10 Keterampilan Digital yang Bisa Membuat Mahasiswa Langsung Bekerja di Tahun 2023

Galuh Prakasa
Kamis 24 Agustus 2023, 07:05 WIB
Ilustrasi | 10 keterampilan digital yang bisa membuat Mahasiswa langsung diterima bekerja. (Sumber : Pexels/Pavel Danilyuk)

Ilustrasi | 10 keterampilan digital yang bisa membuat Mahasiswa langsung diterima bekerja. (Sumber : Pexels/Pavel Danilyuk)

INFOSEMARANG.COM -- Dalam dekade terakhir, perusahaan di berbagai industri telah mendigitalkan operasi dan proses mereka.

Bahkan saat ini, bisnis sedang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memperlancar alur kerja dan rantai pasokan.

Akibatnya, para pencari kerja saat ini memerlukan keterampilan khusus untuk membantu mereka keluar dari kerumunan.

Baca Juga: Dishub Kota Semarang: Traffic Cone Meleyot di Jalan Sultan Agung Sering Ditabrak, Pengendara Kabur

Beberapa perguruan tinggi, universitas, dan penyedia pelatihan telah memodifikasi atau memperluas kurikulum mereka untuk memenuhi permintaan yang meningkat akan pengetahuan digital.

Banyak pendidik yang berjuang untuk menyediakan keterampilan penting yang dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Dalam artikel ini akan diulas 10 keterampilan digital yang dapat membuat Mahasiswa bisa langsung mendapatkan pekerjaan.

Apa itu Keterampilan Digital?

Saat semakin banyak orang pergi online untuk mencari informasi dan melakukan pembelian, perusahaan-perusahaan dari mikro hingga perusahaan besar memerlukan orang-orang yang tahu bagaimana cara mengoperasikan, mempromosikan, dan berkomunikasi secara online.

Keterampilan digital sangat penting bagi bisnis di berbagai industri yang ingin meningkatkan kesadaran merek, menawarkan layanan pelanggan sosial yang baik, menghasilkan prospek, dan meningkatkan pendapatan.

Definisi keterampilan digital adalah 'sejumlah kemampuan untuk menggunakan perangkat digital, aplikasi komunikasi, dan jaringan untuk mengakses dan mengelola informasi. Memungkinkan orang untuk membuat dan berbagi konten digital, berkomunikasi dan berkolaborasi, serta memecahkan masalah untuk pemenuhan diri yang efektif dan kreatif dalam kehidupan, pembelajaran, pekerjaan, dan aktivitas sosial.'

Mahasiswa yang mempelajari keterampilan digital tidak hanya membuat diri mereka lebih cepat dipekerjakan tetapi juga menjaga karier mereka agar tetap relevan dengan memahami perkembangan dunia digital.

Mari kita bahas lebih lanjut untuk mengetahui apa saja 10 keterampilan yang bisa membuat Mahasiswa bisa langsung mendapat pekerjaan.

Baca Juga: 5 Tanda Orang Egois, Si Paling Denial dan Biasanya Minim Empati

1. Media Sosial

Menurut studi terbaru, terdapat lebih dari 4,6 miliar pengguna media sosial aktif di seluruh dunia dengan rata-rata orang menggunakan 7,5 jaringan sosial setiap bulannya.

Angka-angka ini menunjukkan peningkatan 10 persen dalam jumlah pengguna sosial global hanya dalam satu tahun, dan tidak ada tanda-tanda perlambatan.

Kemampuan untuk memahami dan menggunakan media sosial dengan efektif adalah keterampilan inti dan dihargai yang harus dimiliki oleh setiap profesional.

Pemasaran media sosial lebih dari sekedar mengirimkan cuitan atau pembaruan Facebook, hal ini adalah tentang memahami hubungan dinamis antara merek, influencer, dan konsumen.

Untuk menjelaskannya secara sederhana, bisnis perlu menjangkau pelanggan dengan cara-cara yang akan mengarahkan lalu lintas ke situs web atau produk mereka untuk konversi potensial.

Kini juga memainkan peran kunci dalam menyediakan layanan pelanggan yang baik karena banyak konsumen beralih ke media sosial untuk bertanya atau memberikan komentar.

Pendidik yang mengakui pengaruh media sosial seharusnya memahami kompleksitas masing-masing platform, mulai dari pemasaran YouTube hingga TikTok, dan potensi masing-masing platform tersebut untuk memaksimalkan keterlibatan komunitas guna memberikan lulusan dengan keterampilan berharga dan relevan.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Selain dari media sosial, Pemasaran Mesin Pencari atau Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu disiplin yang paling berpengaruh bagi industri.

Untuk memberi gambaran, 81% pengguna internet mencari produk atau layanan secara online, dengan Google menyumbang 70% dari lalu lintas tersebut.

Mahasiswa yang memiliki pengalaman dalam SEM dapat meningkatkan visibilitas situs web perusahaan pada mesin pencari (misalnya, Google atau Bing), terutama melalui iklan berbayar.

Dengan melakukannya, bisnis akan menarik lalu lintas web berharga dari halaman hasil mesin pencari.

Dengan menggunakan SEM, para mahasiswa akan dapat menghasilkan lalu lintas pencarian organik yang berharga.

Itulah mengapa marketing, manajer konten, dan pengelola situs web menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimalkan situs web, terutama untuk kampanye mobile dan iklan demi memastikan tingkat konversi tertinggi yang mungkin.

Kebanyakan perusahaan berbisnis menjual produk atau layanan dan ingin menjadi lebih ditemukan secara online dibandingkan pesaing mereka.

Selama pandemi Covid-19, jumlah pelanggan yang berbelanja online mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut Statista, pada Juni 2020 terdapat hampir 22 miliar kunjungan ke situs e-commerce, naik dari 16 miliar pada Januari. Perilaku online ini tidak menunjukkan tanda-tanda perlambatan pasca Covid.

Hal ini berarti bahwa para pencari kerja dengan pengetahuan praktis tentang pemasaran pencarian akan sangat berharga bagi organisasi untuk memastikan bahwa mereka dapat ditemukan dan terlihat.

3. Data Analis

Selama Covid-19, banyak industri kembali menggunakan komunikasi massal untuk menargetkan pelanggan daripada menggunakan pemasaran presisi berbasis data.

Ini adalah sebuah kesalahan. Menurut McKinsey, sebuah perusahaan produk konsumen memprediksi bahwa permintaan produk kecantikan akan meningkat ketika orang keluar dari lockdown.

Dengan melacak pembukaan kembali dan menggunakan data, mereka fokus pada pengeluaran media mereka dan melihat peningkatan penjualan dengan dua digit.

Pelajaran yang bisa diambil? Data dapat memberikan mahasiswa Anda dengan banyak informasi yang jika digunakan dengan benar dapat menghasilkan kampanye pemasaran yang efektif yang mendorong konversi, penjualan, dan pendapatan.

Peter Drucker, seorang pemimpin dalam pendidikan manajemen dan sering digambarkan sebagai pendiri manajemen modern, berkata:

"Jika Anda tidak bisa mengukurnya, Anda tidak bisa mengelolanya."

Data Analis pada dasarnya memungkinkan para mahasiswa untuk membuat keputusan yang didasarkan pada data untuk menghasilkan wawasan bisnis yang lebih baik.

Angka-angka menentukan apakah sebuah kampanye sukses dan seberapa besar persentasenya. Kuncinya adalah mengetahui data apa yang perlu dikumpulkan dan diukur untuk meningkatkan kampanye berikutnya.

Perusahaan tidak ingin membuang uang pemasaran berharga berdasarkan tren atau insting. Ini tentang memaksimalkan efektivitas setiap kampanye dan mengoptimalkan tingkat pengembalian investasi.

Analitika berjalan beriringan dengan SEM sehingga kedua keterampilan ini bekerja bersama untuk memastikan bahwa sebuah bisnis memahami apa yang diinginkan oleh konsumen dan bagaimana cara menarik dan mempertahankan perhatian mereka.

Baca Juga: Kebakaran Bengkel Sepeda di Jalan Woltermonginsidi Genuk, Diduga Akibat Konseleting Listrik

4. Content Marketing

Konten hadir dalam berbagai bentuk, blog post, video, podcast, infografis, bahkan pembaruan status media sosial.

Marketers mungkin menghabiskan waktu mereka untuk mengoptimalkan kata kunci dan kampanye periklanan, tetapi konten masih menjadi yang terpenting.

Pada akhirnya, sebuah situs web atau halaman media sosial didorong oleh kontennya dan tanpanya, pelanggan tidak memiliki cara untuk memahami manfaat dari sebuah produk atau layanan.

Konten sangat penting dalam meningkatkan kesadaran merek dan dapat menjadikan merek atau influencer sebagai pemimpin pemikiran.

Oleh karena itu, karyawan baru harus memahami pentingnya membuat bukan hanya konten, tetapi konten yang relevan dengan penelitian kata kunci dan mengoptimalkannya dalam sebuah strategi.

Dengan pengalaman dan pengetahuan dalam pemasaran konten, para mahasiswa akan memiliki keterampilan berharga dan dapat dipekerjakan yang akan mempersiapkan mereka untuk karier di berbagai industri.

5. Email Marketing

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan dan mempertahankan prospek adalah melalui metode yang terbukti: email.

Email adalah salah satu bentuk pemasaran langsung tertua dan masih memiliki dampak besar dalam akuisisi dan retensi pelanggan.

Dari startup hingga perusahaan multinasional, strategi pemasaran melalui email yang baik membantu meluncurkan kampanye sukses.

Seorang merketer digital berpengalaman tahu bahwa setiap tahap alur harus direncanakan dengan baik.

Dari halaman pendaftaran, termasuk penempatannya di situs web, hingga email selamat datang, setiap langkah harus dioptimalkan untuk menarik pengguna dan membangun interaksi.

Orang mungkin mengubah akun media sosial atau alamat rumah mereka, tetapi mereka cenderung tidak mengubah alamat email mereka.

Itulah mengapa para profesional yang memahami kekuatan pemasaran melalui email untuk berhubungan langsung dengan konsumen sangat diminati.

Pendidik seharusnya tidak melihat email sebagai alat kuno, tetapi menantang para mahasiswa untuk memikirkan kembali cara menggunakan email dalam peran mereka, baik saat ini maupun di masa depan.

6. Mobile Marketing

Menurut laporan Digital 2021 dari We Are Social dan Hootsuite, konektivitas seluler terus berkembang, dengan 97% dari populasi dunia menggunakan ponsel seluler, dan 96% dari semua koneksi aktif berasal dari smartphone.

Karena lalu lintas melalui smartphone sekarang melebihi lalu lintas desktop (64%), indeks berbasis seluler sekarang digunakan oleh Google saat mengindeks halaman dan mengutamakan konten.

Untuk memahami dampak perubahan ini, kita hanya perlu melihat Google yang telah menciptakan aplikasi web yang ramah seluler untuk menguji ketergunaan dan kecepatan situs web seluler.

Menggunakan konten yang ramah seluler dapat meningkatkan kehadiran pencarian Anda di antara konsumen yang tidak memiliki akses ke desktop.

Para pencari kerja dapat menggunakan pengetahuan ini untuk keuntungan mereka dengan mengoptimalkan kampanye menggunakan perkembangan terbaru dalam pencarian seluler dan pengalaman pengguna.

Baca Juga: Jadwal 9 Wakil Indonesia Main di Babak Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023 Hari Ini

7. Strategi & Perencanaan

Perusahaan yang menggunakan strategi kampanye pemasaran digital kemungkinan besar akan melihat hasil yang terukur dalam jangka panjang.

Alih-alih merencanakan secara ad hoc, pemasar digital perlu membuat dan melaksanakan kampanye berdasarkan analisis dan data SEO yang dapat diukur.

Misalnya, menetapkan KPI yang spesifik dan mengidentifikasi metode untuk mengukur setiap indikator dapat membantu marketer bertanggung jawab.

Juga penting bagi mereka untuk menganalisis kampanye-kampanye masa lalu dan memutuskan metrik mana yang layak diukur.

Untuk memberi gambaran, 79% marketer senior menyatakan bahwa strategi dan perencanaan sangat penting bagi kesuksesan suatu organisasi menurut penelitian DMI, 'Perpetual Evolution'.

Meskipun begitu pentingnya, marketer menemukan bahwa keterampilan ini merupakan salah satu area yang paling sulit untuk direkrut.

Pendidik seharusnya memanfaatkan kesenjangan keterampilan ini, dengan mengajarkan kepada para mahasiswa bagaimana merencanakan dan melaksanakan strategi digital.

8. Sosial Selling

Untuk terhubung dan memengaruhi pelanggan, profesional penjualan perlu berada di tempat di mana prospek mereka berada: online.

Penjualan melalui media sosial terbukti bermanfaat bagi penjual yang menggunakannya - 65% mengandalkannya untuk mengisi daftar calon pelanggan mereka dan ini menghasilkan setengah dari pendapatan untuk 14 industri besar.

Perusahaan juga mulai memahami pentingnya penjualan melalui media sosial dengan berinvestasi dalam teknologi 'sales stack' baru seperti alat pelacakan email, aplikasi produktivitas, dan perangkat lunak intelijen penjualan.

Di atas semua, alat penjualan melalui media sosial dianggap sangat efektif dalam terhubung dengan pembeli modern, yang mengandalkan platform sosial untuk ulasan dan saran.

Sebagai bidang yang relatif baru bagi organisasi, menawarkan pelatihan yang sesuai dengan industri akan membantu setiap mahasiswa yang tertarik pada karier penjualan dan meraih kesuksesan penjualan melalui media sosial.

9. Pay-Per-Click Marketing (PPC)

Menurut Larry Kim, rata-rata tingkat konversi halaman arahan adalah 2,35%, tetapi 25% teratas mengonversi dua kali lipat dari itu, yaitu 5,21% atau lebih tinggi.

Selain itu, untuk setiap $92 yang dihabiskan untuk mendapatkan pelanggan, hanya $1 yang digunakan untuk mengonversinya.

Oleh karena itu, PPC adalah cara populer bagi merek-merek untuk mendapatkan lalu lintas dengan cepat.

Perusahaan dengan anggaran besar dapat membuat hasil pencarian mereka muncul di halaman pertama Google untuk mendapatkan lalu lintas besar.

Salah satu model iklan PPC yang populer adalah program AdWords Google dan cara yang bagus untuk memantau pengeluaran adalah dengan menggunakan pelacak PPC untuk e-commerce.

Bagi para pencari kerja yang mahir dalam digital, pemahaman tentang impresi, jangkauan, biaya per klik, dan metrik lainnya dari PPC dapat menjadi keterampilan berharga dalam membangun kampanye yang sukses.

Baca Juga: Geger! Mahasiswi Koas di Semarang Tewas dalam Kosan dengan Mulut Penuh Busa

10. Video

Video telah berkembang dari sekadar hiburan menjadi penggerak konten media sosial yang penting.

YouTube sekarang menjadi platform yang kuat dan berpengaruh, sementara jaringan seperti TikTok dan Instagram telah mengubah video menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menciptakan influencer yang sukses.

Konten berupa video lebih mudah untuk dikonsumsi dibandingkan format lain seperti blog post. Ini juga lebih menghibur dan menarik bagi Generasi Milenial.

Dengan menggabungkan daya tarik emosional dari video media sosial dengan jangkauan dan cakupan iklan digital, marketer dapat mengakses pasar konsumen yang semakin bertumbuh.

Baca Juga: Perkenalkan Kota Lama Semarang Sebagai Cagar Budaya Mbak Ita Ungkap Harapannya Ke Unesco

Anda mungkin juga tertarik membaca 12 keterampilan Digital Marketer untuk mengembangkan kariernya.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)