Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ternyata Begini Penjelasannya

Bahaya makan mie instan pada wanita (Sumber : Freepik/rawpixel.com)

INFOSEMARANG.COM - Bolehkah ibu hamil makan mie instan, mungkin jadi salah satu pertanyaan yang muncul ketika seorang wanita tengah mengandung.

Seperti kita ketahui mie instan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang dari berbagai kalangan dan usia.

Selain rasanya yang gurih, proses pembuatannya pun terbilang cepat dan mudah. Namun, muncul anggapan bahwa kandungan nutrisi dalam mie instan kurang baik untuk ibu hamil dan janin.

Baca Juga: Terekam CCTV Aksi 2 Maling Ikan di TPI Mangkang Kulon, Bawa Kabur 1 Ikan Besar

Apakah ibu hamil boleh makan mie instan?

Dikutip dari laman Alodokter, pada dasarnya, ibu hamil boleh-boleh saja makan mie instan. Akan tetapi, perlu dibatasi porsinya dan jangan terlalu sering. Penting untuk diingat, asupan terbaik untuk ibu hamil adalah makanan sehat, seperti sayuran, buah, ikan, daging, dan susu kehamilan.

Apa saja efek negatif mie instan bagi ibu hamil?

Mie instan memiliki beberapa efek negatif bagi ibu hamil, antara lain:

  • Kandungan natrium yang tinggi

Mie instan mengandung natrium yang tinggi, yaitu sekitar 1.700 mg per porsi. Konsumsi natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi pada ibu hamil.

Baca Juga: Mengatasi Kesepian: Langkah-Langkah Praktis untuk Kembali Merasa Terhubung dengan Kehidupan Sosial

  • Kandungan lemak jenuh dan trans yang tinggi

Mie instan juga mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi. Konsumsi lemak jenuh dan trans yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada ibu hamil.

  • Kandungan kalori yang tinggi

Mie instan mengandung kalori yang tinggi, yaitu sekitar 400 kalori per porsi. Konsumsi mie instan yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat pada ibu hamil.

  • Kandungan gizi yang rendah

Mie instan memiliki kandungan gizi yang rendah, seperti protein, vitamin, dan mineral. Konsumsi mie instan yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi pada ibu hamil.

Baca Juga: Es Teh Jumbo Cocok di Cuaca Panas, Ingat 2 Hal Ini sebelum Membeli

Tips makan mie instan bagi ibu hamil

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi mie instan, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengurangi efek negatifnya, yaitu:

  • Batasi porsinya

Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi mie instan sebanyak 1-2 porsi per minggu.

  • Tambahkan sayuran dan protein

Untuk menambah kandungan gizi, ibu hamil bisa menambahkan sayuran dan protein ke dalam mie instan. Beberapa sayuran yang bisa ditambahkan antara lain wortel, brokoli, dan kacang polong. Beberapa protein yang bisa ditambahkan antara lain telur, daging, atau ayam.

Baca Juga: Pasangan Anies-Cak Imin Jadi yang Pertama Daftar Capres Cawapres di KPU

  • Hindari menambahkan bumbu instan

Bumbu instan pada mie instan biasanya mengandung natrium dan lemak yang tinggi. Sebaiknya, ibu hamil menambahkan bumbu sendiri sesuai selera.

Ibu hamil boleh makan mie instan, tetapi perlu dibatasi porsinya dan jangan terlalu sering. Selain itu, ibu hamil juga perlu menambahkan sayuran dan protein untuk menambah kandungan gizi.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI