Sering Tak Disadari, Kebiasaan Toxic Ini Bikin Teman Perlahan Menjauh dari Kamu

Ilustrasi | Kesalahan Fatal Ini Jika Ingin Sukses di Pekerjaan (Sumber : Freepik/katemangostar)

INFOSEMARANG.COM - Teman yang setiap dan mau mendengarkan keluh kesah serta menemani di setiap situasi merupakan anugerah yang tak terhingga. Berbagai cara dilakukan namun terkadang seseorang secara tak sadar melakukan kebiasaan toxic.

Ya, kebiasaan toxic yang tidak disadari ini tentu saja membuat sahabat atau teman lama-lama akan menjauh sebab perubahan sikap kita.

Lalu apa saja kebiasaan toxic yang sering tidak kita sadari dan membuat teman perlahan menjauh atau bahkan memutuskan hubungan persahabatannya dengan kita?

Baca Juga: Rekomendasi 5 Drakor dengan Cerita Kehidupan yang Relate Banget! Tentang Keluarga, Teman dan Karir. Ada Reply 1988

1. Kerap mengingkari janji

Tak jarang rencana yang sudah disusun sejak lama terpaksa dibatalkan sebab ada situasi mendesak.

Kendati demikian, jangan menjadi orang yang terlalu sering membatalkan janji sebab teman kita juga sudah berusaha berkomintmen dengan meluangkan waktu lo.

Hal ini menjadi tanda red flag pertemanan jika terus menerus kamu lakukan akan membuat sahabat atau teman kalian merasa diabaikan hingga disepelekan. Cobalah untuk konsisten.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu 'Red Flag Relationship' dan Tanda-tandanya, Termasuk Membuat Jarak dengan Teman dan Keluarga

2. Sibuk menyombongkan diri sendiri

Saat bersama teman jadilah pendengar dan juga pencerita yang baik serta memiliki empati.

Dengan bergantian bercerita, tentu akan menambah keakraban di antara kalian, serta mendekatkan satu sama lain.

Janga melulu menceritakan kisah hidup sendiri sebab hal ini akan membuat teman kalian merasa tidak dihargai hingga akhirnya menjauh. Pertemanan tak hanya melulu tentang kamu bukan?

Baca Juga: Viral Mahasiswa ITB Tuliskan Kontribusi Teman Sekelompok di Makalah, Ada yang Tak Bantu Buat Tugas

3. Bermuka dua

Membicarakan seseorang atau bergosip memang terdengar seru dilakukan bersama teman dekat. Namun sebenarnya, jika sering melakukan hal ini teman-teman akan menjauh dari kita dan merasal tidak nyaman lo.

Apalagi, jika kamu bersifat muka dua di mana membicarakan kejelekan temanmu kepada teman lain dan melakukan sebaliknya. Selain tidak ada untungnya hal ini bisa memperkeruh hubungan pertemanan kalian.

Baca Juga: Tips Sukses Terjun ke Dunia Bisnis Tanpa Gelar Manajemen, Anda Juga Bisa Jadi Pengusaha!

4. Sering pamer

Mengunggah sejumlah kegiatan di media sosial bukan hal salah, namun tidak semua hal harus sesering mungkin untuk dibagikan.

Coba pertimbangkan perasaan orang lain termasuk teman kita sendiri yang mungkin sedang kesulitan saat kamu sedang bersenang-senang.

Oleh karenannya unggah kehidupanmu sewajar mungkin alias jangan terlalu berlebihan sebab berpotensi merusak hubungan pertemanan kalian.

Itu dia tadi kebiasaan toxic yang bisa memperburuk hubungan pertemanan kalian. Coba untuk intens berhubungan dengan tetap saling bergantian menjadi pendengar yang baik agar hubungan persahabatan terjaga.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI