Mengenal Mupus Braen Blambangan, Pakaian Adat Banyuwangi yang Terpilih di HUT RI ke 78

Mupus Braen Blambangan, pakaian adat Banyuwangi yang menjadi salah satu pemenang di HUT RI ke 78 (Sumber : Instagram @banyuwangi.tourism.)

INFOSEMARANG.COM - Mupus Braen Blambangan merupakan salah satu pakaian adat khas Banyuwangi, yang kemarin (17/8/2023) terpilih menjadi salah satu baju adat terbaik di peringatan HUT RI ke 78.

Bertempat di Istana Negara, ternyata sepasang pakaian adat yang dikenakan oleh seorang warga Banyuwangi, Kohar dan istrinya merupakan busana sepasang pengantin.

Diketahui keduanya menempuh perjalanan panjang dari Srono, Banyuwangi, Jawa Timur untuk mengikuti peringatan tersebut.

Baca Juga: Akhirnya Menteri Basuki Hadimuljono Beberkan Alasan Singkap Baju Erick Tohir Saat Upacara di Istana

"Bangga! Banyuwangi kembali mengharumkan Istana Merdeka. Busana Pengantin Mupus Braen Blambangan asal Banyuwangi menjadi salah satu busana terbaik pilihan Presiden Republik Indonesia pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 78.Merdeka!!!!!," tulis admin akun @banyuwangi_tourism.

Dikutip dari akun Instagram @banyuwangi_tourism, ternyata baju pengantin Mupus Braen Blambangan dari Banyuwangi ini memiliki arti dan makna tersendiri.

Disebutkan bahwa Mupus Braen Blambangan ini dipercaya oleh warga asli Banyuwangi memiliki elemen spiritual dan elemen tradisional di dalamnya.

Baca Juga: Ini Makna Baju Daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng yang Dikenakan Presiden Jokowi, Biasa Dikenakan Oleh Raja dari Keraton

Belum lagi Mupus Blambangan ini disebut punya arti membuat wajah pengantinnya dalam bahasa Jawa menjadi cantik.

"Banyuwangiku keren banget," ungkap salah seorang warganet.

"Wow keren banget Pak Kohar dan istri," imbuh warganet lain.

Baca Juga: Ikut Upacara Bendera di Istana Negara, Cincin di Jari Nicholas Saputra Bikin Publik Galau

"Selamat utk Banyuwangi. Selain promosi Pariwisata, harus lbh gencar lg perkenalkan busana adatnya, spya makin dikenal. Penampilan Farel thn kemarin serta busana & udeng yg dipake udh mengangkat Banyuwangi," timpal warganet lainnya.

Untuk informasi dan berita menarik lainnya seputar perayaan HUT RI ke 78 kemarin di Istana Merdeka, Anda bisa klik salah satu judulnya berikut ini Momen Sepatu Pembawa Baki Bendera Pusaka, Lilly Indriani Terlepas Saat Upacara di Istana Negara, Tetap Tuntaskan Tugas

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI