Penyebab Kita Sulit Menghapus Akun Media Sosial Seperti Facebook, Ini Penyebabnya!

Ilustrasi | Penyebab kita sulit menghapus akun media sosial. (Sumber : Pexels/cottonbro studio)

INFOSEMARANG.COM -- Media sosial seperti Facebook menuai kontroversi mengenai pelanggaran privasi dengan izin pengumpulan data pribadi kita oleh pihak lain.

Hal ini menjadi perdebatan besar yang mendorong beberapa pengguna untuk mempertimbangkan untuk meninggalkan platform ini.

Tetapi mayoritas dari lebih dari 2 miliar pengguna Facebook cenderung tetap setia.

Meski demikian, sebagian menyadari bahwa ada dampak negatif yang mungkin terjadi meskipun mereka tetap aktif di Facebook.

Dilansir dari Live Science, Penelitian selama dekade menunjukkan bahwa interaksi kita dengan media, termasuk film, televisi, dan radio, bersifat saling menguntungkan: kita menikmatinya karena mendapatkan kepuasan tertentu seperti pelarian, relaksasi, dan hiburan.

Semakin sering kita terlibat, semakin banyak manfaat yang kita peroleh.

Baca Juga: Pelamar CPNS PPPK 2023 Justru Mengeluh Waktu Pendaftaran Diperpanjang, Kenapa?

Namun, dalam dunia media online, pengguna memberikan data kepada platform agar mereka dapat menyesuaikan konten yang paling memuaskan, menggali pola perilaku, dan memenuhi kebutuhan psikologis individu.

Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, Google, dan platform interaktif lainnya tidak hanya menyediakan konten untuk konsumsi, tetapi juga memfasilitasi berbagai keinginan manusia dalam satu tempat.

Fitur interaktif di Facebook memberikan cara sederhana untuk memuaskan rasa ingin tahu, memperluas jaringan, mempromosikan citra diri, menjaga hubungan, dan mencari validasi eksternal.

Media sosial memanfaatkan sifat psikologis dan hasrat kita untuk terus terlibat, membuatnya sulit bagi pengguna untuk berhenti.

Selama menggunakan media sosial seperti Facebook, pengguna akan mendapat beberapa manfaat yang membuatnya sulit untuk ditinggalkan, seperti:

Baca Juga: Bukan Kopi! Ini 10 Minuman yang Efektif Hilangkan Rasa Ngantuk di Jam Kerja

1. Menguatkan Hubungan: Semakin aktif Anda, semakin kuat hubungan online Anda. Setiap tindakan sederhana seperti menyukai dan mengomentari foto teman atau mengirim ucapan ulang tahun membantu menjaga hubungan dengan banyak orang dengan mudah.

2. Membentuk Citra Diri: Melalui berbagai postingan, Anda dapat membentuk identitas online Anda dan mengelola kesan orang lain terhadap Anda dengan lebih terencana.

3. Mengawasi Orang Lain: Aktivitas online Anda juga memungkinkan Anda mengawasi orang lain. Pengawasan semacam ini memenuhi kebutuhan psikologis kita untuk memantau lingkungan dan dapat membuat Anda merasa "kekinian."

4. Meningkatkan Sumber Daya Sosial: Aktivitas di Facebook dapat meningkatkan modal sosial Anda dan kesejahteraan subjektif Anda, memungkinkan Anda terhubung dengan teman lama atau menjalin kembali hubungan.

5. Membesarkan Kelompok Anda: Aktivitas Anda membantu membentuk dukungan bagi gagasan, acara, gerakan, cerita, atau produk tertentu, sehingga meningkatkan rasa kepemilikan Anda.

6. Mengekspresikan Diri dan Divalidasi: Anda dapat mengekspresikan diri dan mendapatkan validasi melalui postingan Anda, memenuhi kebutuhan psikologis Anda untuk diberi pengakuan.

Dengan semua manfaat ini, pengguna sulit meninggalkan Facebook meskipun ada kekhawatiran tentang privasi dan penggunaan data pribadi.

Baca Juga: Komentar Menohok Tom Liwafa untuk Pedagang Tanah Abang Protes Ingin Online Shop Ditutup: Dikasih Hati Minta Jantung!

Algoritma yang tak pernah membiarkan Anda pergi

Meskipun sebagian besar orang mungkin merasa tidak nyaman tentang algoritma yang menambang informasi pribadi mereka, tetapi pengguna paham bahwa berbagi data pribadi diperlukan untuk membantu meningkatkan pengalaman mereka.

Algoritma yang mengumpulkan informasi Anda juga adalah algoritma yang mendorong Anda untuk bersosialisasi, berdasarkan minat, perilaku, dan jaringan teman Anda.

Tanpa dorongan dari Facebook, Anda mungkin tidak akan terlalu aktif secara sosial.

Facebook adalah pelumas sosial utama zaman kita, sering merekomendasikan teman untuk ditambahkan ke lingkaran Anda dan memberi tahu Anda ketika seorang teman telah mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin menarik.

Algoritma yang mendorong interaksi adalah salah satu aspek yang membuatnya sulit untuk melepaskan platform ini.

Baca Juga: Link Tes Kepribadian Bawaan atau Innate Personality yang Sedang Viral di Media Sosial

Ketika kita akan menghapus akun, maka Facebook akan memberi peringatan tentang betapa besar kerugiannya untuk kita. Seperti jika profil dinonaktifkan semua kenangan menguap, kehilangan kontak dengan lebih dari 500 teman.

Di bagian atas halaman tersebut, terdapat foto profil lima teman, "yang akan merindukan Anda."

Notifikasi ini seperti bertanya apakah Anda ingin dengan sengaja dan permanen memutuskan hubungan dengan semua teman Anda. Sekarang, siapa yang ingin melakukan itu?***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI