Memahami Gangguan Kepribadian Ambang: 6 Tanda Khas dan Risiko Bunuh Diri yang Tinggi

Galuh Prakasa
Minggu 15 Oktober 2023, 12:16 WIB
Ilustrasi | Enam tanda khas gangguan kepribadian ambang (Sumber : Pexels/Sofia Alejandra)

Ilustrasi | Enam tanda khas gangguan kepribadian ambang (Sumber : Pexels/Sofia Alejandra)

INFOSEMARANG.COM -- Gangguan Kepribadian Ambang, atau Borderline Personality Disorder (BPD), adalah kondisi psikiatrik yang memengaruhi sekitar 6 persen orang dewasa pada suatu titik dalam hidup mereka.

Pada intinya, gangguan ini berhubungan dengan disregulasi emosi, kata David Ryan Hooper, PhD, seorang psikolog klinis dalam praktek pribadi dan seorang asisten profesor klinis psikologi di University of Illinois di Chicago.

"Semua gejala yang muncul dari BPD sebenarnya merupakan upaya seseorang untuk mengatur diri mereka sendiri," kata Dr. Hooper.

Beberapa tanda dan gejala tumpang tindih dengan gangguan kesehatan mental lain, seperti gangguan bipolar, depresi, dan kecemasan, menurut National Institute of Mental Health (NIMH).

Bahkan, 85 persen orang dengan BPD memiliki setidaknya satu diagnosis gangguan kesehatan mental lainnya. Tumpang tindih ini dapat membuat BPD sulit dikenali dan didiagnosis.

BPD dan gangguan suasana hati lainnya cenderung muncul dalam saat-saat perubahan, kata Marra Ackerman, MD, seorang profesor klinis psikiatri di NYU Langone Health di New York City.

"Ini dapat menjadi pemicu karena mungkin ada banyak kegoncangan dan kekacauan," katanya.

Untuk memahami BPD dengan lebih mendalam, mari jelajahi enam tanda utama gangguan ini dan mengapa risiko bunuh diri terkait erat dengannya.

Baca Juga: Jangan Diskip! Ini 4 Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bantu Tingkatkan Kemampuan Otak

1. Perubahan Mood yang Intens

Orang dengan BPD sering mengalami perubahan mood yang sangat intens. Ini bisa berkisar dari tingkat kebahagiaan yang sangat tinggi hingga kemarahan yang mendalam dan bahkan kesedihan yang luar biasa.

Salah satu hal yang membedakan BPD dari gangguan suasana hati lainnya adalah amplitudo emosi yang sangat besar yang mereka alami.

Mood mereka tidak hanya intens, tetapi juga dapat berubah dengan cepat, bahkan dalam hitungan jam.

Ini merupakan perbedaan kunci antara BPD dan gangguan bipolar. Orang dengan BPD dapat tetap dalam satu mood selama beberapa minggu atau bahkan bulan, sedangkan individu dengan gangguan bipolar mengalami perubahan mood yang jauh lebih jarang.

2. Kesulitan Dengan Harga Diri Rendah dan Takut Ditolak

BPD sering terkait dengan harga diri yang rendah dan citra diri yang tidak stabil. Orang dengan BPD mungkin mencari validasi dari orang lain dan berusaha keras untuk mempertahankan hubungan yang mereka miliki.

Mereka mungkin merasa sangat takut ditinggalkan, baik dalam bentuk nyata maupun khayalan.

"Seringkali orang yang berjuang dengan BPD memiliki rasa takut akan ditinggalkan," kata Hooper.

"Dan itu bisa menjadi kenyataan, seperti seseorang mencoba meninggalkan mereka, atau itu bisa menjadi rasa takut berbasis, seperti yang dibayangkan."

Akibatnya, orang dengan BPD mungkin kesulitan mempercayai orang lain, bahkan mungkin berhenti berkomunikasi dengan mereka jika mereka merasa akan ditolak.

Ini menciptakan dinamika hubungan yang rumit dan melelahkan.

Baca Juga: Bikin Elus Dada! Kejamnya Penganiayaan Bocah 7 Tahun di Kota Malang Disiksa 5 Orang Keluarga Sendiri

3. Pengalaman Trauma Sebagai Anak

Dalam beberapa kasus, rasa takut akan ditolak atau ditinggalkan ini dapat dihubungkan dengan trauma masa kecil.

Orang dengan BPD seringkali memiliki pengalaman traumatis seperti pengabaian, pelecehan seksual, pelecehan fisik, atau pelecehan emosional.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan yang tidak memvalidasi perasaan atau kehadiran sesorang dapat berperan dalam perkembangan BPD.

Hal ini menciptakan perasaan bahwa pemikiran dan perasaan mereka tidak penting atau tidak berarti.

"Sangat umum bagi pasien dengan BPD memiliki sejarah trauma semacam itu - trauma masa kecil, pelecehan seksual, pelecehan fisik, atau pelecehan emosional pada suatu saat dalam hidup mereka," kata Ackerman.

Marsha Linehan, PhD, adalah salah satu peneliti terkemuka BPD, memiliki BPD sendiri, dan menduga bahwa BPD pada dasarnya disebabkan oleh lingkungan yang tidak validasi, menurut sebuah studi tahun 2009 yang dipimpinnya.

Lingkungan yang "tidak validasi," kata Hooper, pada dasarnya berarti "dikatakan bahwa pemikiran dan perasaan Anda tidak benar atau tidak penting atau tidak berarti."

Orangtua seringkali berperan dalam menciptakan lingkungan ini, yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan BPD.

4. Kesulitan Memelihara Hubungan yang Stabil

Tanda-tanda yang telah disebutkan di atas seringkali menciptakan masalah dalam hubungan interpersonal.

Orang dengan BPD mungkin merasa sangat takut ditinggalkan, dan ini dapat mengarah pada kebutuhan akan kehadiran konstan orang yang ada dalam hidup mereka.

Ketidakstabilan emosi juga dapat memicu paranoia, dengan keyakinan bahwa orang lain tidak memiliki kepentingan terbaik mereka dalam pikiran.

Selain itu, individu dengan BPD sering melibatkan diri dalam pola idealisasi dan devaluasi dalam hubungan mereka, yang dapat membuat hubungan menjadi sangat intens dan sulit dipahami oleh orang lain.

Banyak orang dengan BPD juga mengambil pendekatan cinta-benci terhadap hubungan mereka.

"Kata-kata elegan yang akan kita gunakan untuk itu adalah idealisasi dan devaluasi," kata Hooper.

Hubungan bisa menjadi sangat intim, dengan cepat. Orang dengan BPD mungkin bertemu seseorang dan segera meletakkan orang itu di atas pedestal, memikirkan mereka sebagai orang terbaik yang pernah ada. Itu adalah bagian idealisasi.

Devaluasi datang ketika orang dengan BPD mulai berpikir bahwa orang lain mungkin akan meninggalkan atau menolak mereka dengan cara tertentu.

Pada saat itu, teman baru itu berubah dari menjadi orang terbaik yang pernah ada menjadi yang terburuk, kata Hooper.

Baca Juga: TEGA! Bocah 7 Tahun di Malang Jadi Korban Kekerasan Satu Keluarga, Begini Kronologinya

5. Anda Pernah Mempunyai Pikiran untuk Bunuh Diri

Untuk mengatasi ketidakstabilan emosional dan masalah hubungan, beberapa orang dengan BPD mempertimbangkan bunuh diri.

Bahkan, orang dengan BPD memiliki risiko bunuh diri yang jauh lebih tinggi daripada populasi secara keseluruhan, kata Ackerman. Enam puluh hingga 70 persen pasien BPD melakukan percobaan bunuh diri, menurut sebuah studi tahun 2006.

Meskipun percobaan yang gagal jauh lebih umum daripada yang berhasil, sekitar 10 persen dari orang yang menderita BPD meninggal akibat bunuh diri, yang mirip dengan apa yang Anda temukan di kalangan orang dengan skizofrenia, menurut sebuah organisasi bernama Treatment and Research Advocacy for Borderline Personality Disorder.

Biasanya, percobaan bunuh diri adalah hasil impulsif dari menghadapi emosi sulit. Mereka juga bisa menjadi cara orang dengan BPD untuk menunjukkan kepada keluarga dan teman-teman bahwa mereka dalam kondisi tertekan.

Beberapa orang dengan BPD beralih ke perilaku menyakiti diri lainnya. Tetapi ini bukan sesuatu yang dialami semua pasien BPD.

"Ini adalah subset pasien yang mungkin memiliki gejala tersebut," kata Ackerman.

6. Perilaku Sembrono

Sebagian orang dengan BPD mungkin terlibat dalam perilaku sembrono, seperti perbelanjaan berlebihan, hubungan seks yang tidak aman, penyalahgunaan zat, atau tindakan berisiko lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa perbedaan mendasar antara BPD dan gangguan suasana hati lainnya adalah frekuensi dan konsistensi perilaku sembrono ini.

Orang dengan BPD mungkin cenderung melibatkan diri dalam perilaku sembrono yang persisten, yang mungkin datang dan pergi tetapi tidak memiliki perbedaan yang jelas dari kondisi dasar mereka.

Baca Juga: Kenang Pertempuran Lima Hari Semarang, Mahasiswa Hingga Pelajar Suguhkan Aksi Teatrikal

Bagaimana Gangguan Kepribadian Ambang Diagnosa

Biasanya, tantangan interpersonal adalah tanda-tanda awal bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi, tetapi banyak orang tidak akan memutuskan untuk mencari bantuan hingga mereka mulai memiliki pemikiran bunuh diri atau membuat rencana untuk menyakiti diri mereka sendiri, kata Ackerman.

Untuk mendiagnosis BPD, seorang psikolog, psikiater, atau pekerja sosial klinis dengan pengalaman dalam gangguan mental kemungkinan akan:

1. Melakukan wawancara dengan pasien. "Standar emas untuk penilaian adalah wawancara terstruktur di mana seorang klinisi terlatih akan mengajukan pertanyaan yang sangat tajam tentang penyakit tersebut," kata Hooper.

2. Memeriksa pasien secara menyeluruh untuk menyingkirkan penyakit dan kondisi lain.

3. Menentukan apakah gejala seseorang memenuhi syarat sebagai BPD. Mereka perlu memenuhi lima dari gejala diagnostik untuk diakui secara resmi.

4. Meninjau riwayat medis keluarga pasien. Memiliki anggota keluarga dekat dengan gangguan tersebut meningkatkan risiko mengembangkannya.

Hooper mengatakan ada beberapa alat penilaian yang baik di luar sana tetapi berpesan untuk berhati-hati terhadap autodiagnosis.

Sebaliknya, dia menyarankan mencari profesional berlisensi yang memiliki pengalaman dengan depresi dan BPD.

Baca Juga: Ada Orang Terkena Panick Attack? Begini Kiat Menolong dengan Bijak, dan Kenali Gejalanya Lebih Dulu

Mengenali tanda-tanda ini adalah langkah pertama untuk memahami BPD. Namun, diagnosis yang akurat memerlukan pertemuan dengan seorang profesional kesehatan mental yang berpengalaman.

Perawatan dan dukungan yang tepat sangat penting untuk membantu individu yang mengalami BPD dalam mengelola kondisi mereka.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)