Anak Tantrum karena Keinginan Tak Dituruti, Ini Tips Orangtua Latih Anak agar Mau 'Menunda'

Ilustrasi anak tantrum, menangis karena keinginan tak dituruti orangtua. (Sumber : Mothercare)

Mulai latih si kecil agar mengurangi sifat marahnya ketika keinginannya tak dituruti oleh orangtua atau orang terdekatnya, agar tak menjadi kebiasaan buruk hingga dewasa.

INFOSEMARANG.COM - Anak sering ngamuk atau tantrum gara-gara keinginan tak dipenuhi oleh orangtua? Sebaiknya jangan langsung dituruti, mulai latih anak untuk menunda keinginannya.

Psikolog, Trianindari, menjelaskan jika latihan menunda kesenangan para anak bisa dilakukan sejak dini. Tujuannya agar anak bisa menunggu untuk mendapatkan hal yang ia inginkan.

Hal ini diharapkan juga mengurangi tingkat kemarahan anak yang kerap ngamuk hanya karena keinginannya tak kunjung dipenuhi oleh orangtua.

Baca Juga: Stop Bikin Anak Nangis Hanya karena Gemas Ingin Menjahili! Begini Dampak Negatifnya

Kuncinya bagi para orangtua adalah jangan mudah tegang dan marah setiap meminta anak untuk menunda atau menunggu keinginannya.

Karena secara tidak langsung, jika menggunakan emosi maka anak akan berpikir jika menunggu hal yang ia inginkan adalah hal yang sulit sehingga anak akan semakin tidak sabar mendapatkannya.

Para orangtua, gunakan emosi senetral mungkin agar anak mengerti jika menunda mendapat sesuatu yang diinginkan bukan hal yang buruk.

Semoga selalu sabar menjadi orangtua.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI