkin kamu takut dengan ketidakpastian atau mungkin khawatir bahwa kamu tidak akan menemukan tempat kerja baru yang nyaman seperti yang telah kamu miliki sebelumnya.

10. Kamu Tidak Tertarik untuk Belajar atau Melakukan Sesuatu yang Ekstra

Didorong oleh passion dan minat kariermu, kamu belajar setiap hari. Kebersemangatanmu terhadap bidangmu menginspirasi kamu untuk tampil lebih baik.

Dalam pekerjaan ini, kamu tidak perlu melakukan apa pun secara ekstra, tapi hanya cukup untuk menjalankannya.

Kamu merasa nyaman dengan hanya melakukan apa yang selalu kamu lakukan dan tidak mencari cara untuk melakukan sesuatu yang ekstra yang dapat meningkatkan kemajuanmu.

Ini berarti kamu berada dalam karier yang salah karena hal ini membuatmu rata-rata.

11. Kamu Hanya Bahagia di Akhir Pekan

Dengan begitu, kamu hidup untuk akhir pekan dan tidak memikirkan apa pun selain liburan. Setiap orang menyukai hari libur, itu fakta.

Namun, ketika kamu tidak merasa antusias tentang kehidupan kerjamu dan hari-hari liburanmu pun tidak menyenangkan, ada sesuatu yang hilang.

Baca Juga: Mobil Pribadi Dilarang Pakai Lampu Strobo atau Sirine, Satlantas Polrestabes Semarang Bakal Tindak Tegas

Saat Kamu Mengetahui Kamu Terjebak dalam Pekerjaan, Karier, atau Profesi yang Salah

Kamu dapat menggunakan tanda-tanda di atas untuk menentukan apakah kamu terjebak karier yang salah. Hal ini juga mencakup bos yang tidak tepat atau lingkungan kerja yang tidak sesuai.

Jika hal itu terjadi, maka kamu dapat menyesuaikan diri dan tetap fokus dengan panduan dari atasanmu sendiri. Semoga saja, kamu bisa mendapatkan lingkungan yang tepat untuk melepaskan diri dan melakukan yang terbaik.

Di sisi lain, jika kamu terjebak dalam karier yang salah dan karena alasan apa pun kamu tidak melihat solusi, sangat penting bagi kamu untuk bertindak.

Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih pekerjaan di tempat yang kondisinya lebih fleksibel, yang akan memungkinkan kamu mengatur gaya hidup baru.

Terutama ketika memulai karier, sebaiknya kamu menemukannya sejak dini, karena di sini kamu dapat memulai dari awal sepenuhnya.

Tidak ada profesi atau bidang yang sempurna sampai kamu menemukan yang tepat yang membuatmu bersemangat setiap pagi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI