Baru Pertama Kali Merantau? Simak Tips Atasi Homesick untuk Mahasiswa Baru Berikut Ini

Ilustasi mahasiswa baru (Sumber : pixabay.com)

INFOSEMARANG.COM - Mahasiswa baru mungkin banyak yang memutuskan melanjutkan jenjang pendidikan mereka ke sejumlah daerah lain atau bisa kita kenal pula dengan istilah merantau.

Tak jarang, mahasiswa baru yang belum terbiasa merantau tentu akan cepat merasakan homesick atau rindu kampung halaman mereka.

Dalam kondisi merantau, mahasiswa baru dituntut harus bisa mengatur segala sesuatunya, dan jauh dari keluarga hingga sahabat lama.

Baca Juga: Mulai Rp2 Jutaan, Inilah 7 Rekomendasi Laptop Bagi Mahasiswa

Wajar rasanya jika di awal banyak mahasiswa baru merasa kesepian. Belum lagi mahasiswa baru harus beradaptasi tak hanya dengan lingkungan melainkan teman-teman serta lingkup pergaulan.

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, tips atasi homesick untuk mahasiswa baru.

- Tetap beri kabar keluarga

Merantau ada yang menurut sebagian orang sulit dan mudah, kendati demikian coba untuk tetap kabari keluarga di kampung halaman secara rutin guna melepas rindu.

Baca Juga: GRATIS! Ini 3 Website Untuk Review Jurnal Buat Mahasiswa, Dijamin Auto Sat Set Bikin Tugas Dari Dosen Pakai Ini

Coba untuk rutin memberi kabar kepada kedua orang tua, atau mungkin beberapa bulan sekali jika memungkinkan kalian bisa pulang ke kampung halaman sejenak.

- Ikut kepanitiaan atau organisasi

Komunitas, organisasi atau kepanitiaan event tertentu bisa dijadikan obat atas homesick yang kalian alami.

Organisasi kemahasiswaan tentu membuka lebar pintu mereka untuk anggota baru yang hendak bergabung.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Ketahuan Mesum Saat KKN, Kampus Siap Ambil Tindakan Tegas

Dengan mengikuti kepanitiaan, organisasi atau komunitas, selain menambah teman, mahasiswa baru bisa juga mengasah hardskill serta softskill mereka.

Hal ini tentu bisa mengalihkan perhatian kalian yang rindu akan kampung halaman alias homesick.

Kendati sudah bergabung dengan komunitas atau organisasi, jangan lupa untuk tetap fokus pada kuliah ya! Jangan sampai, keasyikan mengikuti organisasi atau komunitas serta kepanitiaan membuat proses kalian belajar menjadi terlambat atau terhambat.

- Jelajahi lokasi atau tempat nongkrong di dekat daerah perkuliahan

Baca Juga: Gara-gara Bikin TikTok Begini, Mahasiswa KKN di Padang Diusir Warga!

Nah, mahasiswa baru yang hobi berjalan-jalan sebenarnya bisa mengalihkan homesick dengan menjelajah sejumlah lokasi menarik di dekat tempat perkuliahan.

Biasanya di setiap daerah memiliki tempat nongkrong atau wisata seru untuk dikunjungi. Ajak teman-teman baru untuk menjelajah agar petualanganmu sebagai mahasiswa baru yang merantau semakin seru.

Nah, itu dia tadi tips atasi homesick untuk mahasiswa baru yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI