Istri Enggan Disentuh Suami? Bisa Jadi Sedang Alami Touched Out, Apa Itu? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi | Istri enggan disentuh suami, bisa jadi alami fenomena touched out (Sumber : Freepik/wayhomestudio)

INFOSEMARANG.COM -- sebagai seorang ibu baru, kehadiran buah hati dalam hidup Anda membawa banyak kebahagiaan, kasih sayang, dan juga tantangan baru.

Di antara momen-momen kebahagiaan tersebut, ada suatu fenomena yang seringkali dirasakan oleh ibu baru yang tidak bisa dihindari, yakni fenomena "touched out".

Apa itu touched out? Fenomena ini merujuk pada perasaan lelah, baik itu lelah secara fisik maupun emosional yang dirasakan oleh ibu baru setelah sehari penuh sentuhan dan kontak fisik dengan bayi mereka.

Baca Juga: Berkaca dari Kasus Sherine, Ini Ciri-ciri Calon Suami Kamu Bertipe Anak Mami, Banyak Untung atau Rugi?

Meskipun mencintai anak adalah hal yang alami, terkadang perasaan ini bisa membuat ibu merasa kelelahan dan butuh istirahat.

Salah satu momen paling menyentuh hati bagi seorang ibu baru adalah ketika bayi mereka ingin dipeluk, digendong, atau disusui.

Sementara sentuhan-sentuhan ini adalah cara bayi berkomunikasi dan merasa nyaman, bagi ibu, hal ini bisa menjadi beban yang berat, terutama jika ia merasa kelelahan setelah tugas-tugas sehari-hari yang padat.

Baca Juga: Baru! Kini Bisa Pakai Dua Nomor di Satu Aplikasi WhatsApp, Begini Caranya

Penyebab Touched Out pada Ibu Baru

1. Kontak Fisik yang Berlebihan

Bayi baru lahir seringkali membutuhkan kontak fisik yang intensif untuk merasa nyaman dan aman. Meskipun ini adalah bagian alami dari merawat bayi, tetapi kadang-kadang ibu merasa kelelahan karena kontak fisik yang berkepanjangan.

2. Kehilangan Ruang Pribadi

Sebagai ibu baru, Anda mungkin merasa kehilangan ruang pribadi Anda. Setiap waktu luang yang dimiliki ibu seringkali dihabiskan untuk merawat bayi, sehingga ia kehilangan waktu untuk dirinya sendiri.

Baca Juga: Peluang Timnas Indonesia di Piala Dunia U 17 2023, Bisa Lolos 16 Besar?

3. Kehilangan Identitas Pribadi

Merawat bayi memang merupakan tugas mulia, tetapi terkadang ibu baru merasa kehilangan identitas pribadi mereka karena fokusnya selalu tertuju pada kebutuhan bayi.

Cara Mengatasi Touched Out

1. Bicaralah Dengan Pasangan

Bagikan perasaan Anda dengan pasangan. Jangan ragu untuk meminta bantuan dan waktunya untuk diri Anda sendiri. Komunikasi yang baik dapat mengurangi beban perasaan touched out.

Baca Juga: Aksi Gemoy Prabowo Subianto Usai Rapimnas Gerindra Disorot, Warganet: Umur Segitu Emang Lagi Gemes-gemesnya...

2. Ambil Waktu untuk Diri Sendiri

Sisihkan waktu setiap hari, meskipun hanya beberapa menit, untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia. Bisa itu membaca buku, berjalan-jalan di taman, atau sekadar beristirahat.

3. Dapatkan Dukungan

Bergabunglah dengan kelompok ibu atau cari dukungan dari teman dan keluarga. Mendengar pengalaman orang lain dan mendapatkan dukungan emosional bisa sangat membantu.

Baca Juga: Mau Magang? Pastikan 5 Hal Ini Tercantum Dalam Perjanjian Pemagangan Sebelum Mulai Kerja

4. Berbagi Tugas dengan Orang Lain

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari anggota keluarga atau teman-teman terdekat. Memiliki bantuan dalam merawat bayi bisa mengurangi tekanan yang dirasakan oleh ibu baru.

5. Prioritaskan Kesehatan

Pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik. Kesehatan fisik dan mental yang baik dapat membantu Anda menghadapi tantangan sehari-hari dengan lebih baik.

Baca Juga: Meski Tak Berbayar, Ini Hal yang Harus Diwaspadai saat Pakai Wifi Gratis di Tempat Umum

Pada dasarnya, fenomena touched out ini merupakan hal yang umum terjadi bagi kebanyakan ibu baru.

Sehingga penting bagi lingkungan sekitarnya, termasuk suami untuk memberikan dukungan yangtepat atas kondisi tersebut. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI