Kepribadian Orang yang Tidak Suka Difoto, Sering Dikira Sombong Padahal Begini Sebenarnya

Ilustrasi orang yang tak mau difoto (Sumber : Unsplash/Kristina Flour)

INFOSEMARANG.COM - Kepribadian orang yang tidak suka difoto tak jarang membuat sosok tersebut dianggap sombong atau misterius.

Seperti kita ketahui, di era digital seperti saat ini, foto merupakan salah satu hal yang sangat penting.Belum lagi, kekinian banyak sekali spot Instagramable sebab minat orang untuk berfoto kekinian begitu tinggi.

Foto dapat digunakan untuk mengabadikan momen, menyimpan kenangan, atau bahkan untuk keperluan sosial media.

Namun tetap saja,  ada juga sebagian orang yang tidak suka difoto.

Baca Juga: Ingin Jadikan X Aplikasi 'Segalanya', Elon Musk Menjajal Fitur Baru Termasuk Live Shopping

Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak suka difoto. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kurang percaya diri

Salah satu alasan paling umum mengapa seseorang tidak suka difoto adalah karena mereka kurang percaya diri dengan penampilan mereka. Mereka merasa bahwa mereka tidak terlihat baik di foto, sehingga mereka menghindari untuk difoto.

2. Fobia kamera

Fobia kamera, atau gerontokophobia, adalah gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang merasa takut atau cemas saat difoto. Fobia ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengalaman traumatis di masa lalu, atau trauma psikologis lainnya.

Baca Juga: Isi Surat Autopsi Mirna Salihin Bocor, Publik Temukan Hal Janggal di Tahun Kelahiran: Keburu Apa Sampai Typo?

3. Tidak suka menjadi pusat perhatian

Ada juga orang yang tidak suka difoto karena mereka tidak suka menjadi pusat perhatian. Mereka merasa tidak nyaman saat menjadi fokus dari orang lain, sehingga mereka menghindari untuk difoto.

4. Tidak suka berpose

Beberapa orang tidak suka difoto karena mereka tidak suka berpose. Mereka merasa bahwa berpose di depan kamera adalah hal yang dibuat-buat dan tidak alami.

Baca Juga: 6 Fakta Mahasiswi Unnes Tewas di Mall Paragon: Diduga Bunuh Diri, Tulis Surat Wasiat untuk Ibunya

5. Alasan pribadi

Selain alasan-alasan di atas, ada juga orang yang tidak suka difoto karena alasan pribadi. Misalnya, mereka tidak ingin foto mereka tersebar di internet, atau mereka tidak ingin foto mereka digunakan untuk kepentingan tertentu.

Baca Juga: Waduh, 4 Pembalap Ini Absen di MotoGP Mandalika 2023 Karena Cedera

Jangan kemudian meledek atau menjauhinya, berikut ini adalah beberapa tips untuk menyikapi orang yang tidak suka difoto:

1. Hargai pilihan mereka

Jika seseorang tidak suka difoto, jangan memaksa mereka untuk difoto. Hargai pilihan mereka dan jangan memaksakan kehendak Anda.

2. Jangan tersinggung

Jika seseorang menolak untuk difoto bersama Anda, jangan tersinggung. Pahamilah bahwa mereka mungkin memiliki alasan mereka sendiri untuk tidak difoto.

Baca Juga: Perempuan Jatuh dari Lantai Atas Mall Paragon Semarang, Tewas dalam Kondisi Tengkurap

3. Tawarkan alternatif

Jika Anda ingin mengabadikan momen bersama seseorang yang tidak suka difoto, Anda bisa menawarkan alternatif lain, seperti merekam video atau membuat sketsa.

Pada akhirnya, penting untuk menghormati pilihan seseorang untuk tidak difoto. Jangan memaksakan kehendak Anda, karena hal itu hanya akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI