Jangan Tergesa-gesa, Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Balikan dengan Mantan Pacar

Ilustrasi mantan pacar meminta balikan (Sumber : Freepik)

INFOSEMARANG.COM - Dalam suatu hubungan, wajar rasanya jika ada momen putus cinta yang menyakitkan hingga kita resmi bertstatus memiliki seorang mantan pacar.

Kendati demikian saat masih sendiri tak jarang mantan pacar datang kembali ke kehidupan kita dan meminta kesempatan kedua.

Jangan terburu-buru balikan, jika kamu sedang berada dalam situasi ini, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan untuk balikan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-17 Dibantai 0-3 oleh Mainz U-19 di Laga Uji Coba Kelima di Jerman

Simak informasi selengkapnya berikut ini dikutip dari laman Woman's Health.

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum balikan dengan mantan pacar

1. Pahami alasan putus

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami alasan putusnya hubunganmu dengan mantan. Apakah karena masalah yang bisa diselesaikan, atau karena masalah yang sudah tidak bisa diperbaiki?

Jika alasan putusnya hubungan asmara adalah masalah yang bisa diselesaikan, maka balikan mungkin bisa menjadi solusi. Namun, jika alasan putusnya hubungan adalah masalah yang sudah tidak bisa diperbaiki, maka balikan hanya akan sia-sia dan akan berakhir dengan putus lagi.

Baca Juga: Karakter Orang yang Suka Memakai Jam di Tangan Kiri, Benarkah Sosok yang Perfeksionis?

2. Tanyakan pada dirimu sendiri apakah masih mencintainya

Selain memahami alasan putus, kamu juga perlu bertanya pada dirimu sendiri apakah masih mencintai mantanmu. Jika kamu masih mencintainya, maka balikan bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki hubungan. Namun, jika kamu sudah tidak mencintainya lagi, maka balikan hanya akan membuatmu terjebak dalam hubungan yang tidak bahagia.

3. Perhatikan perubahannya

Jika mantanmu meminta balikan, pastikan dia sudah berubah dari kesalahannya di masa lalu. Jika dia masih melakukan kesalahan yang sama, maka balikan hanya akan membuatmu kecewa lagi.

4. Bersikaplah realistis

Jangan berharap bahwa hubunganmu dengan mantan akan sempurna jika kalian balikan. Hubungan yang baru akan selalu ada tantangannya. Oleh karena itu, bersikaplah realistis dan siap untuk menghadapi tantangan tersebut.

Baca Juga: Top 10 Smartphone Terlaris di Dunia pada Kuartal Kedua 2023, iPhone 14 Memimpin

5. Bicaralah dengan mantan

Jika kamu memutuskan untuk balikan, penting untuk berbicara dengan mantanmu tentang apa yang telah berubah dan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki hubungan. Bicaralah secara terbuka dan jujur untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Jika kamu masih merasa ragu untuk balikan, cobalah untuk meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri lebih baik lagi.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Waspada, Ini Pengaruh Cyberbullying Terhadap Tumbuh Kembang Anak Khususnya Remaja

Jangan takut untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga jika kamu merasa kesulitan untuk membuat keputusan.

Putus cinta memang menyakitkan, namun itu bukan akhir dari segalanya. Jika kamu memutuskan untuk balikan dengan mantan, pastikan kamu melakukannya dengan pertimbangan yang matang.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI