Benarkah Anak TK yang Mahir Calistung Lebih Cerdas saat SD? Simak Penjelasannya

Ilustrasi anak belajar calistung. (Sumber : Freepik)

Salah, anak TK yang sudah jago membaca, menulis dan menghitung, belum tentu cerdas saat duduk di bangku sekolah dasar (SD).

INFOSEMARANG.COM - Terkait benar atau salahnya anak TK yang bisa baca, tulis dan hitung (calistung) akan cerdas saat SD, jawabannya salah.

Lebih cepat mempelajari atau lebih mahir saat usia dini bukan berarti lebih cerdas. Karena cerdas dan pintar dapat dilihat ketika anak dapat menggunakan informasi yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan baru, bukan sekadar membaca atau menulis.

Bisa membaca lebih banyak kosakata berarti anak memiliki kemampuan bahasa yang baik? Salah, karena semua bisa dilihat dari seberapa paham informasi yang ia lihat, dengar atau baca.

Baca Juga: Beda Main dan Belajar di Rumah vs Sekolah untuk Anak Usia Dini, Apa Dampaknya?

Lalu anak yang masih sulit membedakan bentuk dan arah akan lebih sulit belajar membaca dan menulis, benarkah? Ya, karena huruf dan angka terdiri dari berbagai bentuk dan arah yang berbeda. Sehingga anak perlu mengenali dan membedakan bentuk dan arah yang tepat.

Namun bukan berarti orangtua tidak perlu mengajarkan calistung sejak dini. Boleh saja dilakukan selama memberi pendampingan dengan baik. Jika anak melakukan kesalahan, langsung perbaiki.

Kesimpulannya, anak usia prasekolah jangan terlalu dipaksa untuk belajar calistung.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI