6 Persiapan sebelum Interview Pekerjaan, Pastikan Tak Terjerat Penipuan

Ilustrasi | Simak 6 persiapan interview atau wawancara kerja. (Sumber : Freepik/macrovector)

Dapat undangan wawancara kerja? Pastikan jika itu memang benar untuk interview bukan penipuan, scam dan semacamnya.

INFOSEMARANG.COM - Ada 6 hal yang harus dilakukan sebelum datang ke sebuah interview pekerjaan, pastikan undangan tersebut bukan berasal dari oknum penipuan.

Kini banyak oknum penipuan dengan kedok wawancara pekerjaan. Biasanya mereka memberi iming-iming pekerjaan yang bagus namun dengan syarat pungutan biaya dalam nominal tertentu.

Interview pekerjaan dari perusahaan justru bebas dari pungutan biaya apa pun. Jika diminta transfer sejumlah uang, tahan dan jangan pernah lakukan.

Baca Juga: Contoh Menulis Deskripsi di CV Lamaran Kerja untuk Lulusan Komunikasi, Manajemen dan Akuntansi

6 persiapan sebelum interview kerja

Survei lokasi

Penting dilakukan, selain untuk menghindari kesulitan mencari lokasi saat hari wawancara tiba, survei lokasi dilakukan untuk memastikan apakah perusahaan tersebut benar adanya. Tanyakan kepada orang sekitar apakah perusahaan tersebut memang bisa dipercaya.

Cari tahu tentang deskripsi pekerjaan

Saat melamar kerja, pastikan sudah mengetahui seluk beluk pekerjaan yang kamu pilih. Biasanya perusahaan juga akan menanyakan seputar pengalamanmu pada bidang pekerjaan tersebut.

Cari tahu gaji agar bisa negosiasi

Tak hanya sekadar soal UMK atau UMP, gaji harus lebih dulu dicari tahu agar tidak salah langkah. Hal ini agar sesuai dengan apa yang kamu kerjakan. Jika kurang sesuai, lakukan negosiasi.

Siapkan berkas

Berkas biasanya hanya opsional namun apa salahnya untuk tetap membawa berkas lamaran pekerjaan. Sekaligus jaga-jaga jika memang diperlukan.

Jangan mudah percaya undangan interview

Jangan mudah tergoda jika mendapat undangan wawancara kerja. Tingkatkan rasa waspada agar terhindar dari segala jenis penipuan.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI