Renatta Moeloek Sakitnya Kambuh Gegara Kualitas Udara Jakarta Buruk, Bagaimana Mengatasi Alergi Agar Tak Semakin Parah?

Renatta Moeloek (Sumber : Instagram/@renattamoeloek)

INFOSEMARANG - Renatta Moeloek belum lama ini blak-blakan mengatakan jika sakit yang dideritanya kambuh akibat kualitas udara Jakarta buruk.

Renatta Moeloek yang dikenal berprofesi sebagai chef selebritis tersebut mengatakan jika dirinya memiliki riwayat sinus dan allergic rhinitis.

Tak perlu melakukan check-up, sebab udara Jakarta buruk ia dapat dengan cepat mengetahui alerginya tengah kambuh.

Baca Juga: Makan Daging Ayam Terlalu Sering Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan, Apa Saja Efek Sampingnya?

Sebagai informasi rhinitis merupakan alergi di mana pada membran hidung terjadi peradangan atau reaksi berlebih dari sistem kekebalan tubuh terhadap pemicu.

Tak hanya bersin-bersin, seseorang yang mengalami alergi ini akan mengalami hidung tersumbat, bengkak di area mata, hingga mata menjadi kemerahan.

"Tiap ada gejala-gejala, saya cek (udara) dan benar," cuit Renatta Moeloek melalui akun Twitternya.

Renatta Moeloek juga sempat mengunggah tangkapan layar indeks kualitas udara di area Kebon Jeruk pada 8 Agustus 2023 kemarin.

Baca Juga: Gelombang Panas Berdampak Buruk Pada Kesehatan Manusia, Apa Tandanya?

Terlihat bahwa wilayah Jakarta Barat indeks kualitas udaranya menyentuh angka tidak sehat yakni pada level 202.

Tidak sedikit warganet lain yang mengalami alergi serupa dengan gejala lebih parah, mulai dari wajah bengkak, hingga tenggorokan radang terasa layaknya disayat.

Cara meredakan alergi rhinitis

1. Menggunakan semprotan hidung atau tetes mata untuk meredakan alergi, namun perlu diingat hal ini hanya disarankan dipakai untuk jarak pendek saja.

2. Pastikan sirkulasi udara di rumah baik, jika memang polusi udaranya seberat Jakarta, usahakan untuk memasang air purifier agar udara tetap bersih dalam hunian.

3. Konsumsi obat Antihistamin jika alergi tak kunjung reda dan mengganggu, dengan demikian alergi akan sedikit lebih terkendali.

Baca Juga: 7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi Rutin untuk Penderita Diabetes

Di apotek terdapat beberapa obat antihistamin yang dapat diperoleh tanpa harus menyertakan resep dokter.

4. Usahakan untuk menghindari alergen seperti debu, jika kamu tinggal di Jakarta ketika meninggalkan rumah atau berkendara usahakan untuk tetap mengenakan masker agar alergi tidak semakin parah.

Itu dia tadi sekilas kabar dari Chef Renatta Moeloek yang sakit alerginya kambuh gara-gara kualitas udara di Jakarta memburuk.

Untuk informasi kesehatan lain, dapat kalian peroleh salah satunya dari artikel berjudul "Makan Daging Ayam Terlalu Sering Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan, Apa Saja Efek Sampingnya?," berikut ini.

 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI