Tips Memasak Ketupat Lebaran Supaya Pulen dan Tidak Keras

Cara memasak ketupat lebaran supaya pulen dan tidak keras (Sumber : Twitter)

INFOSEMARANG.COM - Dua hari menjelang lebaran Idul Fitri, nyaris di setiap rumah akan bersiap memasak ketupat untuk disajikan saat hari raya.

Dalam momen Idul Fitri, ketupat merupakan makanan paling khas dan wajib ada di meja makan untuk semakin menambah suasana lebaran.

Namun, tidak jarang yang gagal memasak ketupat sehingga teksturnya menjadi keras dan tidak lembut yang tentunya kurang nikmat saat disantap.

Baca Juga: Daftar Lengkap Rest Area di Tol Trans Jawa, Ada 66 Titik Lokasi

Maka dari itu, untuk membuat suasana lebaran Idul Fitri di rumah Anda menjadi lebih sempurna, berikut adalah tips memasak ketupat supaya pulen dan tidak keras.untuk membuat suasana lebaran Idul Fitri di rumah Anda menjadi lebih sempurna, berikut adalah tips memasak ketupat supaya pulen dan tidak keras

1. Gunakan beras yang tepat: Pilih beras yang cocok untuk membuat ketupat, seperti beras ketan atau beras pulut. Beras jenis ini lebih cocok untuk membuat ketupat karena mengandung lebih banyak pati, sehingga ketupat lebih pulen.

2. Gunakan air yang cukup: Pastikan Anda menggunakan air yang cukup untuk merebus ketupat. Jangan biarkan ketupat terendam dalam air yang terlalu sedikit, karena ini dapat membuat ketupat keras dan kering.

3. Gunakan api sedang: Saat merebus ketupat, pastikan Anda menggunakan api sedang. Jangan biarkan air mendidih terlalu keras, karena ini dapat membuat ketupat pecah dan tidak pulen.

Baca Juga: Sebelum Moonbin ASTRO, ini 3 Idol Kpop Tewas Karena Bunuh Diri

4. Jangan terlalu banyak mengaduk: Saat merebus ketupat, jangan terlalu sering mengaduk ketupat, karena ini dapat membuat ketupat pecah dan tidak pulen.

5. Jangan terlalu lama merebus: Jangan biarkan ketupat direbus terlalu lama, karena ini dapat membuat ketupat menjadi keras. Sebaiknya, rebus ketupat selama sekitar 2 jam saja.

6. Kukus ketupat: Selain merebus, Anda juga dapat mengukus ketupat untuk mendapatkan ketupat yang pulen. Kukus ketupat selama sekitar 1 jam atau sampai matang.

Baca Juga: Bukan Sembarang Hidangan, Ketupat dan Opor Ayam Lebaran Ternyata Punya Filosofi Mendalam Bagi Umat Islam

7. Simpan ketupat dengan benar: Setelah ketupat matang, segera angkat dan tiriskan airnya. Kemudian, simpan ketupat di tempat yang kering dan terhindar dari kelembapan agar tetap pulen dan tetap nikmat dimakan di hari kedua Idul Fitri atau setelahnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI