Apa Itu One Meal a Day? Tren Diet yang Viral di TikTok, Apakah Aman untuk Dilakukan?

Ilustrasi diet. (Sumber : Shutterstock)

INFOSEMARANG.COM - One meal a day menjadi salah satu metode diet yang sedang viral di TikTok dan sejumlah media sosial seperti Instagram.

One meal a day ini menjadi salah satu metode dalam menurunkan berat badan dengan hanya satu kali makan besar saja dalam sehari.

Layaknya jendela makan, di waktu sisanya seseorang yang sedang menjalani diet OMAD atau once meal a day tersebut hanya boleh mengonsumsi minuman tanpa kalori atau air putih.

Baca Juga: Ini Jam Ngemil untuk Diet yang Terbukti Turunkan Berat Badan, Makan Basreng Boleh?

Faktanya beberapa influencer dan juga pengguna TikTok banyak yang membagikan hasil dari disiplin mereka mengikuti metode one meal a day tersebut.

Banyak manfaat yang didapatkan dari metode diet viral ini, beberapa di antaranya yakni efektif untuk menurunkan berat badan sebab jumlah kalori masuk ke dalam tubuh akan lebih terkontrol.

Tak hanya praktis dan sederhana, OMAD juga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau resistensi insulin sebab mengatur kadar gula darah menjadi lebih normal.

Dengan melakukan intermiten fasting ini, fokus, energi dan konsentrasi seseorang bisa meningkat sebab tidak merasakan lapar yang terus menerus dalam seharian.

Baca Juga: 4 Minuman yang Bagus untuk Diet Alami, Terbukti Bakar Lemak

Namun, ada baiknya sebelum melakukan diet ini konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gizi sebab kondisi tubuh masing-masing orang berbeda dan tak semuanya bisa merespons baik metode one meal a day.

Beberapa risiko yang berpotensi dialami seseorang dengan melakukan one meal a day ini beberapa di antaranya yakni membuat mudah lelah dan pusing.

Tak hanya itu saja, jika kurang cermat dan kandungan saat makan tidak seimbang serat dan proteinnya, seseorang bisa mengalami gangguan pola makan hingga kekurangan nutrisi.

Baca Juga: Tasyi Athasyia Pernah Hutang Endorse ke Olshop Selama Sebulan Gara-gara Diet

Itu dia tadi sekilas informasi mengenai diet viral one meal a day yang sedang hits di TikTok.

Ada baiknya sebelum melakukan diet ini untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada ahli gizi dan dokter ya!

Untuk artikel lain terkait diet, simak informasinya dalam artikel berjudul "Ini Jam Ngemil untuk Diet yang Terbukti Turunkan Berat Badan, Makan Basreng Boleh?," berikut ini.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI