Benarkah MSG Lebih Aman dari Gula Pasir? Simak Penjelasan Berikut Ini

Ilustrasi seseorang menghindari gula (Sumber : Shutterstock)

INFOSEMARANG.COM - MSG dan gula pasir merupakan beberapa bahan makanan yang memang kerap dikonsumsi oleh banyak orang sehari-hari.

Namun tahukah Anda, konsumsi MSG dan gula pasir terlalu berlebihan tentu saja dapat berbahaya bagi tubuh hingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Ada pula mitos yang menyebutkan jika sebenarnya meskipun terkesan alami, gula pasir jauh lebih berbahaya dibandingkan MSG, benarkah demikian?

Baca Juga: 10+ Jenis Makanan yang Bisa Mengurangi Bau Badan Secara Alami

Dihimpun dari laman Mayoclinic, gula pasir sendiri sebenarnya menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman.

Namun risiko obesitas, kerusakan gigi, diabetes menjadi beberapa dampak yang diakibatkan oleh gula pasir jika dikonsumsi secara berlebihan.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan gula tambahan secukupnya serta biasakan minum atau makan menggunakan pemanis alami seperti dari buah-buahan.

Bahan tambahan makanan berikutnya yakni Monosodium Glutamat atau MSG yang membuat makanan cita rasanya menjadi lebih gurih nikmat.

Baca Juga: Kritik Kualitas Makanan Posyandu, Ibu-ibu Asal Aceh Panen Pujian: Gimana Stunting Mau Dicegah Kalau Gini?

Kendati demikian, MSG sebenarnya jika dikonsumsi berlebihan juga bisa membuat seseroang mengalami masalah kesehatan seperti alergi atau sakit kepala.

Sehingga dapat diambil kesimpulan dari laman infotoss, bahwa memang gula pasir lebih berbahaya dari MSG jika dikonsumsi terlalu banyak.

Baca Juga: Kritik Kualitas Makanan Posyandu, Ibu-ibu Asal Aceh Panen Pujian: Gimana Stunting Mau Dicegah Kalau Gini?

Kuncinya adalah tetap mengonsumsi makanan seimbang empat sehat lima sempurna dan tidak berlebihan kandungan garam atau gulanya.

Meski gula dinilai lebih berbahaya, bukan berarti seseorang juga bisa menyantap makanan dengan campuran MSG berlebihan ya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI