Biar Nggak Boros, Begini Cara Mengelola Keuangan untuk Fresh Graduate yang Harus Dipahami

Ilustrasi | Kemampuan yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Supaya sukses Terjun di Dunia Kerja (Sumber : Freepik/primagefactory)

INFOSEMARANG.COM - Sebagai fresh graduate tentu rasanya bangga dan menyenangkan sebab lega sudah tak memiliki tanggungan lagi untuk mengerjakan tugas dari dosen.

Kendati demikian, tantangan baru lain yang sebenarnya justru baru dimulai termasuk perihal mengelola keuangan.

Seperti kita ketahui, tidak semua fresh graduate langsung mendapatkan pekerjaan, beberapa ada yang melanjutkan sekolah atau menjalani aktivitas sebagai anak magang.

Baca Juga: Wajib Apply! Cek 6 Lowongan Kerja Ramah Fresh Graduate Ini, Dijamin Nggak Nganggur Kelamaan

Kendati demikian, sebagai seorang fresh graduate ada baiknya tak kelimpungan saat mengatur keuangan agar hidup tidak boros.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan untuk fresh graduate yang tepat dan hemat? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Pentingnya tabungan

Kendati terdengar sederhana, kebiasaan menabung biasanya sulit dilakukan. Apalagi jika kamu fresh graduate langsung berpenghasilan, biasanya di awal kebiasaan boros akan muncul sehingga sulit rasanya untuk menabung.

Baca Juga: Fresh Graduate Merapat! Ini 5 Tips Sukses Diterima Kerja di Perusahaan Impianmu

Tak harus banyak-banyak, sebenarnya menabung bisa kalian sisihkan dari uang saku atau gaji sedikit demi sedikit.

Tabungan ini nantinya akan bermanfaat saat darurat atau mendesak, sehingga bisa mulai dilakukan sedikit demi sedikit terlebih dahulu asalkan rutin.

Kendati belum berkeluarga, tidak ada salahnya menyisihkan sedikit keuangan untuk tabungan di masa depan.

2. Uang pokok

Baca Juga: 11 Kemampuan yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Supaya Sukses Terjun di Dunia Kerja

Dikutip dari laman Her Campus, ada baiknya kalian mulai mencatat pengeluaran dan pendapatan dalam sebulan atau jika memungkinkan bisa juga harian.

Kendati belum mendapatkan pekerjaan, mencatat pengeluaran atau uang pokok menjadi penting agar lebih bijak dalam membelanjakan segala sesuatunya.

3. Jangan habiskan gaji dalam satu waktu

Godaan untuk berbelanja banyak hal tentu banyak dialami oleh fresh graduate yang baru saja menerima gaji pertama dari pekerjaan mereka.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2023 Dibuka September, Khusus Fresh Graduate Kualifikasinya Gak Main-main!

Self reward bukan menjadi masalah asal tidak kebablasan dan menjadi sangat boros. Bijaklah dalam mengatur keuangan, sebab seiring berjalannya waktu kebutuhan pasti akan bertambah.

Jangan sampai satu kali gaji didapat langsung habis seketika, coba untuk perlahan merinci sejumlah hal penting terlebih dahulu.

Nah, itu dia tadi beberapa cara mengelola uang untuk fresh fraduate yang bisa dilakukan agar hidup lebih

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI