3 Cara agar Tidak Jadi Generasi Sandwich, Bisa Dilakukan Sejak Muda!

Ilustrasi | 3 cara agar tidak jadi generasi sandwich, bisa dilakukan sejak muda! (Sumber : Freepik)

INFOSEMARANG.COM -- Saat ini, ada banyak cara agar tidak jadi generasi Sandwich yang bisa Anda lakukan. Berbagai ilmu keuangan ini harus Anda kuasai 

Generasi sandwich adalah istilah bagi orang dewasa yang harus menanggung biaya hidup 3 generasi sekaligus, yakni orang tuanya (orang tua sendiri dan mertua), dirinya (dan istri), dan anak-anaknya.

Istilah sandwich generation pertama kali diperkenalkan oleh Dorothy A. Miller, seorang profesor di University of Kentucky, pada tahun 1981.

Baca Juga: Keluar Rumah Cuma Kalau Buang Sampah, Begini Pengakuan Tetangga Ibu dan Anak di Depok

Istilah itu digunakan karena kondisinya ibarat sandwich karena orang dewasa terhimpit secara ekonomi dari atas (orang tua) dan dari bawah (keturunannya).

Faktor Penyebab Munculnya Generasi Sandwich

1. Kurangnya Perencanaan Masa Tua

Hal tersebut biasanya terjadi di negara berkembang. Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara agar bisa hidup mandiri di usia senja tanpa "bekerja" dan mengandalkan uang dari anaknya.

2. Terlambat menikah dan memiliki anak

Saat seseorang terlambat menikah dan memiliki anak, kemungkinan menjadi generasi sandwich akan lebih tinggi. Hal ini ditambah belum adanya pendapatan pasif.

Baca Juga: Uus Adu Jotos Lawan Jerinx di Bali, Sukses Bawa Pulang Sabuk Juara

3. Biaya Hidup yang Meningkat

Biaya hidup yang semakin meningkat dari berbagai segi membuat orang dewasa harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Cara agar Tidak Menjadi Generasi Sandwich

1. Memiliki Pemasukan Pasif

Contoh pemasukan pasif adalah uang yang dihasilkan tanpa harus bekerja rutin, seperti memiliki indekos, usaha yang dijalankan orang lain, dan sebagainya.

2. Merencanakan Finansial

Perencanaan ini membuat Anda lebih selektif terhadap pemasukan dan pengeluaran. Dengan demikian, Anda memiliki tabungan untuk masa tua.

3. Mengembangkan keterampilan

Anda perlu mengembangkan keterampilan demi memiliki pemasukan lebih.

Baca Juga: Jualan Nasi Pakai Mobil Alphard, Aksi Pedagang Ini Bikin Geger Warga: Orang Kaya Gabut Ya Gini

Saat ini, tidak jarang orang menggunakan berbagai platform untuk mendapatkan uang, seperti menjadi YouTuber, jualan online, dan sebagainya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI