Resep Teh Ginastel ala Angkringan, Dijamin Bikin Teh Lebih Harum dan Pekat

Resep teh ginastel ala angkringan, teh lebih harum dan pekat. (Sumber : Cookpad)

Kini menjamur penjual es teh di berbagai tempat, namun tak semua menggunakan resep teh ginastel atau kalau di Solo disebut legi, panas dan kentel.

INFOSEMARANG.COM - Resep teh ginastel atau legi panas kentel selalu menjadi favorit teh di Jawa Tengah, khususnya di Kota Solo. Teh ginastel ini bisa ditemukan di sejumlah angkringan atau warung makan di Kota Solo dan sekitarnya.

Tak sekadar mencampurkan teh ke dalam air panas, untuk mendapatkan teh ginastel, ada resepnya loh! Jika bingung memilih merek teh, racikan teh ginastel ini bisa dibeli secara online.

Baca Juga: Resep Sourdough Starter yang Viral di Twitter dan TikTok, Harus Sabar dan Rutin Feeding 7 Hari

Kunci utamanya adalah memakai 3 merek teh serbuk yang berbeda. Di Kota Solo, campuran teh yang paling sering digunakan yakni Teh Gopek, Teh Nyapu dan Teh Sintren.

Ketiga merek ini bila dicampurkan akan mendapatkan teh yang wangi, pekat atau kental dan cita rasa sedikit sepat. favorit sejumlah orang.

Kunci lainnya untuk membuat teh ginastel adalah merebus ketiga campuran teh tersebut di air yang masih mendidih di atas kompor. Rebus hingga mendapatkan warna pekat yang diinginkan.

Tak semua orang merebus serbuk teh melainkan hanya merendam teh ke dalam air panas. Ini bisa dijadikan pilihan, namun untuk teh ginastel sebaiknya serbuk teh direbus secara bersamaan saat air mendidih di atas kompor.

Selamat mencoba!

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI