Benarkah Nasi Putih Bikin Berat Badan Cepat Naik? Begini Penjelasannya

nasi putih (Sumber : piexabay)

INFOSEMARANG.COM - Nasi putih menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh warga masyarakat di negara Asia Tenggara terutama Indonesia.

Kendati demikian, nasi putih tergolong dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan alias berdiet.

Banyak orang percaya, kalau nasi putih mengandung karbohidrat dan juga glukosa yang tinggi sehingga membuat tubuh seseorang susah kurus.

Baca Juga: LINK Contekan Soal Interview Perusahaan Multinasional, Dijamin Anti Nervous Pas Wawancara!

Padahal, sebenarnya kalori nasi putih dan nasi merah hanya berbeda sedikit seperti dikutip dari laman Healthline.

Per 100 gram beras merah mengandung 111 kalori sedangkan 100 gram beras putih mengandung 123 kalori.

Kendati lebih besar sedikit sebenarnya, banyak para ahli yang menyebutkan jika nasi putih tak membuat seseorang sulit turun berat badan jika dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan.

Belum ada bukti ilmiah pasti yang menyebutkan demikian, namun banyak orang memilih untuk mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsinya.

Baca Juga: Penasaran Hasil Masakan Peserta Lomba Masak Nasi Goreng Khas Mbak Ita? Cek di Sini

Meskipun begitu, memang faktanya jenis beras lainnya jauh memberikan banyak kandungan nutrisi ketimbang nasi putih dengan nilai gizi tergolong rendah.

Itu dia tadi sekilas penjelasan mengenai apakah benar nasi putih bikin naik berat badan. Kini sudah tahu lebih jelas bukan?

Akan menjadi lebih baik lagi jika konsumsi harian Anda seimbang, artinya makan nasi putih sah-sah saja selama lauk pauknya seperti protein dan serat juga seimbang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI