Jangan Langsung Dibuang, Begini Tips Pakai Sepatu yang Ukurannya Terlalu Besar

Ilustrasi sepatu kebesaran (Sumber : Unsplash/Nathan Dumlao)

INFOSEMARANG.COM - Kekinian membeli sepatu dapat dilakukan dengan mudah melalui online shop atau e-commerce.

Kendati demikian, meski sudah diukur, tak jarang sepatu yang datang ukurannya terlalu besar sehingga kurang nyaman ketika dikenakan.

Tentu saja, tak hanya menyebabkan ketidaknyamanan, sejumlah masalah biasanya dialami seseorang yang nekat memakai sepatu kebesaran.

Baca Juga: Ditanya Mengapa Sudah Tak Galak Lagi, Jawaban Mak Jleb Prabowo Subianto Ini Bikin Publik Ketawa

Misalnya saja seperti lecet dan mudah lepas. Nah, jangan terburu-buru untuk dijual atau dibuang ya! Simak tips pakai sepatu kebesaran berikut ini.

1. Gunakan kaus kaki tebal

Ini adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk membuat sepatu kebesaran menjadi lebih pas di kaki. Kaus kaki tebal akan membantu mengisi ruang kosong di sepatu sehingga kaki tidak mudah bergeser. Anda bisa memilih kaus kaki berbahan wol atau fleece yang hangat dan menyerap keringat.

2. Gunakan insole

Insole adalah sol tambahan yang dipasang di dalam sepatu. Insole bisa membantu membuat sepatu lebih pas di kaki dan mengurangi gesekan. Anda bisa memilih insole yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.

Baca Juga: Bocoran Tampilan dan Daftar HP Xiaomi yang Mendukung HyperOS Pengganti MIUI, Ponsel Anda Termasuk?

3. Gunakan toe fillers

Toe fillers adalah bantalan yang dipasang di bagian depan sepatu. Toe fillers akan membantu mencegah kaki bergeser ke depan dan mengurangi lecet pada jari kaki.

4. Gunakan heel strip

Heel strip adalah bantalan yang dipasang di bagian belakang sepatu. Heel strip akan membantu mencegah kaki bergeser ke belakang dan mengurangi risiko tersandung.

Baca Juga: Resep Tengkleng Rica, Kuliner Favorit Gibran Rakabuming yang Jadi Andalan saat Pulang ke Solo

5. Buat sepatu menyusut

Jika sepatu Anda terbuat dari bahan yang bisa menyusut, Anda bisa mencoba merendam sepatu di air panas selama beberapa menit. Setelah itu, jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan untuk sepatu tertentu, seperti sepatu berbahan kulit atau suede.

6. Pasang karet elastis

Jika sepatu Anda terbuat dari bahan yang tidak bisa menyusut, Anda bisa mencoba memasang karet elastis di bagian belakang sepatu. Karet elastis akan membantu mencegah kaki bergeser ke belakang.

Baca Juga: Jalan Gibran Tampak Mulus Jadi Cawapres, Kota Solo Diguyur Proyek APBN di Bawah Pemerintahannya

  • Jika Anda akan memakai sepatu kebesaran untuk berolahraga, sebaiknya pilih sepatu yang memiliki cengkeraman yang baik agar tidak mudah tergelincir.
  • Jika sepatu Anda terbuat dari bahan yang mudah rusak, sebaiknya hindari menggunakan cara-cara yang terlalu keras untuk membuat sepatu menyusut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa membuat sepatu kebesaran menjadi lebih nyaman dan aman untuk dipakai.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI