Pantang Dianggap Remeh, Ternyata Ini Bahaya Body Shaming yang Sering Disepelekan

Ilustrasi orang depresi gara-gara body shaming (Sumber : Unsplash/@AlexanderKrivitskiy)

INFOSEMARANG.COM - Setiap orang mungkin pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan di mana tubuh mereka diledek sebab terlalu gemuk atau kurus. Hal ini bisa digolongkan kepada tindakan body shaming.

Body shaming adalah tindakan mempermalukan, mengkritik, atau mengejek seseorang berdasarkan penampilan fisiknya. Body shaming dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, dan dapat terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda.

Kendati mungkin terdengar sepele bagi beberapa orang, faktanya bahaya body shaming ini tak boleh begitu saja diremehkan.

Baca Juga: 4 Macam Introvert yang Wajib Diketahui, Ternyata Tidak Melulu Jadi Pribadi yang Suka Menyendiri?

Lantas apa saja bahaya body shaming yang sering diremehkan oleh banyak orang?

  • Menurunkan kepercayaan diri

Korban body shaming akan cenderung merasa tidak percaya diri dan insecure akan penampilan fisiknya. Mereka mungkin merasa malu untuk tampil di depan umum atau bertemu dengan orang lain.

  • Menyebabkan gangguan makan

Body shaming dapat memicu seseorang untuk melakukan diet ekstrem atau bahkan mengalami gangguan makan, seperti anoreksia nervosa atau bulimia nervosa. Gangguan makan ini dapat berdampak serius bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Baca Juga: Imbas Website SSCASN Down, Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Diperpanjang

  • Meningkatkan risiko depresi dan kecemasan

Korban body shaming juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami depresi dan kecemasan. Mereka mungkin merasa tidak berharga dan tidak layak untuk dicintai.

  • Menyebabkan masalah kesehatan fisik

Body shaming dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Hal ini karena body shaming dapat memicu stres dan kecemasan, yang dapat mengganggu kesehatan fisik seseorang.

Baca Juga: Website SSCASN Down Semalam Bikin Panik Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Pelamar Serbu Twitter BKN

Jika mengalami Anda mengalami body shaming, ingatlah dengan tahapan berikut dan jangan berkecil hati.

1. Coba ingat bahwa diri Anda berharga
2. Fokuslah pada hal positif
3. Bicara dengan orang yang dipercaya
4. Love self atau cintai diri apa adanya dari versi terbaik Anda.

Demikian pula halnya jika orang di sekitar Anda mengalami body shaming, beri dukungan, bela orang tersebut jika perlu laporkan kepada pihak berwenang.

Baca Juga: 15 Ciri Orang Berbohong, Apakah Pasangan Kamu Melakukannya? Cek Responsnya dengan Ikuti Panduan Ini!

Body shaming adalah masalah yang serius yang dapat berdampak negatif bagi korbannya. Kita semua harus bekerja sama untuk mencegah body shaming terjadi dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua orang.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI