Tiga Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Peningkatan Karier Tidak Berjalan Mulus

Ilustrasi | Tiga hal yang harus dipersiapkan jika peningkatan karier tidak berjalan mulus. (Sumber : Pexels/Kindel Media)

INFOSEMARANG.COM -- Walaupun judul-judul berita menunjukkan adanya ancaman resesi yang mengintai, para ahli belum yakin bahwa penurunan signifikan akan terjadi pada tahun-tahun mendatang.

Gelombang Pengunduran Diri diperkirakan akan terus berlanjut. Bloomberg mencatat bahwa 4,4 juta orang berhenti dari pekerjaannya hanya pada bulan April 2022.

Sekitar sepertiga dari semua pekerja mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama dalam waktu satu tahun.

Dengan memahami hal ini, saatnya merencanakan masa depan karier Anda untuk jangka pendek, terutama jika Anda melihat krisis keuangan terjadi di organisasi Anda saat ini.

Hal ini akan memerlukan eksplorasi pilihan-pilihan Anda agar dapat bersaing di dunia yang penuh ketidakpastian dan menjadi berbeda di antara tumpukan lamaran kerja yang menghantam kotak masuk para manajer perekrutan.

Menyesuaikan keterampilan yang Anda miliki dengan persyaratan posisi yang dibutuhkan sangat penting.

Berikut tiga hal yang harus dipersiapkan jika peningkatan karier tidak berjalan mulus.

Baca Juga: Ikut Lomba Voli HUT RI ke 78 di Kampung, Aksi Duta Sheila On 7 Jadi Sorotan Warganet: Mau Dong Jadi Tetangganya

1. Perluas Wawasan Anda

Jika Anda mengantisipasi bahwa perekrutan pegawai mulai melambat di sektor Anda, carilah pekerjaan di sektor dan wilayah geografis yang berbeda untuk mendiversifikasi portofolio pendapatan Anda dan meminimalkan risiko.

Sebagai contoh, jika Anda saat ini bekerja di bidang medis teknologi, keterampilan Anda tentu saja dapat dipindahkan ke industri farmasi.

2. Dapatkan Pekerjaan Sampingan

Tenaga kerja lepas terus berkembang karena semakin banyak orang yang menginginkan fleksibilitas dan kebebasan dalam pekerjaan.

Untungnya, peningkatan permintaan tenaga kerja yang fleksibel membuka peluang untuk pekerjaan sampingan yang dapat melengkapi penghasilan Anda, memungkinkan Anda bekerja tanpa harus berhenti atau mengubah pekerjaan yang Anda miliki sekarang.

Jika salah satu pekerjaan lepas Anda berakhir, Anda akan lebih mudah menemukan pengganti tanpa harus kehilangan semuanya sekaligus.

Baca Juga: Wali Kota Semarang Tanggapi soal Mutasi Ade Bhakti ex-Camat Gajahmungkur, Bukan karena Nasi Goreng?

3. Teruskan Pendidikan Anda

Tentukan keterampilan-keterampilan yang sedang tren dan bicarakan dengan departemen SDM dan pimpinan tim Anda untuk memahami bagaimana menjadi aset yang lebih berharga.

Keterampilan seperti manajemen proyek sedang naik daun karena banyak perusahaan menghadapi kendala dalam proses pengembangan dan produksi, sehingga produk-produk tidak dapat dipasarkan dengan cukup cepat.

Bahkan di saat-saat paling sulit, ada keterampilan-keterampilan yang sangat dibutuhkan.

Berinvestasi dalam pendidikan lanjutan menunjukkan bahwa Anda bersedia dan mampu belajar untuk melakukan perubahan, menjadi fleksibel, dan memperoleh wawasan bisnis yang paling dibutuhkan oleh organisasi.

Demikianlah tiga hal yang harus dipersiapkan jika peningkatan karier Anda tidak berjalan mulus. Semoga bermanfaat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI