10 Strategi Perawatan Diri Terbaik Saat Melawan Depresi

Ilustrasi | 10 tips perawatan diri yang efektif untuk mengatasi gejala depresi.(Sumber : Freepik/jcomp)

INFOSEMARANG.COM -- Depresi adalah perjuangan yang serius, dan merawat diri dengan baik adalah langkah krusial dalam menjaga kesejahteraan Anda.

Terlalu sering, orang yang hidup dengan depresi dapat melupakan pentingnya merawat diri mereka sendiri, mengabaikan kebutuhan dasar yang sebenarnya sangat penting untuk membantu mengelola gejala dan meraih pemulihan.

Dilansir dari Psychcentral, berikut adalah 10 tips perawatan diri yang dapat membantu Anda menghadapi depresi dengan lebih baik:

Baca Juga: Ternyata Begini 5 Cara Hidup Minimalis ala Raditya Dika yang Sudah Punya Penghasilan Fantastis

1. Rekayasa Pikiran Positif

Ketika Anda mengalami depresi, pikiran negatif dapat mengambil alih dan menghancurkan mood Anda. Daripada mengabaikan pikiran-pikiran ini, cobalah untuk mengubah mereka dengan imajinasi terpandu.

Ini adalah teknik di mana Anda menciptakan "tempat bahagia" dalam pikiran Anda. Anda bisa membayangkan pemandangan dan gambar yang menenangkan, seperti pantai yang indah atau hutan yang rimbun.

Tutup mata Anda, bernapaslah perlahan, dan alihkan pikiran Anda ke tempat tersebut. Tambahkan detail sensorik, seperti suara ombak atau aroma yang Anda rasakan. Teknik ini dapat membantu meredakan kecemasan dan memperbaiki mood Anda.

2. Jurnal Positif

Mungkin ide menulis dalam jurnal terdengar tidak membantu bagi mereka yang mengalami depresi. Namun, jurnalisme untuk perawatan diri depresi adalah tentang fokus pada keberhasilan Anda, baik yang besar maupun kecil.

Ini adalah cara untuk melihat kembali apa yang telah Anda capai selama minggu ini.

Menulis tentang momen positif dalam hidup Anda dapat membangkitkan semangat dan memberi Anda pengingat bahwa hidup Anda memiliki makna.

3. Berbicara Positif pada Diri Sendiri

Pikiran kritis dan merugikan pada diri sendiri adalah teman tetap depresi. Mereka bisa terus menerus berputar-putar di pikiran Anda.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mencoba berbicara positif pada diri sendiri dan menciptakan dialog internal yang lebih optimis.

Pecah-pisahkan pikiran negatif, identifikasi mereka, dan tanyakan apakah Anda memiliki bukti yang mendukung pikiran-pikiran tersebut.

Cobalah mencampurkan kepositifan ke dalam dialog internal Anda dan fokus pada momen-momen lucu dan ringan dalam hidup Anda.

Baca Juga: Sering Cepat Capek? Awas Ini Tanda Kolesterol Tinggi yang Pantang Disepelekan

4. Kehadiran Sadar

Kehadiran sadar adalah teknik yang membantu Anda menjadi lebih sadar terhadap pikiran, emosi, dan sensasi Anda. Ini juga membantu Anda menghadapi mereka sebagai sekadar pikiran, bukan sebagai kenyataan.

Dengan berlatih kehadiran sadar, Anda dapat mengenali saat pikiran dan perasaan negatif muncul dan menghadapinya dengan lebih tenang.

Teknik ini melibatkan perhatian pada momen saat ini dan pengamatan lebih dalam terhadap pikiran Anda tanpa penilaian.

5. Temukan Hobi Baru

Depresi seringkali membuat kegiatan yang dulu Anda nikmati tidak lagi terasa menyenangkan. Namun, memberi diri kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru bisa menjadi kunci untuk membangkitkan minat dalam hidup Anda.

Cobalah aktivitas atau hobi baru yang selalu Anda ingin coba, seperti melukis, memanjat tebing, atau belajar bahasa baru. Luangkan waktu untuk hobi ini dalam rutinitas harian Anda.

6. Perbarui Rutinitas Relaksasi

Saat Anda merasa terjatuh dalam depresi, merasa sangat lelah, dan merasa paling mudah untuk meraih remote atau ponsel Anda.

Meskipun menonton acara lucu atau menggulir foto kucing mungkin membantu, cobalah juga pendekatan relaksasi yang lebih dalam.

Aromaterapi, mandi air hangat, yoga, meditasi, atau membaca buku favorit dapat memberikan manfaat yang lebih besar dalam meredakan gejala depresi.

Baca Juga: Ronald Tannur Tuntut Balik Keluarga Dini Sera Afrianti, Publik: Begini Nih, Kalau Dajjal Punya Duit

7. Perbarui Rutinitas Tidur Anda

Masalah tidur adalah umum saat Anda mengalami depresi. Tidur mungkin terasa sebagai satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan, tetapi perlu diingat bahwa tidur yang berlebihan juga tidak selalu baik.

Berusaha untuk memiliki rutinitas tidur yang seimbang sangat penting. Ini termasuk tidur pada waktu yang sama setiap hari, mendapatkan sinar matahari selama siang hari, dan menghindari kafein atau alkohol di malam hari.

Juga, hindari penggunaan ponsel dan komputer setidaknya satu jam sebelum tidur.

8. Bergeraklah

Aktivitas fisik telah terbukti bermanfaat dalam mengatasi depresi. Namun, kami mengerti bahwa menjadi aktif saat mengalami depresi bisa sangat sulit.

Pendekatan terbaik adalah mulai perlahan. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat; cukup berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik yang Anda nikmati.

Menggerakan tubuh dapat membantu meredakan gejala depresi dan meningkatkan mood Anda.

9. Minta Dukungan

Terkadang, merasa sendirian adalah sumber utama kegelisahan saat mengalami depresi. Minta dukungan dari orang yang Anda percayai, seperti keluarga atau teman-teman dekat.

Mereka mungkin membantu Anda menemukan cara untuk menjalani perawatan yang sesuai dan memberikan dukungan selama proses pemulihan.

Baca Juga: Aborsi Menurut Pandangan Islam, Apakah Dihalalkan?

10. Pertimbangkan Pola Makan

Makanan dapat memengaruhi suasana hati Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa jenis makanan dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Misalnya, tiram, sayuran hijau seperti bayam, selada, dan kale, serta makanan yang mengandung selenium seperti organ dalam, gandum utuh, dan kacang Brasil.

Juga, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D dari makanan seperti telur, jamur, dan ikan berlemak. Perubahan dalam pola makan Anda dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional Anda.

Mengingat depresi adalah masalah serius, sangat penting untuk mencari bantuan profesional jika gejala Anda tidak membaik atau semakin parah.

Proses perawatan diri ini harus menjadi bagian dari perjalanan Anda menuju pemulihan yang lebih baik.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI