Fakta Jadi Anak Kedua, Kata Siapa Lebih Mandiri Anak Pertama?

Fakta tentang anak kedua yang disebut lebih mandiri dari anak pertama. (Sumber : Freepik)

Selama ini banyak yang menyimpulkan jika anak pertama selalu lebih mandiri ketimbang anak kedua atau adik-adik lainnya, buktinya anak kedua terbukti bisa lebih mandiri loh.

INFOSEMARANG.COM - Tidak ada orangtua yang tidak menyayangi dan mengasihi anak-anaknya. Tak ada orangtua yang berniat membandingkan 1 anak dengan anak lainnya.

Meski setiap anak dibesarkan di lingkungan yang sama, belum tentu anak kedua akan mendapatkan perlakuan setara dari orangtuanya. Ini juga akan menjadi pengingat bagi para orangtua menyikapi soal perhatian terhadap anak.

Urutan kelahiran anak dalam sebuah keluarga rupanya memang bisa membuat anak-anak memiliki sifat yang berlawanan satu sama lain. Misalnya anak pertama yang memiliki watak yang berkebalikan dari anak kedua.

Baca Juga: 8 Ciri Toxic Relationship, Cemburu dan Kekerasan Fisik Jadi Pertanda

Fakta tentang anak kedua

Kurang percaya diri

Hal ini karena orangtua tanpa sadar sering meminta anak kedua untuk mencontoh sang kakak. Begitu pun kepada anak pertama, orangtua kerap menekankan agar anak pertama bisa menjadi contoh untuk adik-adiknya.

Memberontak

Tidak semua anak kedua memiliki sikap seperti ini. Alasan memberontak ini karena si anak ingin mencari perhatian dari orangtuanya.

Kompetitif

Anak kedua biasanya berpikir kompetitif agar tak terkesan mudah kalah dari sang kakak. Sehingga ia akan berusaha untuk mendapat hal yang setara dengan sang kakak atau bahkan lebih baik.

Mandiri sejak kecil

Karena bisa jadi anak pertama lebih mendapat banyak perhatian, anak kedua justru terdorong untuk bersikap mandiri sehingga mereka dimungkinkan untuk lebih cepat dewasa.

Open minded

Anak kedua disebut lebih memiliki rasa empati yang tinggi dan mudah terbuka pada orang lain. Sehingga ia mudah bergaul dan mudah mendapat teman.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI